Sukses

Berusia 24 Tahun, Pemuda Ini Berhasil Raih Gelar Doktor Termuda di ITS

Kisah Rendra sontak saja menjadi perhatian publik dan menuai beragam reaksi dari warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Nampaknya ada yang istimewa pada gelaran wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada Minggu (17/3/2019). Bagaimana tidak, ada seorang wisudawan yang menyandang gelar doktor termuda di usia yang masih 24 tahun. Dia adalah Rendra Panca Anugraha, mahasiswa dari Departemen Teknik Kimia ITS.

Kisah Rendra berhasil meraih gelar doktor termuda berawal dari usulan dosen pembimbingnya di masa studi sarjana (S1). Dosen pembimbing Rendra mengusulkannya untuk mengikuti sebuah program beasiswa bernama Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Program yang diadakan Kemenristekdikti di tahun 2015 ini menantang para sarjana unggulan untuk menyambung studi mereka ke tingkat doktoral dalam waktu 4 tahun. Siapa sangka, Rendra jsutru mampu merampungkannya dalam waktu 3,5 tahun saja. Dia juga berhasil lulus dengan IPK 3,95.

Tentu saja ada berbagai tantangan dialami Rendra dalam menjalani masa penelitiannya. Salah satu yang menjadi tantangan Rendra yaitu sulitnya menemukan bahan baku yang menjadi penelitiannya.

“Sangat sulit untuk menemukan bahan baku penelitian saya di Indonesia,” ujar Rendra seperti dikutip dari website resmi wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Takjub Warganet

Kisah Rendra sontak saja menjadi perhatian publik dan menuai beragam reaksi dari warganet. Banyak dari mereka yang mengaku takjub dengan pencapaian Rendra ini.

"Semoga nanti di umur 28 langsung bergelar Profesor," kata akun @weslysitanggang19.

"Ya semoga bisa berguna bagi bangsa dan negara," harap akun @bramputra13.

"Ngeriihh, otak nya isinya apa ya itu," tambah @rachmadhabibi.

"Ibunda Rendra waktu mengandung Rendra makan nya apa yaa...ko Rendra pinter bgt," tulis akun @endang3astuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.