Sukses

Cara Membuat Bunga dari Kertas Krep Ini Mudah, Bisa Dipraktikkan di Rumah

Cara membuat bunga dari kertas krep yang cantik. Bisa jadi ide usaha lho.

Liputan6.com, Jakarta Membuat kerajinan tangan memang sangat seru. Apalagi membuat kerajinan tangan dengan kertas. Banyak karya yang bisa dihasilkan dengan menggunakan bahan kertas ini. Salah satu kertas yang biasa digunakan untuk kerajinan tangan adalah kertas krep. 

Ya, kertas krep sejak dulu hingga sekarang masih sangat diminati dan sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan, salah satunya adalah bunga. Kertas krep masih sangat populer dan banyak dicari khususnya oleh anak sekolah. Mereka mencarinya untuk membuat kerajinan tangan, seperti bunga.

Kertas krep mempunyai aneka ragam warna yang cantik. Tak hanya untuk membuat kerajinan tangan, kertas krep bisa Anda gunakan juga untuk mendekorasi ruangan ketika ada acara. Mengapa kertas krep masih sangat eksis digunakan?

Ya, soalnya kelebihan kertas krep ini adalah tidak kaku. Kertas krep ini mudah dibentuk sesuai dengan keinginan yang Anda mau. Selain itu, kertas krep juga mudah ditemukan di toko alat tulis atau toko bahan kerajinan. Tak hanya mudah ditemukan, kertas ini juga sangat murah.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (21/3/2019) telah merangkum beberapa cara membuat bunga dari kertas krep yang sangat mudah untuk diterapkan. Telah dirangkum dari berbagai  sumber. Ini cara membuat bunga dari kertas krep yang mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Bunga dari Kertas Krep

Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu untuk membuatnya, seperti:

- Kertas krep 2 warna

- Lem kertas

- Gunting

Berikut cara membuat bunga dari kertas krep yang mudah:

1. Potong kertas krap dengan ukuran yang sama. Sedangkan untuk ukuran besar kecilnya Anda bisa menentukan sendiri, sesuai dengan keinginan. Bagi pemula, Anda bisa memotong selebar jari agar lebih  mudah.

2.  Selanjutnya, bentuk kertas yang telah Anda potong tadi sampai menyerupai kelopak bunga.

3.  Potong kertas biasa berbentuk bulat. Kemudian susun kertas krap tadi hingga berbentuk bunga yang cantik.

4.  Terakhir, potong kertas krap yang beda warna untuk membuat putiknya. Caranya cukup dengan memotong persegi panjang dan gunting di dalah satu sisinya. Kalau sudah selesai, silakan gulung dan tempelkan di tengah-tengah kelopak yang sudah jadi tadi dengan lem.

5.  Sudah jadi. Anda tinggal membuat tangkai dan daunnya sesuai selera.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kertas Krap

Alat dan bahan yang Anda butuhkan seperti:

- Kertas krap

-  Gunting

-  Lem kertas

-  Benang

-  Penggaris

- Pensil

- Kertas Koran

- Kawat kecil

- Solasi berwarna

- Pot

Cara membuat bunga dari kertas krap ini sangat mudah:

1.    Siapkan kertas krep ukuran 6 x 10 inci.

2.    Potong kertas tersebut menjadi 5 bagian dengan ukuran masing-masing 2 x 6 inci.

3.    Ambil salah satu kertas, kemudian lipat bagian tengahnya dan pelintir hingga membentuk seperti kelopak bunga tulip.

4.    Lakukan langkah tersebut untuk keempat kelopak lainnya, sehingga nantinya satu bunga tulip terdiri dari 5 kelopak.

5.    Selanjutnya, buat tangkai bunga dari kertas koran yang digulung dengan ukuran sesuai keinginan. Anda bisa menambahkan lem agar gulungannya tak mudah lepas.

6.    Agar makin kuat, Anda juga bisa menggunakan kawat untuk membuat tangkainya.

7.    Ikatlah antara bunga yang satu dengan yang lainnya menggunakan benang, agar kuat dan tak mudah lepas.

8.    Kalau ingin terlihat rapih dan makin cantik, Anda bisa menutup tangkainya dengan kertas krap atau dengan solasi warna.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Krap

Alat dan bahan yang diperlukan, seperti:

- Kertas krep

- Gunting

- Lem

- Lidi

- Kertas pelipit hijau

- Benang

Cara membuat bunga dari kertas krap:

1. Potong kertas krep menjadi beberapa buah kelopak bunga dengan ukuran besar.

2. Siapkan juga potongan yang agak besar, untuk membuat kuncup.

3. Rangkai potongan-potongan kertas krep menjadi mahkota bunga mawar. Caranya cukup dengan menempelkan satu per satu potongan mahkota pada kuncup yang telah Anda buat tadi. Tempelkan dengan cara berlapis, hingga berbentuk bunga mawar. Tambahkan beberapa lembar potongan mahkota bunga yang agak besar.

4. Selanjutnya adalah membuat kelopak. Caranya, cukup potong kertas krep yang berwarna hijau menjadi bentuk bintang empat. Potong dua kali agar tebal, kemudian rekatkan keduanya setelah diberi lem. Lubangi bagian tengahnya, kemudian masukkan tangkai lidi. Ikat dengan benang agar tak mudah lepas.

5. Setelah itu Anda bisa lilitkan kertas pelipit hijau pada kelopak dan tangkai bunga yang sudah jadi. Kertas hijau ini biasanya tersedia di toko-toko kerajinan.

6. Kalau sudah jadi, terakhir lengkungkan bagian tepi bunga dengan menggunakan lidi.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Bunga dari Kertas Krep Lainnya

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan:

- Kertas krep

- Gunting

- Kawat

Cara membuat bunga kertas dari kertas krep:

1. Tumpuk semua kertas krep menjadi satu sisi dengan ukuran panjang kertas 51 cm.

2. Lipat sesuai dengan ukuran kertas yang akan dipakai.

3. Atur kertas kusut saat proses pelipatan.

4. Ambil kawat putih serta potong sesuai dengan ukuran dan ikat kertas krep pada bagian tengahnya dengan kawat tersebut.

5. Saat mengikat, jangan terlampau kencang. Karena bisa mengakibatkan kerusakan pada permukaan kertas.

6. Potong sisi kiri serta kanan hingga ujung pada kedua sisi berbentuk bulat. Bisa juga digunting dengan ujung kedua sisi menjadi runcing.

7. Kemudian kembangkan susunan kertas krep yang sudah diikat kawat lewat cara memisahkan satu susunan kertas dengan yang lainnya.

8. Setelah jadi, agar lebih menarik bisa Anda tambahkan kayu untuk batang bunga serta kertas krep berwarna hijau untuk daun bunga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.