Sukses

Kerajinan Tangan dari Botol Aqua Bekas dan Cara Pembuatannya

Kerajinan tangan dari botol plastik bekas bisa kurangi sampah.

Liputan6.com, Jakarta Plastik saat ini merupakan bahan yang tak dapat lepas dari kehidupan manusia. Plastik semakin banyak diproduksi dalam berbagai bentuk seperti kantong plastik, kemasan makanan, botol bahkan peralatan rumah tangga. 

Padahal plastik merupakan bahan yang memiliki jangka waktu lama untuk terurai di dalam tanah bahkan dalam kurun waktu 500 tahun sekalipun. Hal ini yang menilbulkan dilematis tersendiri bagi penggunanya. Plastik bisa sangat dicintai manusia namun juga sekaligus dibenci manusia.

Banyak dampak negatif yang dihasilkan oleh sampah plastik seperti pencemaran lingkungan, gangguan kesehatan, bahkan meracuni hewan dan tumbuhan.

Hal ini membuat banyak orang melakukan segala macam cara untuk mengolah limbah plastik. Salah satunya adalah menyulapnya menjadi kerajinan tangan  yang menarik. Salah satu jenis limbah plastik yang sering diubah menjadi kerajinan tangan adalah botol minuman bekas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya

Botol air minuman bekas atau orang Indonesia biasa menyebutnya botol aqua bekas merupakan salah satu limbah plastik yang banyak ditemui di lingkungan sekitas.

Di Indonesia sendiri masyarakat lebih familiar dengan sebutan botol aqua. Hal ini karena merek aqua sudah telanjur terkenal dan melekat di benak masyarakat Indonesia. Padahal botol-botol minuman tak hanya aqua saja yang ada di Indonesia.

Nah, banyaknya limbah botol plastik minuman ini kadang membuat resah karena dapat mencemari lingkungan. Namun, limbah botol plastik bekas ini ternyata dapat menjadi barang yang berguna di tangan orang-orang kreatif.

Limbah botol bekas ini kemudian disulap menjadi berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai guna dan nilai jual. Degan begitu, limbah plastik akan berkurang untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Berikur berbagai kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (21/3/2019) :

3 dari 6 halaman

Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Tempat Sampah

Botol plastik bekas dapat disulap menjadi tempat sampah. Yakni dibentuk dari kumpulan botol bekas yang disatukan hingga menyerupai bentuk tabung. Dengan begitu botol plastik bekas tak akan menjadi sampah melainkan menjadi tempat pengumpul sampah.

Berikut cara membuatnya :

Kumpulkan botol bekas dengan ukurang yang sama, setelah itu cuci hingga bersih botol-botol tersebut kemudian jemur hingga kering.

Setelah itu susun kumpulan botol hingga menyerupai bentuk tabung. Anda dapat merekatkannya menggunakan lem tembak, atau menyusunnya dalam sebuah kerangka kawat.

Untuk bagian bawah atau alasnya, Anda dapat menggunakan triplek atau media datar lainnya. Tempat sampah dari botol plastik bekas sudah selesai dibuat.

4 dari 6 halaman

Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Celengan Lucu

Kerajinan tangan dari botol bekas selanjutnya adalah celengan untuk anak. Menabung merupakan kebiasaan baik yang perlu ditanamkan sejak dini. Anda dapat melatih anak untuk mendabung dalam celengan.

Celengan dapat dibuat sendiri dirumah dengan botol plastik bekas. Salah satu bentuk celengan yang mudah dibuat adalah celengan babi. Caranyapun cukup mudah dan tak memakan banyak waktu. Berikut caranya :

Siapkan satu botol plastik bekas lengkap dengan tutupnya. Warnai botol menggunakan cat akrilik dengan warna apapun. Pastikan seluruh botol tertutup dengan cat.

Setelah itu tempelkan kedua mata di bagian leher botol, Anda bisa menggunakan mata buatan yang banyak dijual di toko bahan kerajinan, atau Anda dapat menggambarnya sendiri di kertas. Setelah itu tempelkan juga telinga dari kertas di sekitar atas mata, kemudian tempelkan kancing pada bagian tutup botol untuk memberi kesan hidung pada babi.

Untuk kaki, gunakan 4 tutup botol yang ditempelkan dibawah tubuh si celengan babi. Celengan babi sudah selesai dibuat.

5 dari 6 halaman

Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Pot Bunga Lucu

Selain tempat sampah dan celengan, botol plastik bekas juga dapat disulap menjadi pot bunga dengan berbagai tampilan yang lucu seperti bentuk kucing. Caranya juga terbilang mudah.

Cukup potong botol bekas dibagian tengahnya, Anda dapat memotongnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Jika Anda menginginkan bentuk kucing, maka bentuklah telinga kucing pada potongan tersebut.

Setelah itu, cat seluruh bagian botol dan lukis wajah dan bentuk hewan seperti membentuk mata, hidung, dan mulut. Jangan lupa membuat lubang sebagai tempat keluarnya air pada bagian bawah botol. Pot bunga yang lucu dan ramah lingkungan sudah dapat Anda miliki.

6 dari 6 halaman

Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya: Tempat Pensil

Kerajinan tangan dari botol bekas lainnya adalah tempat pensil. Tempat pensil merupakan benda yang banyak dibutuhkan orang terutama bagi anak. Ternyata tempat pensil juga dapat dibuat dari barang bekas seperti botol plastik. Kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya ini pun mudah untuk di praktikkan.

Siapkan dua botol plastik bekas, potong satu botol pada bagian bawahnya, kiral-kira 5-7 cm dari bawah botol. Bagian botol inilah yang akan digunakan sebagai penutup tempat pensil.

Setelah itu pada botol satunya, potong bagian atas botol, buang bagian kerucutnya. Kemudian sambungkan bagian tutup tempat pensil yang sudah dibuat tadi dengan botol yang kedua. Tempelkan resleting pada bagian sambungannya menggunakan lem tembak.  Dengan begitu tempat pensil dari botol bekas berhasil dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini