Sukses

Jenis Kucing Anggora yang Populer dan Cara Perawatannya

Jenis kucing anggora ini sangat digemari orang-orang di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Jenis kucing anggora dengan bulunya yang lembut, panjang dan sangat indah merupakan kucing yang saat ini sangat digemari orang-orang di Indonesia.

Ciri-ciri fisik pada kucing anggora umumnya sangat berbeda dengan kucing Persia. Kucing anggora relatif berbadan sedang dengan bulu yang cukup panjang dan cantik. Tidak hanya itu kucing anggora memiliki bentuk kepala segitiga mirip singa dan bentuk hidung yang cukup mancung serta bulu yang agak panjang di bagian lehernya.

Kabarnya kucing ini sangat sering dikaitkan dengan mitos dari legenda di wilayah asal Turki. Karena itu pula, jenis kucing Anggora ini biasa juga disebut Turkish Anggora.

Sedangkan, untuk harganya sendiri lumayan mahal, terhitung berkisar di antara Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan. Perawatannya pun tak main-main dengan mengharuskan kamu untuk sering memandikannya. Berikut jenis kucing Anggora dan cara merawatnya yang wajib kamu ketahui sebelum memeliharanya seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah dan Jenis Kucing Anggora

Bulu panjang kucing Anggora bukanlah bahan untuk membuat sweater, meskipun bulunya begitu lembut dan indah. Jenis kucing Anggora alami ini mengambil namanya dari kota Ankara di Turki. Jenis kucing Anggora ini telah berabad-abad menjadi souvenir menarik bagi penjajah atau pengunjung di Turki dan merupakan kucing berbulu panjang pertama yang ada di Eropa.

Karena kepopulerannya, jenis kucing ini akhirnya menjadi langka dan hanya dapat diselamatkan melalui program yang dilakukan oleh Kebun Binatang Ankara. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa kucing Anggora ini dibawa oleh para Viking dari Turki lebih dari seribu tahun yang lalu. 

Faktanya, rata-rata kucing anggora yang dijual di pasaran Indonesia bukan asli kucing anggora melainkan hasil perkawinan dengan kucing lokal. Jadi hanya ada jenis kucing anggora asli dan campuran.

3 dari 4 halaman

Kepribadian Kucing Anggora

Cantik dan anggun di permukaan, jenis kucing Anggora dari Turki ini dapat mengejutkan pemilik dengan sifat atletis dan kecerdasannya. Tidak ada rak buku yang begitu tinggi yang tidak dapat dilompatinya, dan tidak ada pintu tertutup yang aman dari cakarnya. Meskipun ia tentu saja dapat memiliki tata krama yang baik. Jenis kucing anggora ini juga memiliki sisi yang aktif dan riuh dengan sifatnya, dengan kepintaran yang membuatnya tak henti-hentinya menghibur. Dia suka bermain dan akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mendapatkan perhatian kita, dan tak peduli apakah kita sedang sibuk dan tidak memilki waktu untuknya. Karena itulah sekarang banyak yang bilang Kucing Anggora sudah seperti teman atau pacar sendiri.

Jenis kucing anggora ini benar-benar cocok dijadikan teman di rumah. Dia juga dapat menyambut tamu dengan ramah. Bahkan dia juga dapat berteman baik dengan hewan-hewan rumahan lainnya seperti anjing maupun kucing jenis lainnya, tentunya yang sudah jinak. Untuk memelihara jenis kucing anggora ini, kamu perlu untuk memperhatikannya dan sering bermain dengannya, serta harus memilki kesabaran yang baik. Begitu dia memiliki pikiran terhadap sesuatu di kepalanya, akan sulit untuk mengubah pikirannya tentang bagaimana dia harus bersikap, tetapi dia sangat menawan sehingga kamu mungkin tidak akan peduli.

Jika kamu tak memiliki syarat-syarat di atas, sebaiknya pertimbangkan jenis kucing yang lain. Kucing ini adalah kucing yang penuh kasih sayang dan lembut dan akan selalu mengabdi pada pemiliknya, tetapi kecerdasannya yang terlalu cepat matang, banyak akal, dan keinginan untuk berinteraksi dan bermain, akan menjadi tantangan dalam memeliharanya.

4 dari 4 halaman

Perawatan Kucing Anggora

Perawatan pertama yang harus dilakukan terhadap Kucing Anggora adalah menyisir atau menyikat bulunya setiap minggu. Tetapi hal ini akan menjadi menyenangkan karena bulu-bulu yang dimiliki oleh kucing Anggora sangatlah lembut dan indah, apalagi bila kotorannya sedikit.

Perawatan selanjutnya adalah dengan menyikat gigi si kucing Anggora. Setidaknya kita harus menyikat gigi kucing Anggora sekali seminggu, walaupun sebenarnya dianjurkan untuk menyikat giginya satu kali sehari.

Selanjutnya, kita harus memotong kukunya dan menyeka sudut matanya dengan kain lembut dan lembap untuk menghilangkan kotoran-kotoran. Gunakan bagian-bagian yang berbeda untuk setiap mata sehingga si kucing terbebas dari risiko infeksi.

Selain itu kita juga harus memeriksa telinganya setiap minggu. Jika terlihat kotor, bersihkan dengan bola kapas atau kain lembab yang lembut yang dibasahi dengan campuran sari apel dan air hangat. Hindari menggunakan penyeka kapas, yang dapat merusak bagian dalam telinga.

Jaga juga agar kotak kotoran Angora tetap bersih. Kotak kotoran yang bersih dapat membantu menjaga bulu kucing Anggora tetap bersih. Sebaiknya kita menjaga kucing Anggora untuk selalu di dalam ruangan, untuk melindunginya dari penyakit, serangan anjing liar, dicuri orang lain karena kecantikannya, dan bahaya-bahaya lainnya.

Jenis kucing anggora ini merupakan jenis kucing yang sangat unik baik dari segi fisik maupun tingkah lakunya. Bagi kita yang kesepian dan menginginkan teman untuk diajak bermain di rumah, kucing Anggora sangat cocok untuk dijadikan peliharaan karena kucing ini akan selalu menghibur kita. Namun kita juga perlu sabar dengan tingkahnya yang begitu atraktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.