14 Tempat Wisata Malaysia yang Cocok Buat Liburan, Bisa Jadi Referensi

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 20 Mar 2019, 20:40 WIB
Tempat Wisata Malaysia

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu berlibur tidak harus menyebrangi benua. Bagi yang ingin merasakan liburan di luar negeri, kamu bisa mengunjungi Malaysia yang terletak sangat dekat dengan Indonesia.

Malaysia sebagai negara tetangga memiliki berbagai macam tempat wisata yang layak untuk dijadikan referensi liburan. Negeri Jiran ini mungkin tidak sebesar wilayah Indonesia, namun pesona keindahannya wajib untuk dinikmati walau hanya sekali seumur hidup.

Sebenarnya, apa saja tempat wisata Malaysia yang sayang untuk dilewatkan? Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkap tempat wisata di Malaysia yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

2 of 4

Tempat Wisata Malaysia dari Menara Petronas Hingga Fort Cornwallis

Bendera Malaysia (iStockphoto via Google Images)
Bendera Malaysia (iStockphoto via Google Images)

1. Petronas Towers

Petronas Towers dengan tinggi lebih dari 400 meter sangat terkenal di dunia sebagai tempat wisata Malaysia. Menara kembar ini menjadi ikon utama Malaysia. Bahkan jika ingin melihat kota dari ketinggian, kamu bisa naik hingga jembatan penghubungnya sebagai lokasi observasi.

Untuk menaikinya, kamu memang harus membayar dan memastikan masih ada slot yang tersedia. Namun, jika hanya berfoto di depannya tentu saja gratis dan bebas kapan saja. Cobalah untuk mengambil foto pada saat terang dan juga malam hari.

2. Penang National Park

Taman Nasional Penang memiliki setidaknya 46 jenis burung, 417 flora, dan 143 fauna. Kamu yang suka dengan hewan-hewan bisa mengunjunginya, karena tempatnya yang tak terlalu luas akan membuatmu puas berkeliling tanpa kelelahan. Di sana pun terdapat Danau Meromictic, yakni danau yang muncul pada waktu tertentu.

3. KLCC Park

KLCC Park luasnya mencapai 20 hektare dengan berbagai fasilitas, seperti jogging track dan tempat bermain anak. Di tengah taman, terdapat danau buatan besar di mana kamu bisa melihat air mancur menari. Bayangkan, kamu bersama keluarga menikmati hari yang cerah di taman ini, pasti menyenangkan.

4. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis adalah gedung bersejarah yang paling menarik di sana. Letaknya tak jauh dari Victoria Memorial Clock, dan merupakan gedung dengan tinggi 10 kaki serta berbentuk bintang. Gedung yang merupakan peninggalan penjajah ini bisa kamu nikmati karena telah terdapat galeri sejarah, kafe, serta amphiteather yang nyaman.

3 of 4

Tempat Wisata Malaysia dari Menara KL Hingga Pasar Seni

Menara Kuala Lumpur
Menara Kuala Lumpur. (Sumber: AFP)

5. Menara KL

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di menara KL sebagai referensi tempat wisata Malaysia. Mulai dari melihat kota dari ketinggian, menantang nyali di Skybox, melihat mini zoo, hingga merasakan F1 Simulator. Namun, untuk menikmati berbagai fasilitas di sana memang harus merogoh kocek.

6. Brickfields

Di tengah gedung-gedung tinggi modern di Kuala Lumpur, terselip salah satu kawasan yang sarat nilai budaya, yaitu Brickfields atau Little India. Di kawasan ini, selain banyak warga keturunan India yang bermukim dan menjadi tempat wisata budaya, terdapat pula pusat perniagaan.

Dengan trotoarnya yang luas, wisatawan dapat menikmati tempat ini dengan nyaman. Kamu bisa mengunjunginya saat perayaan Deepavali untuk melihat kemeriahannya. Itulah mengapa Brickfields masuk ke dalam tempat wisata Malaysia.

7. Masjid Jamek

Dibangun pada tahun 1909, menjadikan masjid Jamek termasuk salah satu masjid tertua di Kuala Lumpur. Wisatawan tidak hanya dapat berkunjung untuk beribadah, tapi penganut non-muslim juga dapat menikmati keindahan masjid tua yang masih terjaga hingga saat ini.

Sebagai bukti multikultur di Malaysia, masjid ini mengadaptasi gaya Moorish atau Mughal India yang berciri lengkungan di bagian dindingnya. Sementara itu bagian teras masjid mengingatkan pada Masjid Nabawi di Madinah yang memakai penutup.

8. Dataran Merdeka

Tempat wisata Malaysia ini berada sangat dekat dengan masjid Jamek dan menjadi lokasi favorit wisatawan saat ke Kuala Lumpur. Di sana, kamu dapat melihat lapangan luas dengan banyak bangunan kuno di sekitarnya.

Menurut sejarah, lapangan di kawasan Dataran Merdeka adalah saksi bisu saat bendera Malaysia dikibarkan pertama kali pada 31 Agustus 1957. Sementara itu, beberapa bangunan pada masa kolonial masih kokoh berdiri, seperti National History Museum.

Saat berada di sana, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kuala Lumpur City Gallery dan berfoto denganĀ tanda 'I Love KL' yang ikonik.

9. Pasar Seni

Sebagai salah satu negara bekas jajahan Inggris, kamu bisa melihat bangunan bergaya Inggris di Pasar Seni atau Central Market. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1888. Untuk mengunjungi kawasan ini, sama sekali tidak dipungut biaya.

Namun, ketika kamu tertarik untuk membeli suvenir untuk oleh-oleh, baru Kamu perlu merogoh kocek. Ada banyak barang etnik dijual di sana. Kamu pun akan merasa nyaman saat berbelanja karena bersih dan dingin.

4 of 4

Tempat Wisata Malaysia dari Petaling Street Hingga Bukit Bintang Malaysia

[Bintang] Malaysia
Petaling Street, Kuala Lumpur, Malaysia. (Sumber Foto: mobs81/Instagram)

10. Petaling Street

Kawasan Pecinan di Kuala Lumpur ini juga tidak boleh terlewatkan saat kamu ke Kuala Lumpur. Di Petaling Street kamu juga bisa membeli beragam suvenir dan oleh-oleh murah. Selain suvenir, ada banyak juga warga Tionghoa-Malaysia yang menjual makanan di sepanjang jalan ini. Ingat, siapkan diri kamu untuk menawar harga.

11. Kuil Sri Mahamariamman

Di ujung Petaling Street terdapat kuil umat Hindu yang sangat menarik perhatian dan menjadi tempat wisata Malaysia, yaitu Kuil Sri Mahamariamman. Kuil yang merupakan tempat ibadah tertua Hindu Tamil di Kuala Lumpur ini dipenuhi oleh banyak patung-patung dewa.

12. Batu Caves

Saat tiba di bagian depan Batu Caves, kamu akan disambut patung emas Dewa Murugan setinggi 42 meter. Kamu bisa masuk ke dalam goa dengan menaiki anak tangga. Di sekeliling goa terdapat lukisan dan patung dewa-dewa Hindu.

Di dalamnya, terdapat beberapa atraksi menarik tapi berbayar. Namun, jika hanya sampai Temple Cave setelah menaiki tangga, tidak ada biaya yang harus dibayar sembari berfoto dengan merpati atau monyet yang banyak di kawasan ini.

Kamu juga bisa mengunjungi kuil ini pada perayaan Thaipusam untuk menghormati Dewa Murugan. Pada perayaan ini, para penganut Hindu Tamil akan menuju Batu Cave dengan berjalan kaki.

13. Taman Tasik Perdana

Anak-anak pasti senang jika diajak ke Taman Tasik. Di sana, terdapat playground anak yang cukup besar. Kamu bisa menemukan danau, rumah-rumah bambu, hingga taman anggrek. Saking indahnya, berkeliling taman ini seperti tidak ada habisnya. Taman Tasik Perdana juga bisa jadi referensi tempat wisata Malaysia.

14. Bukit Bintang

Jika Singapura punya Orchard Road, maka Malaysia punya Bukit Bintang. Di kawasan ini terdapat banyak pusat perbelanjaan papan atas dengan brand ternama di dalamnya. Tenang, kamu tidak perlu merogoh kocek saat menikmati jalanan di sini. Banyak wisatawan yang hanya berjalan-jalan di sini tanpa membeli barang mewah.

Lanjutkan Membaca ↓