Sukses

Jenis Burung Kicau yang Populer dengan Suara Merdu, Harganya Capai Belasan Juta Rupiah

Jenis burung kicau ini memiliki suara merdu.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta kicauan, memelihara burung kicau termahal di dunia adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Di Indonesia sendiri, ada jenis burung Kicau yang memiliki harga super mahal. Biasanya, harganya berkisar dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Di Indonesia Kicau Mania, sebutan untuk para pencinta burung kicau, mengelompokkan burung kicau menjadi dua, yaitu burung fighter dan semi fighter. Burung fighter umumnya hidup sendiri dan akan selalu menjaga wilayahnya. Sedangkan burung semi fighter lebih sering hidup secara berkelompok.

Untuk jenis burung kicau dengan harga mahal tentunya pemeliharaannya pun membutuhkan keistimewaan tersendiri. Namun, dengan segala kelebihan dari unggas dengan suara merdu itu, banyak sekali pehobi kicauan yang rela membeli jenis burung Kicau dengan harga yang fantastis sekalipun.

Ada beberapa jenis burung kicau yang populer dengan harga yang super mahal, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Burung Kicau Paling Mahal

1. Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire bukanlah jenis burung kicau yang lahir secara alami dari salah satu wilayah di utara Inggris. Namun, kenari yorkshire merupakan hasil dari persilangan kenari lancashire dan kenari belgia.

Ketika dijual, harganya bisa mencapai Rp 8 juta hingga Rp 15 juta per satu ekornya. Namun, hal itu tidak menyurutkan keinginan pencinta kicauan untuk mengoleksi burung kecil berwarna cerah mencolok ini.

Hal ini disebabkan karena adanya beberapa keistimewaan kenari yorkshire yang membuatnya selalu diminati pehobi kicauan. Beberapa di antaranya adalah tubuhnya yang besar dan berbentuk seperti wortel terbalik dengan perpaduan warna dari kuning, oranye, putih, merah kecokelatan, hingga cokelat terang.

Namun, jenis kenari yorkshire impor lumayan sulit untuk ditangkarkan karena mudah mati. Namun, apabila berhasil menangkarkannya, bisa meraup kesuksesan besar dari keberhasilan itu.

2. Murai Batu

 

Jenis burung kicau yang disebut juga kurica hutan ini merupakan macam burung peliharaan yang tersebar di Pulau Sumatra. Ia menjadi primadona di dunia hobi kicau karena memiliki karakter suara yang merdu, menggema dan mengesankan. Bahkan, karena kelebihannya itu ia sempat mendapatkan penghargaan terbaik pada tahun 1947 dari Jean Delacour, seorang ahli ornitologi Amerika.

Gayanya yang ngotot dengan suara merdu dan lantang adalah modal utama murai batu. Ia juga termasuk dalam burung pintar karena mampu menirukan suara kicau lain yang ada di dekatnya.

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para pemilik murai batu ini. Karena untuk sekarang, murai batu memiliki harga yang terus naik. Bahkan, untuk yang sudah berumur dan sudah sering mengikuti lomba, harganya bisa mencapai Rp 10 juta.

Sayangnya, sekarang ekosistemnya semakin berkurang dan dinyatakan nyaris punah. Hingga di daerah asalnya, Sumatra, murai batu termasuk dalam burung yang dilindungi.

3. Lovebird Parblue

Pesona burung kecil dengan suara keras yang satu ini hingga kini masih tetap eksis di kalangan pecinta kicauan. Semua itu terjadi karena harga jual dari lovebird ini selalu stabil. Bahkan, beberapa di antara jenisnya kini dipatok dengan harga yang cukup tinggi per ekornya.

Salah satu jenis lovebird yang memiliki harga jual yang cukup tinggi adalah lovebird parblue. Salah satu dari macam macam burung peliharaan mahal ini harganya berkisar dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per ekor.

Sekilas, jenis burung kicau yang satu ini tidak memiliki perbedaan dengan jenis lovebird pada umumnya. Namun, apabila dilihat dari warnanya, lovebird parblue memiliki perpaduan warna yang sangat langka yaitu kuning di bagian kepala dengan paruh jingga dan tubuhnya yang berwarna biru.

Kombinasi warna tersebut hanya bisa didapatkan karena faktor keberuntungan saja. Sehingga pada akhirnya, menjadikan lovebird parblue terhitung langka dan harga jualnya menjadi melonjak.

3 dari 3 halaman

Jenis Burung Kicau

4. Lovebird Madagaskar

Burung kecil dengan suara merdu yang satu ini sebenarnya keberadaannya terhitung sangat sulit ditemukan di Indonesia. Penyebabnya adalah, seperti halnya namanya, lovebird madagaskar ini sebenarnya merupakan lovebird endemik dari wilayah Madagaskar.

Yang membedakannya dari lovebird pada umumnya adalah keistimewaan paruhnya. Layaknya elang yang memiliki paruh tajam dan melengkung di bagian ujungnya, lovebird madagaskar juga memiliki bentuk yang nyaris sama namun lebih kecil.

Salah satu yang menyebabkan lovebird madagaskar ini langka adalah karena jumlah yang telah ditetapkan untuk mengimpornya kini semakin dibatasi. Hal ini dilakukan demi menjaga jumlah populasi di habitat aslinya.

Selain itu, lovebird madagaskar ini merupakan salah satu jenis lovebird yang pemalu dan sangat sensitif dengan keberadaan manusia. Oleh karenanya ia terhitung cukup susah untuk ditangkarkan dan menjadikan harga jualnya cukup tinggi.

5. Cucak Rowo

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, cucak rowo adalah jenis burung kicau yang tidak pernah hilang ketenarannya. Secara fisik, cucak rowo tidak memiliki penampilan yang menarik, namun dari segi kicauannya cucak rowo memiliki suara khas yang keras dan jernih seolah-olah menggema.

Maka sangat wajar jika banyak sekali pecinta kicauan yang mengidamkan cucak rowo karena selain unik, harga jualnya juga jutaan rupiah. Tak jarang ada beberapa orang yang sampai mengunduh macam macam suara burung demi mendengarkan kicauan indahnya.

Yang membuat cucak rowo memiliki harga jual yang mahal adalah karena penangkarannya yang terhitung tidak mudah. Cucak rowo harus benar benar mendapatkan perlakuan dan perawatan secara eksklusif agar tidak gampang stres.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini