7 Jenis Bunga Mawar, Bisa Jadi Inspirasi untuk Kado Pasangan

Oleh Putra Marenda pada 20 Mar 2019, 17:50 WIB
Diperbarui 20 Mar 2019, 18:17 WIB
Ilustrasi bunga mawar merah (Sumber:Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Jangan beranggapan bunga mawar tidak memiliki jenis. Ternyata bunga mawar punya banyak jenis di berbagai belahan dunia.

Jenis bunga mawar tentunya sangat cantik dan indah dengan bentukan bunga dan warnanya juga bervariasi. Keindahan bunga mawar akan membuat kamu rasa-rasanya ingin menanam mawar di halaman depan rumah kamu.

Daripada makin penasaran dengan jenis bunga mawar, berikut sudah terangkum dari berbagai sumber di Liputan6.com, Rabu (20/03/2019).

2 dari 3 halaman

Talitha, Musk, Putri dan Kubis

Gambar Bunga  Mawar Merah Putri (Sumber: Pixabay)
Gambar Bunga Mawar Merah Putri (Sumber: Pixabay)

1. Bunga Mawar Talitha

Bunga Mawar yang biasanya berwarna merah, namun untuk bunga mawar Talitha warnanya oranye. Bunga mawar Talitha tidak jauh berbeda dengan bunga mawar lainnya saat mekar, yakni hanya akan mekar di 8 cm saja. Dengan ukuran tangkainya bisa tumbuh di ukuran 50 hingga 100 cm.

Kecantikan bunga ini tak ayal membuat banyak orang ingin membelinya, hanya untuk diberikan ke pasangan ataupun untuk hiasan. Tapi untuk menjadikannya hiasa, bunga mawar Talitha ini hanya akan bertahan di 7 hingga 9 hari. Itupun setelah tangkainya dipotong dan dimasukkan dalam vas bunga.

2. Bunga Mawar Musk

Jenis bunga mawar selanjutnya ialah bernama mawar Musk. Mawar Musk ini sudah lama dibudidayakan dari sejak abad ke 16. Bunga mawar ini mampu miliki tangkai hingga panjang 3-10 meter. Bunga mawar Musk akan mekar musiman. Untuk musim yang bisa untuk mekar bunga mawar Musk ialah dimusim semi hingga musim gugur.

Disebut bunga mawar Musk, karena pada saat mekar, bunga mawar tersebut akan mengeluarkan bau musk. Oleh sebab itu, bunga mawar Musk juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bau parfum.

3. Bunga Mawar Putri

Ini dia jenis jenis bunga mawar yang sangat mainstream untuk dipakai hadiah ke pasangan yakni bunga mawar merah Putri. Warnanya yang merah dan merah gelap, sangat indah untuk lihat. Aromanya pun wangi, menjadi daya tarik tersendiri bagi bunga mawar merah Putri. Kewangian inilah yang membuat para wanita suka dan jatuh hati, karena kewangian bunga mawar ini bisa bertahan hingga 10 hari. Bunga mawar Putri bisa bertahan 10 hari dengan catatan sudah dipotong tangkai dan sudah disimpan dalam vas bunga.

Untuk ukuran, apabila dibandingkan dengan bunga mawar Talitha, bunga mawar merah Putri lebih besar. Ketika sedang mekar, jenis jenis bunga mawar ini akan bisa mencapai ukuran 10 cm dengan panjang batang bisa mencapai 110 cm.

4. Bunga Mawar Kubis

Mungkin namanya cukup unik karena bernama bunga mawar Kubis. Hal itu dikarenakan jenis jenis mawar ini memang berbentuk seperti kubis. Bentuk yang membulat dan melingkar-lingkar terlihat lucu. Bunga yang dikembangkan oleh pembudidaya asal Belanda pada abad 17 ini memiliki aroma yang kuat.

Bentuk mahkotanya yang indah jadi alasan kenapa banyak orang yang suka membudidaya jenis bunga mawar ini. Namun yang menjadi catatan, membudidaya tanaman ini cukup susah, karena bunga mawar Kubis tidak bisa tumbuh di sembarang tempat serta mudah terserang hama dan penyakit. Bunga mawar Kubis adalah tipikal bunga yang tumbuh dan mekar dimusim semi dan musim panas dengan tempat tumbuhnya di tempat yang ada penopangnya seperti pagar.

3 dari 3 halaman

Mega Putih, Eden dan Sunsprite

Gambar Mawar Eden (sumber: pixabay)
Gambar Mawar Eden (sumber: pixabay)

5. Bunga Mawar Mega Putih

Jenis jenis bunga mawar selanjutnya ialah bunga mawar mega putih. Disebut mega putih, karena berwarna putih dan berukuran besar. Ketika mawar mega putih ini kuncup, ukurannya saja bisa mencapai 3 cm.

Dan ketika bunga mawar mekar, maka diameternya bisa mencapai 12 cm. Karena kelopaknya yang begitu besar, maka bunga mawar putih ini juga memiliki batang yang kokoh untuk menopang bunga mawar ini. Bunga mawar mega putih banyak tersebar di kawasan Indonesia. Terkadang wanginya yang mampu bertahan lama, dimanfaatkan juga sebagai bahan pembuat parfum.

6. Bunga Mawar Eden

Jenis jenis mawar yang indah selanjutnya bernama mawar Eden. Bunga ini diciptakan oleh Marie-Louise Meilland dan dikenalkan ke publik pada tahun 1985 di Meilland International, Prancis. Saat itu Meilland memberi nama mawar ini dengan sebutan Pierre de Ronsard yang terinspirasi dari syair populer miluk dirinya.

Tinggi mawar Eden ialah antara 180 cm hingga 330 cm. Bunga mawar Eden termasuk bunga yang memiliki diameter kelopak yang besar, karena mampu mekar sebesar 10 cm dengan ada 70 helai pada bunganya. Bunga yang cantik ini juga dijuluki World Favourite Rose karena keindahan bentuk bunganya.

7. Mawar Sunsprite

Mawar Sunsprite ialah jenis jenis mawar yang memiliki warna cerah yakni kuning. Bunga yang diciptakan oleh Reimer Kordes ini dikenalkan pada tahun 1973. Bunga mawar ini dapat tumbuh 40 hingga 75 cm.

Bunga ini mudah dibudidayakan, dikarenakan bunga mawar sunsprite ini tidak mudah terserang hama dan penyakit. Bunga ini akan mekar cantik diperiode Juni hingga September. Bunga ini memiliki diameter kelopak 8 cm. Warna cerah bunga ini dijamin akan memperindah taman rumah, apalagi cara merawatnya termasuk mudah.

Itulah 7 jenis jenis mawar yang bentuk dan warnanya indah yang perlu kamu ketahui. Jadi pengen pelihara mawar dirumah kan? Selamat berbudidaya mawar ya sahabat!

Lanjutkan Membaca ↓