Sukses

Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Excel 2007, Mudah dan Profesional

Kerja kantoran wajib tahu nih cara membuat laporan keuangan dengan excel 2007.

Liputan6.com, Jakarta Microsoft Office Excel atau yang biasa dikenal dengan Excel, merupakan sebuah program aplikasi berbentuk lembar kerja (spreadsheet). Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Microsoft Corporation dan kompatibel untuk program aplikasi Microsoft Windows dan Mac OS. 

Bentuknya berupa lembar kerja yang terdiri dari kolom dan baris, di mana hal ini memudahkan kamu untuk memasukkan data dalam bentuk tabular.

Excel dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat digunakan dalam prosesing data seperti fitur untuk membuat tabel, grafik, fungsi formula (rumus) dasar dan lain sebagainya. Tampilan Excel pun berbeda-beda berdasarkan masing-masing tahun rilisnya. Misalnya saja Excel 2003 berbeda dengan tampilan Excel 2007 dan 2010.

Namun berbedanya versi berdasarkan tahun ini tidak memberikan perbedaan yang terlalu signifikan, kecuali penambahan dan pengurangan fitur pada masing-masing versinya.

Berikut Liputan6.com, Senin (11/3/2019) telah merangkum dari beberapa sumber tentang cara membuat laporan keuangan dengan Excel 2007.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagian-bagian Excel 2007

1. Office Button, berfungsi untuk membuka bagian yang berguna untuk mengakses fungsi-fungsi umum yang berkaitan dengan pengolahan dokumen di Office 2007. Misalnya saja New, Open, Convert, Save, dan lain sebagainya.

2.  Quick Access, tools yang berisikan kumpulan tombol perintah (command button) yang relative sering digunakan. Pada tools ini isinya seperti Save, Undo, Redo, Open, dan New.

3. Title Bar, berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu ‘Book1’.

4. Tombol Ukuran, berfungsi mengatur jendela suatu aplikasi seperti Maximize, Minimize, atau Close.

5. Menu Bar, bagian yang mencangkup menu-menu yang menyediakan beragam tools seperti File, Home, Insert, Page Layout, Data, Reviews, dan lain sebagainya.

6. Tool Bar, bagian yang berisikan tools untuk bekerja di Excel.

7. Name Box, bagian yang menampilkan nama lokasi yang sedang aktif.

8. Formula Bar, bagian yang berfungsi untuk memasukkan rumus yang akan digunakan.

9. Column, bagain yang menampilkan kolom yang ditandai dengan huruf alphabet.

10.  Rows, bagian yang menampilkan baris yang ditandai dengan angka.

11.  Document Area, bagian lembar kerja Axcel yang mencangkup kolom dan baris.

12.  Active Cell, merupakan bagian yang berpotongan antara kolom dan baris.

13.  Tab Worksheet, bagian yang menampilakn lembar yang telah dibuat.

14.  Insert Worksheet, bagian yang berfungsi untuk menambhakan lembar baru.

15.  Vertical Scroll Bar, bagian yang berfungsi untuk meng-scroll halaman kea rah atas dan bawah.

16.  Horizontal Scroll Bar, bagian yang berfungsi untuk meng-scroll halaman ke kanan dan kiri.

17.  Status Bar, bagian yang menampilkan status bar.

18.  Tampilan Layar, bagian yang berfungsi untuk mengganti tampilan lembar pada layar.

19.  Zoom, bagian yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel 2007

Microsoft Excel merupakan program spreadsheet yang banyak digunakan, dan memiliki sejumlah kegunaan di dunia bisnis. Jika kamu memiliki bisnis, kamu dapat menggunakan Microsoft Excel untuk membuat laporan keuangan, neraca, dan laporan pendapatan khusus untuk disajikan kepada investor dan mitra.

Setelah kamu memiliki spreadsheet keuangan tersebut, kamu dapat dengan mudah memperbaruinya setiap kuartal untuk memberikan data yang paling relevan untuk bisnis kamu.

Microsoft Excel pun sudah memiliki banyak variasinya yang disesuaikan dengan tahun rilisnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, aplikasi Excel ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan di setiap aplikasinya.

Hal yang berbeda hanyalah berupa tambahan atau pengurangan fitur di setiap versinya. Namun untuk cara kerjanya, tidak ada yang berbeda baik itu Microsoft Excel 2003, 2007, atupun 2010.

4 dari 4 halaman

Langkah-langkah membuat laporan keuangan di Excel 2007  

Langkah Pertama

Tentunya kamu harus memiliki aplikasi Microsoft Excel 2007 terlebih dahulu. Jika belum punya, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu.

Langkah Kedua

Kumpulkan semua data keuangan dari bisnis kamu. Siapkan data keuangan itu sebelum kamu memulai membuat laporan dengan menggunakan template di Excel.

Langkah Ketiga

Setelah data yang ingin kamu buat laporan sudah siap, cara membuat laporan keuangan di Excel 2007 selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi Excel dan template. Setelah itu kamu ganti nama pekerjaannya dengan nama perusahaan kamu.

Langkah Keempat

Masukkan informasi keuangan yang kamu kumpulkan tadi, seperti pendapatan dan biaya operasi misalnya. Kemudian langsung beranjak ke template pengerjaan laporan. Rumus dalam template harus secara otomatis diperbarui setiap kali kamu memasukkan nomor baru, ya.

Lanjutkan dengan mengisi template dengan informasi keuangan kamu sendiri, lalu simpan dokumen yang sudah diisi ke hard drive.

Langkah Kelima

Setelah itu, cara membuat laporan keuangan di Excel 2007 adalah dengan meninjau informasi di dalam laporan keuangan kamu dan cari kesalahannya. Salah satu masalah yang paling umum adalah pada lembar kerja di Excel.

Terutama yang telah dibuat dari template, bisa saja terjadi ketika jumlah yang dimasukkan terlalu besar saat memasukkannya ke dalam kolom yang telah ditetapkan. Cari kolom yang menampilkan “#####” untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.

Langkah Keenam

Cara membuat laporan keuangan di Excel 2007 selanjutnya adalah dengan memindahkan kursor kamu ke sudut kolom yang berisikan tampilan “####” tadi. Kemudian ambil sudut dan tarik mouse ke kanan untuk memperluas kolom hingga kamu bisa melihat nomor yang ditampilkan.

Setelah itu klik ‘Simpan’ untuk menyimpan spreadsheet yang diperbarui tadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini