6 Ciri-Ciri Bunga Mawar, Jenis dan Maknanya yang Jarang Diketahui

Oleh Tyas Titi Kinapti pada 20 Mar 2019, 16:10 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 16:36 WIB
Ilustrasi bunga mawar merah (Sumber:Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Hadiah apa yang biasanya kamu berikan saat perayaan hari spesial? Selain sekotak coklat manis, biasanya bunga mawar menjadi pilihan favorit. Bunga yang berduri tapi tetap terlihat indah ini memang disebut sebagai lambang cinta. Maka, wajar saja jika bunga mawar masih menjadi hadiah favorit saat perayaan hari kasih sayang. Tapi tahukah kamu bahwa bunga mawar memiliki banyak warna?

Biasanya seseorang hanya mengetahui bunga mawar merah, padahal ada juga bunga mawar kuning, putih, merah jambu dan lain-lain. Bahkan katanya dari berbagai macam warna bunga mawar tersebut memiliki makna yang berbeda ketika kamu memberikannya. Umumnya ciri-ciri bunga mawar bisa kita lihat dari bentuk bunganya yang mempunyai mahkota bunga berjumlah lima helai dengan berbagai variasi warna.

Alangkah baiknya, jika kamu juga memahami ciri-ciri bunga mawar ini agar tak salah pilih. Bukanlah suatu hal yang lucu, jika kamu salah memilih bunga karena kamu tidak mengetahui ciri-ciri bunga mawar. Nah, agar tidak keliru saat memilih bunga mawar dengan bunga lain, berikut Liputan6.com, Rabu (20/3/2019) rangkum dari berbagai sumber ciri-ciri bunga mawar. 

Gambar Bunga  Mawar Merah (Sumber: Pixabay)
Gambar Bunga Mawar Merah (Sumber: Pixabay)
2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Bunga Mawar secara Umum

Bunga mawar memang menjadi salah satu tanaman hias yang digemari oleh banyak orang. Warnanya yang cantik dan bentuknya yang indah membuat tanaman berduri ini menjadi salah satu primadona tanaman hias. Berikut ciri-ciri bunga mawar:

- Bunga mawar adalah jenis tanaman semak yang berasal dari Genus rosa sekaligus menjadi nama dari bunga yang dihasilkan oleh tumbuhan ini.

- Mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter loh

- Bunga mawar terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota.

-Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain.

- Mawar dapat tumbuh dengan subur pada daerah yang beriklim sedang. Meskipun begitu, ada juga beberapa kultivar yang mampu tumbuh di daerah yang memiliki iklim subtropis.

- Umumnya tanaman Mawar digolongkan menjadi Wild Rose atau mawar liar serta Old Garden Rose atau hasil persilangan. Namun, mawar yang dikenal di Indonesia sebagian besar adalah mawar jenis Hybrid Tea dan Medium.

3 dari 3 halaman

Ciri-ciri Bunga Mawar dan Artinya

Gambar Bunga Mawar Merah Jambu (Sumber:Pixabay)
Gambar Bunga Mawar Merah Jambu (Sumber:Pixabay)
  • Mawar Merah Jambu

Ciri-ciri bunga mawar merah jambu sama dengan mawar lainnya, hanya saja kelopaknya bewarna merah jambu.

Arti mawar merah jambu adalah ungkapan terimakasih. Mawar merah jambu juga mengandung arti kelembutan dan kekaguman, dan juga digunakan sebagai ungkapan simpati. Mawar merah jambu mampu menyampaikan kebahagiaan, rasa terima kasih, dan kekaguman pada seseorang.

  • Mawar Merah

Mawar Merah adalah salah tipe tanaman dari genus Rosa yang dijadikan sebagai simbol cinta kasih dan juga untuk menyebutkan perasaan terhadap pasangan. Ciri-ciri bunga mawar merah sebagai berikut:

- Kelopak bunganya berwarna merah dengan bentuk yang sangat indah

- Bagian batangnya berduri tajam, dan daunnya bergerigi dibagian samping

Arti mawar merah merupakan lambang cinta sejati. Hal ini juga muncul sepanjang sejarah dan lintas budaya baik sebagai simbol politik maupun agama.

  • Mawar Putih

Mawar putih biasanya sering digunakan pada acara pernikahan atau acara sejenis. Ciri-ciri bunga mawar putih adalah:

- Bunganya berwarna putih dengan aroma yang sangat harum

- Batangnya berduri, tetapi halus serta licin

Arti mawar putih mewakili lambing persatuan, kebajikan, dan kemurnian dari sebuah cinta. Mawar putih juga dikaitkan dengan kehormatan dan saling menghormati, simbol atas cinta yang tidak terpisahkan.

Nah, jika kamu sedang berseteru dengan seseorang, kamu bisa  mengirimkan bunga mawar putih sebagi  tanda perdamaian.

  • Mawar Kuning

Mawar kuning memang jarang dijumpai hanya dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu saja. Meskipun begitu mawar kuning juga banyak diminati oleh sebagain orang. Ciri-ciri bunga mawar kuning sebagai berikut:

- Kelopak bunganya berwarna kuning dengan aroma yang yang sangat harum

- Bagian batangnya berduri namaun halus dan licin, sehingga kamu perlu hati-hati.

Tidak semua mawar mengungkapkan tanda cinta atau sebuah asmara, buktinya mawar kuning melambangkan arti persahabatan.

Mawar kunnig mengirim pesan penghargaan dan cinta tanpa mengandung romansa asmara.  Memberi mawar kuning kepada seseorang berarti mawar kuning berarti perasaan suka cita dan kegembiraan atas seorang sahabat.

Lanjutkan Membaca ↓