Sukses

6 Jenis Kura-Kura Peliharaan yang Bisa Kamu Rawat di Rumah

Jenis kura-kura peliharaan ini yang bisa kamu jadikan pilihan.

Liputan6.com, Jakarta Kura-kura adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut ordo Testudinata atau Chelonians ini khas dan mudah dikenali dengan adanya rumah batok atau bony shell yang keras dan kaku.

Kura-kura merupakan salah satu hewan purba yang artinya hewan ini sudah ada sejak jutaan tahun lalu. Diperkirakan kura-kura sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu. Uniknya, kura-kura berevolusi hanya dengan sedikit perubahan. Kura-kura secara tradisional merupakan hewan yang akrab dengan manusia. Mitologi Hindu menyebutkan bahwa bumi ini disangga oleh empat ekor kura-kura.

Namun, saat ini kura-kura merupakan salah satu alternatif peliharaan bagi kamu yang tidak suka hewan berbulu atau yang anti ribet kalau ditinggal sendiri di rumah. Namun, tidak semua jenis kura-kura dapat dipelihara. Berikut Liputan6.com rangkum jenis kura-kura peliharaan yang bisa kamu pelihara di rumah, Selasa (19/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kura-kura Sulcata

Jenis kura-kura peliharaan ini merupakan spesies yang berhabitat di ujung sebelah selatan dari Gurun Sahara, di bagian utara Afrika. Merupakan spesies kura-kura terbesar yang ketiga di dunia dan merupakan spesies yang termasuk dalam Genus Centrochelys. Berat tubuh spesies ini mencapai 105kg sedangkan panjang tubuhnya bisa mencapai 83cm.

Panjang usia dari spesies ini bisa berkisar 50 hingga 150 tahun. Binatang ini hidup pada lingkungan yang berhawa panas dan cara perawatan kura kura Sulcata ini hampir sama dengan perawatan kura kura pada umumnya.

Namun yang membedakan ialah daya tahan kura kura Sulcata ini boleh dibilang lebih kuat dibanding jenis kura kura lain. Harga kura-kura ini mulai dari 1,5 juta rupiah.

3 dari 6 halaman

2. Kura-kura Aldabra

Kura-kura ini berasal dari Pulau Aldabra Atoll di Seycelles. Aldabra termasuk dalam tipe kura-kura terbesar dengan panjang bisa mencapai 1,2 meter dan beratnya bisa mencapai 25 kg. Tubuh para jantan memiliki bobot yang mencapai hampir 100kg lebih berat dibandingkan dengan tubuh betina. Habitat aslinya adalah di semak belukar, rerumputan, dan kayu di hutan bakau.

Jenis kura-kura peliharaan ini memilki ciri-ciri warna gelap dan coraknya tidak mencolok. Kura-kura ini juga memiliki leher yang luar biasa panjang, sehingga cukup baginya untuk meraih dedaunan yang berada di dahan pohon yang lebih tinggi.

Harga jenis kura-kura peliharaan ini cukup mahal, bahkan untuk jenis kura-kura peliharaan Aldabra yang berukuran sekepal tangan saja bisa mencapai 30 juta rupiah.

4 dari 6 halaman

3. Kura-kura Indian Star

Kura kura Indian Star merupakan kura-kura yang berasal dari wilayah India. Jenis kura-kura peliharaan ini sangat cocok bagi para pemula, karena harganya yang murah bila dibanding jenis kura kura lain. Habitat yang sesuai jenis kura-kura peliharaan Indian Star ialah hidup pada daerah berhawa panas, namun tidak boleh lupa untuk senantiasa menyiapkan air minum.

Jangan ketinggalan juga agar menjemur binatang itu paling tidak seminggu 2 kali agar kesehatan kura kura ini selalu prima. Sedangkan, waktu yang terbaik ialah dari jam 8 hingga jam 10 pagi.

Kura kura Indian Star boleh diberikan pakan seperti bunga kembang sepatu, daun kembang sepatu, fumak, selada, okra, dan sesekali bolehlah diberikan buah. Harga satu kura-kura ini bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

5 dari 6 halaman

4. Kura-kura Brazil

Kura-kura Brazil merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer. Jenis kura-kura peliharaan ini memiliki ukuran yang relatif kecil serta kemampuannya untuk hidup di akuarium membuat hewan ini menjadi pilihan banyak pencinta binatang. Jenis kura-kura peliharaan ini diketahui mampu hidup hingga usia 20 tahun dengan panjang tubuh mencapai 30 cm.

Makanan yang umum diberikan adalah sayuran, cacing, serangga, serta buah-buahan. Bentuknya yang unik membuat banyak orang di indonesia terpincut oleh kecantikan kura-kura ini, terhitung kura-kura brazil menjadi kura-kura peliharaan terbanyak yang di miliki orang-orang di Indonesia. Tidak hanya itu jenis kura-kura ini juga memilki harga yang murah berkisar 100 ribu hingga 1 juta rupiah.

6 dari 6 halaman

5. Kura-kura Elongated

Jenis kura-kura ini merupakan spesies kura-kura darat yang ditemukan di Asia Tenggara. Namun, kura-kura ini termasuk hewan yang susah untuk menyesuaikan diri dengan kondisi baru.

Hal ini kemungkinan karena spesies yang diimpor ini datang dari hutan yang habitatnya terinfeksi parasite sehingga sedikit mendapatkan peminat meskipun diimpor secara besar-besaran di Indonesia.

 

6. Kura-kura Sokake

Jenis kura-kura peliharaan in dikenal dengan nama Sokake di Madagaskar. Spesies ini dianggap kebanyakan orang sebagai satu-satunya spesies yang terindah di antara spesies-spesies kura-kura darat lainnya. Spesies ini merupakan jenis kura-kura yang terkenal eksotik.

Panjang kura-kura dari spesies ini dapat mencapai 41cm dengan berat 16kg. Sang jantan dapat dikenali dengan ekornya yang lebih panjang dari pada betina.

Karena keindahannya, populasi spesies ini semakin menipis. Diduga, 45000 spesies ini dibunuh setiap tahunnya sebagai makanan. Selain itu, keindahan spesies ini membuatnya sering diperdagangkan secara illegal. Karena itu spesies ini kini menjadi spesies yang dilindungi di dunia. Jadi jangan coba-coba untuk memperjual belikannya ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.