Sukses

Komitmen Pertamina Tingkatkan Keterampilan Lulusan SMA-SMK di Tuban

Agar mempunyai bekal untuk terjun ke dunia kerja, sebanyak 111 lulusan SMA dan SMK di Tuban mengikuti pelatihan dari Pertamina.

Liputan6.com, Tuban - Demi meningkatkan keterampilan para lulusan SMA dan SMK, PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban memberikan pelatihan kepada ratusan putra daerah dari lima desa di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Agar mempunyai bekal untuk terjun ke dunia kerja, sebanyak 111 lulusan SMA dan SMK di Tuban mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan tahap pertama ini dilaksanakan pada 15 – 16 Maret 2019. Pelatihan itu dibuka langsung oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda, didampingi VP Project HSSE MP2, Sahadi, dan Project Coordinator GRR Tuban, Kadek Ambhara Jaya, Jumat (15/3/2019).

Project Coordinator GRR Tuban, Kadek Ambhara Jaya menyatakan pelatihan ini juga sebagai salah satu penyiapan sumber daya manusia (SDM) para putra daerah Tuban, sejalan dengan rencana Pertamina membangun kilang baru di Tuban.

“Pelatihan difokuskan bagi masyarakat di sekitar lokasi yang akan dibangun kilang dan akan dilatih dalam tiga bidang khusus yang relevan. Bidang pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan," kata Kadek.

111 peserta pelatihan tersebut, terdiri dari pelatihan safetyman (pengawas keselamatan) berjumlah 31 orang. Peserta pelatihan security (tenaga pengamanan) sejumlah 10 orang, dan peserta pelatihan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) dasar sebanyak 70 orang.

Diharapkan pelatihan keahlian yang didapat dapat menjadi bekal berharga bagi para lulusan SMA dan SMK, sehingga mereka menjadi calon tenaga kerja yang siap pakai.

“Dengan pelatihan ini, diharapkan masyarakat lebih terampil serta dapat terserap menjadi calon tenaga kerja yang siap untuk mendukung proyek Kilang Tuban, sehingga manfaat proyek tersebut tidak hanya dirasakan secara nasional, tetapi bisa memberi dampak positif langsung kepada masyarakat lokal,” lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Bupati Tuban

Dalam sambutannya, Bupati Tuban menyampaikan bahwa pembangunan kilang di Tuban merupakan investasi yang dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Tuban, khususnya masyarakat sekitar kilang. Hal ini dapat dibuktikan dengan serapan tenaga kerja yang cukup banyak.

Bupati berharap Pertamina selaku pemilik kilang agar dapat memberikan pelatihan kepada SDM lokal untuk meningkatkan kemampuannya sehingga menjadi kompeten dalam bidangnya. Bupati juga memberikan apresiasi kepada Pertamina karena telah menunjukkan komitmen kepada masyarakat sekitar.

Kilang minyak yang akan dibangun di Tuban merupakan salah satu program strategis nasional. Sebab, kilang tersebut diharapkan bakal menjadi penopang pemenuhan kebutuhan energi, khususnya BBM di Indonesia. Pembangunan kilang ini nanti bisa mengurangi impor BBM. Sehingga akan mengurangi ketergantungan pada negara lain untuk menjaga ketahanan energi nasional. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini