Sukses

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel dengan Teknik Sederhana

Bahkan kalau hasilnya memuaskan, bisa kamu jadikan peluang bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat hanya dari barang-barang yang sedehana dan mudah didapatkan. Kerajinan tangan yang berbahan dasar sederhana, nyatanya banyak yang justru memiliki nilai jual yang tinggi. Kerajinan tangan yang kerap jadi favorit banyak orang adalah dompet, tas mapun sandal.

Salah satu yang memiliki daya tarik tinggi adalah kerajinan tas. Jenis kerajinan tas juga cukup banyak. Kamu bisa banyak menemukan kerajinan tas di berbagai toko atau pasar. Jika kamu gemar mengoleksi kerajinan tas atau bahkan ingin membuatnya, kamu bisa membuat tas dari bahan sederhana seperti kain flanel.

Kain flanel

Bagi yang belum mengetahui, kain flanel adalah salah satu jenis kain dengan material yang dapat digunakan untuk membuat beberapa bentuk kerajinan tangan. Memiliki tekstur yang lembut tapi kaku membuatnya banyak digemari orang untuk dijadikan bahan dasar tas.

Tak hanya bertekstur lembut, kain flanel memiliki banyak pilihan varian warna yang menarik dan cerah. Sangat mudah menemukan kain flanel di toko kain, toko jahit atau di toko besar lainnya. Banyak usaha pengerajin besar yang memanfaatkan kelebihan kain flanel ini.

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat tas dari kain ini, berikut Liputan6.com, Senin (18/3/2019) akan memaparkan cara membuat tas dari kain flanel yang bisa kamu tiru. Cara dan bahannya pun mudah kamu dapatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membuat tas dari kain flanel sederhana

Sebelum menyimak cara membuat tas dari kain flanel, ada baiknya jika kamu mengetahui lebih dulu alat dan bahan yang akan digunakan. Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

- Tentukan warna tas yang ingin kamu buat sehingga aku tahu warna kain flanel apa yang akan kamu gunakan.

- Gunting

- Kertas karton

- Siapkan pensil, pulpen atau spidol

- Benang

- Jarum jahit biasa

- Jarum pentul

- Pita

- Penggaris

- Tali kur atau tali lainnya

- Lem

Kini, kamu bisa simak cara membuat tas dari kain flanel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buat pola tas yang kamu inginkan. Tentukan lebar dan tingginya menggunakan pensil dan penggaris pada kertas karton. Mislkan kamu ingin membuat tas dengan ukuran tinggi tas 17 cm, lebar 14 cm dan tinggi penutup tas 8 cm pada bagian belakangnya.

2. Potong kain flanel berdasarkan pola sketsa yang telah kamu buat sebelumnya. Proses pemotongan ini disarankan kamu berhati-hati agar ukuran kain flanel pas. Gunakan gunting yang tajam agar kain flanel bisa terpotong dengan baik dan tidak rusak karena serabutnya yang tidak terpotong dengan baik.

3. Buat tali untuk tasnya. Kamu bisa memotong tali untuk tas sesuai dengan keinginanmu. Ukurlah panjang tali jika kamu ingin membuatnya tali selempang. Potong dengan cara vertikal. Kamu bisa manfaatkan kain flanel untuk talinya atau menggunakan jenis tali lainnya.

4. Cara membuat tas dari kain flanel selanjutnya dalah proses menjahit. Kamu perlu ketelitian untuk menjahit kain flanel. Kamu bisa gunkan teknik jahit melingkar agar tas terlihat rapi. Kamu bisa mngulanginya agar jahitan rapid an kuat.

5. Lalu jahit sisi cover tas. Untuk menutupi bekas jahitan sebelumnya, kamu bisa gunakan kain flanel dengan warna yang berbeda. Tak jarang fungsi cover ini memberikan detail keindahan pada tas flanel.

6. Lapisi bagian bawah tas dengan kertas karton agar mampu menahan beban berat.

7. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lucu untuk mempercantik tas kain flanel buatanmu.

3 dari 3 halaman

Cara membuat tas dari kain flanel dengan teknik anyam

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

- Dua buah kain flanel berwarna berbeda

- Gunting

- Benang dan jarum jahit

- Kancing pengait

- Spidol

- Lem

- Busa

Cara membuat tas dari kain flanel dengan teknik menganyam sebagai berikut:

1. Ukurlah kain flanel yang akan kamu gunakan untuk membuat tas, lalu gunting.

2. Kemudian buat pola garis selebar 3 cm pada kain flanel. Sebelumnya lebih baik untuk kamu mengukurnya dengan penggaris agar lurus dan rapi.

3. Setelah itu, gunting kain flanel warna lain secara memanjang untuk bahan anyaman.

4. Lalu buat pola anyaman sesuai dengan kreasimu menggunakan kain flanel pertama dan kain flanel yang telah dipotong memanjang.

5. Setelah tersusun anyaman, beri lem pada sekeliling polanya agar tidak berubah posisi dan terekat kuat.

6. Setelah itu, lipat kain flanel anyaman tersebut. Sisipkan busa supaya tas terlihat terbentuk dan kuat. Beri lem agar busa menempel pada kain flanel. Lalu rapikan pinggir-pinggir kain flanel yang tidak diperlukan dengan cara dipotong.

7. Lalu, siapkan tali yang kemudian disisipkan pada bagian dalam untuk menjadi pegangan tas. Beri lem agar merekat kuat pada ujung-ujung tas.

8. Tempelkan kancing pengait agar tas dapat dibuka dan ditutup.

9. Selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini