Sukses

Jenis-Jenis Keyboard Komputer yang Jarang Diketahui, Ternyata Unik Banget

Ternyata banyak jenis keyboard yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum hadirnya komputer, teknologi pengolah kata pertama kali adalah mesin ketik sekaligus merupakan cikal bakal dari komputer modern.

Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104 tombol. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik.

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai peran yang sangat penting. Keyboard merupakan alat input yang terdapat pada komputer yang berguna untuk memasukan perintah, atau intruksi.

Bentuk dari keyboard sendiri yaitu berupa papan tombol, yang di dalamnya itu terdiri dari tombol huruf, angka, symbol, dan karakter-karakter khusus. Tapi taukah kamu bahwa jenis keyboard tidak hanya QWERTY. Beriku jenis-jenis keyboard komputer yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Keyboard Komputer yang Jarang Diketahui

1. Keyboard Maltron

Jenis-jenis keyboard ini unik dibandingkan dengan yang lain karena bentuk fisiknya. Umumnya keyboard-keyboard lain memiliki permukaan dan bidang yang datar. Namun hal itu berbeda dengan keyboard ini, sebab Maltron dibuat dengan bidang agak cekung ke dalam. Mekanis tersebut dinilai akan mempercepat penggunanya saat melakukan pengetikan.

Pembuat Maltron menilai bahwa pada dasarnya saat orang mengetik di keyboard umum dengan istilahnya 10 jari, namun tetap saja kebanyakan menggunakan 8 jari. Selain itu mengetik di keyboard biasa, jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal inilah yang dinilai akan menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries).

Sedangkan jika pengguna menggunakan maltron maka justru keyboard-nya yang akan menyesuaikan dengan tangan. Bentuk seperti ini, pihak pembuat Maltron menjamin kenyamanan jari tangan saat menggetik sehingga tidak akan menyebabkan RSI. Bahkan keyboard ini juga diklaim lebih meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah benar-benar 10 jari bukan 8 jari.

2. Keyboard KLOCKENBERG

Jenis-jenis keyboard KLOCKENBERG muncul setelah QWERTY dan DVORAK, yang mana dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada. Uniknya jenis-jenis keyboard ini terpisah menjadi dua bagian, yakni bagian kiri dan kanan. Kedua bagian terpisah dengan sudut 15 derajat serta dibuat dengan miring ke bawah.

Bahkan KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman saat dioperasikan. Tata letak ini dianggap lebih mengurangi beban otot pada jari-jari dan pergelangan tangan, sekaligus mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.

Namun sayang, karena keyboard ini terpisah menjadi dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Maka kekurangannya adalah relatif memakan lebih banyak ruang.

3. Keyboard DVORAK

Jenis-jenis keyboard DVORAK pertama kali muncul di sekitaran tahun 1932an. Keyboard ini disusun dengan mekanis agar tangan kanan memegang beban lebih banyak dibandingkan tangan kiri. Berbeda dengan QWERTY yang membebankan tangan kiri lebih banyak ketimbang tangan kanan.

Selain itu, tata letak DVORAK juga dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row. Tentu saja ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Artinya jenis-jenis keyboard ini lebih argonomik.

Menurut uji coba yang dilakukan beberapa kali menunjukkan bahwa tata letak DVORAK lebih efisien 10 sampai 15 persen dibanding dengan QWERTY.

4. Keyboard Alphabetik

Sebelum terciptanya keyboard QWERTY dan DVORAK, mesin ketik dulu menggunakan susunan Alphabetik yakni ABCDE dan seterusnya. Namun karena suatu alasan, akhirnya diubah menjadi QWERTY.

Keyboard Alphabetik tidak digunakan lagi untuk tujuan teknologi, namun masih bisa ditemukan pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajarkan mengenal huruf alphabet.

5. Keyboard Numeric

Selain huruf, ada juga keyboard nomor yang diciptakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah besar. Dan untuk tujuan itu, pengguna lebih suka menggunakan keyboard numeric yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau mudah dengan tangan

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Keyboard Menurut Bentuknya

6. Keyboard Serial

Jenis-jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. Fungsi dari keyboard serial ini biasa digunakan atau dipakai oleh komputer-komputer yang berjenis AT. DIN 5 Male ini adalah port pada keyboard serial yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.

Untuk port pada keyboard ini cukup berbeda dari port keyboard yang lainnya, dari jenis ukurannya yang cukup besar hingga bentuk kabel yang lebih tebal. 5 Jarum ini nantinya sebagai detektor keyboard aktif, jika salah satu mengalami kerusakan, maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.

7. Keyboard PS/2

Jenis-jenis keyboard ini sama halnya dengan keyboard serial, namun penggunaannya dipakai untuk komputer yang berjenis ATX. Jenis-jenis keyboard inilah yang kebanyakan dipakai dan digunakan.

Dalam proses pemasangan pada keyboard ini haruslah secara cermat, sebab port yang dimiliki sangatlah mirip dengan portnya mouse. Sehingga butuh ketelitian untuk menyambungkan port keyboard ini agar dapat tehubung dengan baik.

Jenis-jenis keyboard PS/2 ini menggunakan plug DIN mini yang berisi 6 jarum sebagai konektor, masing-masing jarum konektor ini memiliki tugasnya masing-masing. Sehingga saling terkait antara jarum satu dengan jarum lainnya.

8. Keyboard Wireless

Jenis-jenis keyboard ini tidak menggunakan kabel untuk berhubung seperti biasanya sesuai dengan nama dari keyboard ini. Jenis koneksi yang digunakan oleh keyboard ini adalah bentuk infrared, Wifi, dan bluetooth. Untuk menghubungkannya dengan komputer, dibutuhkan sebuah unit pemancar dan penerima.

Unit pemancar itu sendiri biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya di pasang pada port USB atau serial pada SPU. Keyboard ini bisa dipakai oleh semua jenis komputer dan laptop. Kebanyakan pula, keyboard wireless menjadi salah satu keyboard favorit yang di gunakan karena tidak susah-susah memakai kabel.

9. Keyboard USB

Jenis-jenis keyboard ini banyak pula digunakan oleh semua komputer atau laptop, karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simpel. Jenis konektor yang digunakan adalah mempergunakan jenis konektor USB, yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat.

Di sinilah fungsi port digunakan untuk menyambungkan port USB pada keyboard dengan komputer atau laptop. Keyboard USB saat ini lebih banyak digunakan karena port usb yang lebih mudah bila dibandingkan dengan port dengan jarum-jarum. Selain rentan akan kerusakan keyboard ini memiliki kabel yang lebih tipis bila dibandingkan dengan versi keyboard sebelumnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini