Apa Kata Netizen di Debat Cawapres Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno?

Oleh Yulia Lisnawati pada 17 Mar 2019, 21:54 WIB
Live streaming debat cawapres 2019. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Debat Pilpres 2019 memasuki putaran ketiga. Kali ini, debat yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/3/2019), hanya menampilkan para calon wakil presiden (cawapres), Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Debat yang dipandu Putri Ayuningtyas bersama Alfito Deannova akan membahas beberapa topik penting, di antaranya soal Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan.

Debat Cawapres 2019 akan dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga selesai, serta terdiri dari enam segmen. Segmen pertama adalah pemaparan visi-misi masing-masing cawapres, sementara segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis.

Selanjutnya, segmen keempat dan kelima yang menjadi ajang antar kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.

Penasaran seperti apa respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai debat cawapres ini? Berikut pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, Minggu (17/3/2019).

RUANGAN MENTERI AGAMA DISEGEL KPK
2 of 7

Visi dan Misi

Peluk Hangat Jokowi - Prabowo Akhiri Debat Perdana Pilpres 2019
Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kedua paslon wakil presiden telah menyiapkan visi dan misi yang akan ditawarkan ke publik di Pilpres 2019. Ada pun visi Jokowi-Ma'ruf yakni "Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong."

Upaya dalam mewujudkan visi Jokowi-Ma'ruf ditempuh melalui 9 misi, penjabaran visi dan misi ini tertuang pada berkas visi misi Jokowi-Ma'ruf yang terdiri dari 38 halaman. Pada tiap misinya terdapat program-program yang ditawarkan Jokowi-Ma'ruf.

Sementara itu, visi dari pasangan Prabowo-Sandi adalah "Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat dalam bingkai persatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945." Pada bagian misi, Prabowo-Sandi menetapkan 5 poin.

Berikut respons netizen mengenai visi-misi kedua paslon wakil presiden pada Debat Pilpres 2019:

"#DebatCawapres2019Visi misi keduanya mantep. Intinya membawa indonesia yang hebat," tulis akun @WahyuAwe19.

"Penyampaian visi-misi Pak @KHMarufAmin_ luar biasa, memberi suasana fresh dengan petuah-petuah agama. Optimis Indonesia Maju 01.#WapreskuKyai #DebatCawapres2019," kata akun @NikenSabila_.

"Yuk jangan lupa nonton debat #DebatCawapres2019 #DebatKetigaPilpres2019. Mengusung tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya, terobosan apa yang bakal dibawa keduanya? #WapreskuKyai #CurhatPilpres2019," sahut akun @balzzle.

"Debat Cawapres 2019 kali ini dengan tema pendidikan,kesehatan,ketenagakerjaan,sosial dan budayaSemoga nanti dibahas mengenai pendidikan mental buat orang-orang yang selalu bilang ashiyaaap #CurhatPilpres2019," tulis akun @jendelakapal.

Sementara akun @Bagong91546166, "Kalau jujur pada sesi visi dan misi sandi lebih rinci, detil fan fokus pada permasalahan."

"Part awal dr kedua cawapres bisa kita liat/denger Pemaparan visi misi yg bener2 berkualitas utk membangun kesejahteraan rakyat. Pak @sandiuno poin MAKSIMAL @KHMarufAmin_ masih janjikan kartu #DebatCawapres2019," kata akun @FixRidi.

"Visi misi bentuk karakter SDM bukan dimanjakan dengan kartu kartu yang Basiii," sahut akun @rbinyoo_.

Akun @BatteYane menuliskan, "Ini adalah visi-misi pak Kyai bahwa kita sebagai Anak-anak Indonesia jangan takut untuk bermimpi, untuk bercita-cita. Negara telah hadir dan akan terus hadir membantu kita #WapreskuKyai."

"Pemaparan visi misi bang sandi lebih mudah dipahami, karena berdasarkan fakta di lapangan apa yang menjadi keluhan masyarkat.#LebihBaikYangMudaDariPadaYangTua," komentar akun @FauzanA26247353.

Akun @DubesDenmark menuliskan komentar, "Senang diundang utk menghadiri debat #Cawapres2019 malam ini dan mempelajari lebih lanjut tentang misi dan visi tim 1 & 2 sehubungan dgn kesehatan, pendidikan, budaya dan masalah penting lainnya. Debat publik adalah bagian yg sangat penting dari #demokrasi yg berfungsi dgn baik."

"Visi-misi yang solutif, konstruktif dan terukur," komentar akun @antookesip.

 

 

3 of 7

Segmen Kedua

Debat Capres Cawapres 2019
Debat Cawapres 2019 antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Pada segmen kedua, kedua cawapres menjawab pertanyaan dari panelis. Cawapres Sandiaga Uno mendapat kesempatan pertama diikuti Ma'ruf Amin. Berikut respons netizen.

Pertanyaan soal Pendidikan:

“Wapresku pintar: memperbanyak perpustakaan & taman bacaan masyarakat serta insentif buku bagi industri Pendidikan 62,” tulis akun @FibrinisaA.

“Kenapa gak ada yg berani bilang anggaran pendidikan dan kesahatn dinaikan menjadi 50%,” komentar akun @oemarbobo.

“Sebagai komisaris Utama PT.DGI, Sandi mengetahui korupsi pembangunan gedung Pendidikan Ilmu Pelayaran Surabaya GK,” kata akun @ZeldaHastuti

“Wapresku Kyai: memberikan peningkatan fasilitas & kualitas pendidikan keagamaan di madrasah & ponpes,” momentary akun @RahmiSilvia5.

“Pendidikan itu tugasnya untuk "mencerdaskan kehidupan bangsa", bukan untuk ‘memenuhi kebutuhan usaha’,” tulis akun @AlifImamDzaki.

Sementara akun @aditya_lasbor, berkomentar, “Cuma emang bung sandi lbh ahli dalam penyampaian dan selalu ada linkback ke kampanye.”

Pertanyaan soal Kesehatan:

“Kesehatan yang bersifat prefentif dan promotif, bukan cuma kuratif,” tulis akun @mihvan25.

Sementara akun @anggikkk_k, “Saya juga akan meningkatkan kualitas kesehatan" Halah opo entut mbell -ibuku sebagai bidan.” 

“Sesi kedua, kesehatan dan pendidikan. Menurut pandangan saya disini 02 pak sandi lebih menjanjikan. Sepeti dengan olahraga 22 menit sehari dan susu di tk dan SD. Pak kyai, masih sebelumnya hanya mengobati. Padahal mencegah lebih baik daripada mengobati #DebatCawapres2019,” komentar akun @fajrulazmi.

Akun @sigitprisan menuliskan, “Menjadi milenial yang peduli kesehatan, bukan cuma modal kekinian.”

“Ttg kesehatan, 2 Calon masih ngandelin anggaran sebagai solusi. Jujur, malah nunjukin dangkalnya pemahaman masalah lapangan. Anggaran emg perlu, tapi perhatian  yg diperlukan bukan hanya dalam bentuk duit,” momentar akun @novanxyz.

Akun @yuuk_laah berkomentar, "Debat kali ini menyangkut pendidika, budaya, ketenagakerjaan, dan kesehatan. Siapapun presiden dan wakilnya, Semoga BPJS bisa menangani orang-orang yg memiliki penyakit hati Sekalian itu rumah uya hapus #CurhatPilpres2019."

 

 

4 of 7

Segmen Ketiga

Debat Capres Cawapres 2019
Cawapres Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Di segmen ketiga kedua cawapres akan menjawab pertanyaan dari tim panelis dengan tema Ketenagakerjaan dan Sosial Budaya. Berikut respon netizen.

Pertanyaan terkait tema Ketenagakerjaan:

"aktuaris aja ambilnya dari hongkong. katanya mau bikin lapangan kerja buat orang indonesia di masa depan? kalo gitu kenapa ga pake aktuaris dari indo aja pak? ini mau bikin lapangan kerja sebenernya buat orang indo atau orang luar negeri sih pak @sandiuno #DebatCawapres2019" kata akun @gdszutter.

‏ "Kubu 02 akan tingkatkan Kursus : 1. kepintaran, 2. kecakapan dan 3. kebugaran. agar tenaga kerja kita dapat bersaing. #DebatCawapres2019" komentar akun @kiosmaya.

Sementara akun @m_abi_h menulis "Kyai Maruf: Revitalisasi pendidikan (SMK, Politeknik, akademi2) dan kerjasama DUDI supaya ada relevansi link&match. Mengembangkan latihan&kursus melalui BLK &BUMN. Dilakukan sertifikasi tenaga kerja &upaya meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang berdaya saing #DebatCawapres2019."

"#3 Ketenagakerjaan Ma'ruf: Revitalisasi pendidikan, kerjasama dgn industri utk relevansi. Pengadaan kursus2. Perlindungan dgn tenaga kerja.Sandi: Sumber daya manusia Indo pintar2 dan rajin2 (REALLY?). Rumah siap kerja di setiap desa. #DebatCawapres2019," tulis @jojonael.

"kaget saya. infrastruktur langit. hahaha #DebatCawapres2019," komentar @Great_Heldi.

"Yang dibutuhkan pengangguran tuh bukan belas kasih, tapi peluang. Bener banget pak @sandiuno #DebatCawapres2019 #SandiMenangDebat," kata @febiannisa221.

"Tema ketenagakerjaan : kenapa gak ada yang ngebahas masa depan tenaga outsorcing sih, pak... Tolong hapus sistem outsorcing #DebatCawapres2019," komentar akun @Halim02_ID. 

"Rumah Siap Kerja? Pengangguran juga di rumah siap kerja tapi kapan dipanggil interview #Debatcawapres2019," kata @roningrum. 

Pertanyaan terkait tema Sosial-Budaya:

"Sandi: The first 1 min was better for Grammy/Oscar winning speech.Ekonomi berbasis kebudayaan(?). Ma'ruf: Konservasi budaya dan gobalisasi budaya. Menyiapkan dana abadi kebudayaan (lalu ini diapakan?). Membangun gedung kebudayaan spt Opera Sidney #DebatCawapres2019," komentar @jojonael.

"No, I've been to many art and culture fgds, BUDGET AND INFRASTRUCTURE ARE the recurring problems. Don't you dare saying that it's not a priority #DebatCawapres2019 #DebatKetigaPilpres2019," tulis @angryseokj.

"cawapres salah semua soal budaya. yang dibutuhkan budayawan dan sosiawan itu dasar hukum nya biar kalo manggung ngecrew ataupun yang lain gk dibayar rokok atau nasi berkat #DebatCawapres2019," kata akun @LingkarSudut.

"#sandi: culture must be a catalyst.for #indonesian future. Talk about #tolerance as Indonesia's legacy. Create a strong govt to promote culture not just infrastructure. Needs a balance bw the two #DebatCawapres2019," komentar @aarifian1.

Akun @m_abi_h menulis "Sandi: Keberpihakan yang tegas pada kebudayaan. Menyeimbangkan pembangunan manusia (budaya) dan infrastruktur. #DebatCawapres2019."

"Soal budaya, gimana nih tanggapan para cawapres soal orang2 yg nganggap budaya itu adalah hal yang musyrik atau nggak sesuai dengan agama? #DebatCawapres2019" kata akun @nikenari.

"Sandiaga Uno: Membangun budaya bukan hanya tentang anggaran dan infrastruktur. Jangan semuanya jadi beban pemerintah.#DebatCawapres2019," tulis akun PartaiSocmed.

5 of 7

Segmen Keempat

Debat Capres Cawapres 2019
Debat Cawapres 2019 antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Di segmen ini kedua cawapres akan saling melempar pertanyaan terkait tema Kesehatan, Pendidikan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Budaya. Berikut respon netizen.

"Masa iya tenaga kerja asing di Indonesia jumlahnya paling kecil di seluruh dunia? Sebesar 0,01% #seriustanya #DebatCawapres2019," kata akun @LeeAntula.

"kata pak MA ada1000 start up hmmm saya kok gak pernah tau ya.apa saya yg kurang gaul #DebatCawapres2019," komentar @DavidKu13630659.

"Jumlah tenaga asing kita terkendali, di bawah 0.01% dan sesuai dengan peraturan yg ada, WHAAAAAATS!!!! jelaskan pada saya heeey~#DebatCawapres2019," tulis @dkarinassnt.

"These populist anti-foreign workers statements are making me feel some type of way 😕😕 #DebatCawapres2019," komentar @theagathacelia.

"KMA: climate for business. Improving digital business, in four years we developed 1000 start-ups, compared to Iran which needed 10 years. Until 2024, we estimated we could grow 3500 startups to open employment. We will keep reducing unemployment #DebatCawapres2019," tulis @YohanesSulaiman.

"Can you imagine 3500 startups by 2024? Indonesia Maju #DebatCawapres2019, kata akun @FlojayainLondon.

"01 terlalu tergantung dengan data. Masalahnya tidak semua data-data tersebut, tingkat keakuratannya sesuai dengan fakta di lapangan #DebatCawapres2019," komentar @SantaiStoriez.

"Strategi dalam penyediaan tenaga kerja bahwa tenaga kerja asing Indonesia dibawah 0.01%. Memberikan lapangan kerja dengan iklim kerja yg kondusif. Dengan adanya infrastruktur langit Palapa Ring telah tumbuh usaha start up, adanya 1000 start up Indonesia. #DebatCawapres2019," ujar @OfficialRepnas.

 

 

6 of 7

Segmen Kelima

debat cawapres 2019
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Sandiaga Uno, moderator debat serta Ketua KPU Arief Budiman menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Segmen kelima merupakan segmen di mana kedua kandidat dapat saling mengajukan pertanyaan bebas, serta menjawabnya namun tetap mengacu pada tema. Berikut respons netizen.

"Anak Indonesia mau dipaksa minum susu? 65% of East Asians are lactose intolerant. My mother and my boyfriend included," ucap @Gustika.

"Kalau besok Sandiaga Uno mau bagi-bagi sepeda, kuisnya disuruh sebutin nama-nama orang yang dia temui?

- Ananda Salsabila- Bu Lies

Ada yang bisa menambahkan?," cuit @Adiito.

"Jadi optimis denger jawaban-jawaban pak Yai yang di luar perkiraan dan lebih mengenal medan tempur. Makin #OptimisIndonesiaMaju," ujar @adimasnuel.

"Bagaimana instrumen pengawasan dana pendidikan pusat yang ditransfer ke daerah?

*Kami akan meningkatkan kualitas guru....

Jreeeeng...," cuit @ndorokakung.

"Pak Sandi : Kita akan menghapuskan sistem UN

Kenapa ga dari dulu sih biar gada alesan putus "aku mau fokus UN dulu, maaf ya".

#DebatCawapres2019 #DebatSelo," cuit @witwicky22.

"Jadi mikir kalau Ujian Nasional ditiadakan kang jualan kunci jawaban jadi pengangguran :( wkwk

#DebatCawapres2019," ujar @nanaputrianto.

"Si moderator yang cowok nyuruhnya tepuk tangan mulu. Doyan amat #DebatCawapres2019," cuit @haypus.

"UN akan diganti dengan sistem battle royal #DebatCawapres2019," cuit @tomchoppah.

"Do you people still not understand that (cow) milk is the world's greatest lie and a construct built by (American) consumerism. It ain't gonna stunt your growth now but it sure as hell will destroy your bones faster (later).#DebatCawapres2019," tukas @ninamii.

"Andaikan saja tema debat kali ini tentang Perhubungan, mungkin ada penjelasan mengapa hubungan kita bisa kandas ditengah jalan tanpa alasan:(," cuit @witwicky22.

7 of 7

Segmen Keenam

Debat Cawapres 2019
Debat Cawapres 2019 antara Ma'ruf Amin dengan Sandiaga Uno. (Liputan6.com)

Pada segmen keenam, tiap kandidat capres menyampaikan pernyataan penutup mereka. Bagaimana respons netizen terhadap keseluruhan debat? Ini dia.

"Debat cawapres kali ini temanya pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya

Semoga nanti dibahas soal budaya bilang "aku tidur yaa"padahal masih online dan sebenernya gak mau chatting sma kamu

#CurhatPilpres2019," cuit @nonfina_.

"Ingin memihak kubu Paslon yang bisa mengembalikan dia pada pelukan ku ," cuit @takbisadicari.

"di debat cawapres kali ini salah satu hal yang dibahas adalah tentang budaya. kira2 budaya dekat jalan bareng,pegangan tangan,elus2 rambut tapi gak jadian. Tersangka harus dipidana kasian korban sakit hati terus ngalay di medsos sbg pertimbangan dibahas gak," cuit @sanovita98.

"Pak Sandi ngeluarin dompet gue udh merendah duluan, telak jauh soal isi. Ktp sama, fotonya sama2 jelek gue rasa seluruh rakyat jg gt #CurhatPilpres2019 #DebatCawapres2019," tukas @nicholajulian.

"Kirain pas ngeluarin dompet mau bagi-bagi atm pak #CurhatPilpres2019," cuit @anakwartegasli.

"pak sandi ganteng , pak amin tegas . Type cowo kalian ganteng apa tegas ? kalo akusi mau punya cowo yang bisa di tepatin janjinya #DebatCawapres2019," cuit @AFanny9.

"setelah nonton #DebatCawapres2019 ini saya semakin yakin bahwa sebentar lagi menuju hari Senin. mantap," tukas @falenzaman.

"Alright, all jokes aside, no matter who you choose to believe, just remember that we're one big nation who'll achieve much greater things if we united. #DebatCawapres2019," cuit @AintSaints.

"#DebatCawapres2019 sudah selesai, penonton yg budiman dipersilakan untuk mandi," @fittri_err.

"Gak suka sama debatnya tapi gw tonton juga sampai habis. #DebatCawapres2019 ," cuit @frankyfebryan.

Lanjutkan Membaca ↓