Sukses

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum, Mudah Bisa Online

Bisa kamu lacak via online dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kegiatan sehari-hari Anda pasti sudah tak asing dengan istilah Pos. Pos merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengirimkan informasi atau objek. Biasanya di mana dokumen tertulis dikirimkan dengan amplop tertutup sedangkan barang atau objek dikirimkan berupa paket. Pengiriman mampu menjangkau seluruh wilayah di dunia.

Indonesia sendiri memiliki Pos Indonesia sebagai penyedia jasa Pos. Pos Indonesia merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang khusus bergerak pada layanan Pos. Pos Indonesia berdiri 26 Agustus 1746 yang berarti saat ini usianya sudah mencapai 272 tahun, lho.

Meski bisnis pengiriman surat sempat meredup pada awal 2000-an karena invasi pesan singkat dan email. Pos Indonesia masih tetap bertahan dengan inovasi pada layanannya. Salah satu layanan yang masih menjadi favorit masyarakat adalah pengiriman dokumen dan paket. Selain tarifnya yang cukup terjangkau dibanding dengan jasa kurir lain, jasa yang ditawarkan Pos Indonesia sudah terpercaya puluhan tahun lamanya.

Dengan teknologi yang semakin berkembang, Pos Indonesia juga semakin meningkatkan layanannya. Hal ini juga termasuk saat konsumen ingin mengetahui cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum.

Tak perlu repot harus mendatangi kantor Pos untuk mengecek status pengiriman Pos. saat ini konsumen sudah dapat menggunakan cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum secara online.

Berikut cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Minggu (17/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum: Ketahui Nomor Pengiriman

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum adalah memiliki nomor barcode/pengiriman. Setelah melakukan pengiriman dokumen atau paket di kantor Pos, Anda akan mendapatkan bukti pengiriman berupa kertas yang berisi informasi detail pengiriman atau yang biasa disebut bukti resi.

Bukti resi ini merupakan bukti resmi yang menandakan bahwa Anda telah melakukan pengiriman. Pada bagian kanan atas terdapan nomor barcode atau biasanya juga tertulis nomor kiriman.

Nomor barcode/kiriman ini berupa kombinasi angka yang dapat digunakan untuk mengecek kiriman Pos. catat atau simpan nomor barcode tersebut untuk mengecek kiriman Pos.

 

3 dari 5 halaman

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum: buka laman Pos

Seteleh mendapatkan nomor barcode/kiriman buka laman resmi Pos Indonesia Posindonesia.co.id. pada bagian kiri atas akan terdapat panel lacak kiriman.

Disitu Anda akan diminta untuk mengisi nomor barcode/kiriman yang Anda miliki dan kode keamanan yang sudah tersedia. Kemudian klik cari kiriman.

Setelah itu Anda akan mendapatkan informasi mengenai status kiriman paket atau dokumen yang Anda kirim.

 

4 dari 5 halaman

Arti Status Pengiriman Pos

Setelah mengetahui cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, Anda akan menemui status pengiriman saat melakukan pelacakan. Status pengiriman pada pelacakan paket berguna untuk memberi informasi pengeceknya mengenai keberadaan paket. Ada beberapa status pengiriman Pos yang sering ditemui diantaranya adalah

1. Posting loket

Artinya kiriman sudah diterima di loket dan akan segera diproses pada pengiriman ke tempat tujuan.

2. Manifest terima

Kiriman sudah di terima pada suatu bagian dari Kantor Pos yang bertugas menyalurkan Kiriman Pos untuk di lanjukan ke Proses selanjutnya.

3. Manifest serah

Kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor Pos tujuan.

4. Proses antar

Kiriman sedang dibawa kurir untuk diteruskan pada penerima

5. Selesai antar

Paket telah serahkan kuri pada penerima, dan pengiriman telah sukses.

6. Gagal Antar

Artinya kiriman gagal diantar pada hari tersebut dan akan dikirim keesokan harinya. Gagal antar dapat terjadi jika kurir tidak dapat menemukan alamat tujuan, penerima tidak ada di tempat, atau terdapat masalah di perjalanan.

7. Antar ulang

Antar ulang berarti kiriman yang gagal diantar akan diantar kembali keesokan harinya.

5 dari 5 halaman

Kelebihan Menggunakan Pos Indonesia

Sebenarnya banyak jasa kurir atau ekspedisi yang beroperasi di Indonesia. Jasa pengiriman memang masih banyak diminati karena memudahkan masyarakat untuk berkirim paket. Apa lagi didukung dengan aktivitas jual beli online yang semakin menjamur.

Terlepas dari banyaknya jasa ekspedisi di Indonesia, Pos Indonesia rupanya tak mau kalah saing. Pos Indonesia menawarkan kelebihan pada layanan-layanannya. Berikut kelebihan yang dimiliki Pos Indonesia:

1. Terpercaya sejak dulu

Pos Indonesia telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1746. Melihat sepak terjang Pos Indonesia yang sudah lebih dari 200 tahun, membuat banyak orang tak meragukan lagi pelayanan dari Pos Indonesia.

2. Standar harga pengiriman yang jelas

PT Pos Indonesia memiliki standar harga pengiriman yang jelas untuk setiap daerah. Masyarakat dapat melihat langsung tarif pengiriman Pos sesuai daerah tujuan di laman Pos Indonesia. Tarif pengiriman juga disesuaikan dengan jarak dan jenis layanan yang dipilih.

3. Cepat dan aman

Pengiriman oleh Pos Indonesia dilakukan setiap hari dari ke seluruh wilayah di Tanah Air. Hal ini tentu membuat proses pengiriman menjadi lebih cepat.

Selain itu salah satu layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia untuk menjamin keamanan barang kiriman adalah dengan menyediakan fasilitas cek kiriman secara online.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini