Sukses

4 Jenis Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah dan Manfaatnya

Jenis tanaman obat ini perawatannya cukup mudah.

Liputan6.com, Jakarta Apakah rumahmu mempunyai halaman yang cukup luas? Daripada hanya dibiarkan kosong begitu saja, kamu bisa menanam tanaman obat. Selain membuat halamanmu terisi, tanaman obat tentunya sangat berguna untuk mengatasi masalah kesehatan secara tradisional.

Tanaman obat keluarga atau yang biasa dikenal dengan Toga pada dasarnya adalah upaya untuk mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri oleh individu dalam keluarga, kelompok atau masyarakat.

Tanaman obat ini biasanya diramu dan disajikan sebagai obat guna penyembuhan penyakit. Sebagai negara dengan keragaman jenis tanaman, Indonesia memiliki banyak jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan. Namun, dalam artikel ini hanya menuliskan beberapa jenis tanaman obat yang bisa kamu tanam dan kamu rasakan manfaatnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (16/3/2019) berikut Liputan6.com ulas jenis tanaman obat yang bisa kamu tanam di halaman rumahmu.

Toga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur atau rempah. Jangan kamu fikir tanaman obat tidak memiliki unsur keindahan ya, beberapa jenis tanaman obat juga bisa kok untuk mempercantik halaman rumahmu. Jadi, selain halaman rumahmu menjadi lebih cantik, juga bermanfaat. Nah, berikut jenis tanaman obat yang bisa kamu tanam di pekarangan rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rosemary

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman kecil yang bernama Rosemary. Tanaman satu ini, ternyata merupakan salah satu jenis tanaman obat loh. Mungkin beberapa diantara kamu hanya mengetahui bahwa Rosemary adalah bumbu pelengkap untuk mengolah daging.

Selain menjadi bumbu masakan,Rosemary adalah sebuah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman Rosemary berbentuk seperti semak pinus. Batang dari tanaman yang satu ini bisa dibilang panjang, namun daunnya pendek-pendek dan berbentuk seperti jarum. Tanaman ini jika kamu tanam di rumahmu, juga akan membuat halamanmu semakin cantik.

Manfaat tanaman Rosemary adalah untuk mengurangi gejala flu, mengatasi sakit kepala, masalah pencernaan seperti kembung, sembelit dan mual. sering sekali digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan.

Jika kamu sering mengalami ketidakteraturan dalam menstruasi, kamu bisa juga menggunakan Rosemary untuk melancarkannya. Dengan begitu, siklus menstruasi kamu akan segera teratur.

Selain itu Rosemary juga efektif untuk menyembuhkan luka dengan cepat, mengobati eksim dengan efektif, menstabilkan tekanan darah dan meredakan penyakit rematik. Waduh banyak sekali bukan manfaat Rosemary?

Cara mengolah Rosemary mudah saja, cukup dengan merebus daun Rosemary dan hidangkan menjadi teh. Kamu bisa menambahkan madu. Dengan menanamnya di halaman rumahmu, kamu akan segera merasakan manfaatnya.

3 dari 5 halaman

Adam Hawa

Mungkin diantara kamu jarang mendengar tanaman ini, tetapi tanaman ini sebenarnya sering ada di lingkungan sekitar kamu loh. Jenis tanaman obat Adam Hawa biasa dikenal dengan nama nanas kerang. Tanaman ini memiliki daun yang tumbuh berpusar di permukaan tanah, bahkan mirip tanaman nanas, hanya saja yang ini tidak berbuah.

Berdaun ungu dan hijau, tanaman ini juga terlihat menarik jika kamu tanam di halaman rumahmu. Manfaat dari salah satu jenis tanaman obat ini ialah mampu menyembuhkan rematik, pendarahan, penyakit bronkhitis, batuk darah, disentri, sembelit, anemia, luka-luka, dan bengkak.

Cara membuat ramuan tanaman Adam Hawa untuk luka luar dengan menumbuk daun adam hawa hingga halus. Kemudian, oleskan pada bagian tubuh yang terdapat luka memar. Sifat antiinflamasi yang terdapat di dalamnya mampu mempercepat penyembuhan luka memar.

4 dari 5 halaman

Daun Cincau

Siapa sih yang tidak kenal minuman es cincau yang sering segar? Bahan dari es cincau tentunya daun cincau sendiri. Daun cincau ini banyak sekali khasiatnya diantaranya dapat mengobati beberapa penyakit seperti obat panas, demam, panas dalam, sakit perut atau mual, dan saluran pencernaan.

Salah satu jenis tanaman obat ini tumbuh secara merambat, sehingga jika kamu tidak mempunyai halaman yang cukup luas, kamu bisa memanfaatkan tanaman ini untuk merambat di tembok atau pagar rumahmu. Asalkan lingkungannya cukup air dan ada penopang berupa tumbuhan lain untuk merambat, daun cincau ini bisa langsung tumbuh.

Cara mengolah daun cincau untuk mereadakn panas adalah dengan merebusnya, setelah matang lalu diremas-remas sampai airnya mengental dan warnanya menjadi hijau. Air remasan daun cincau tersebut lalu disaring.

Air cincau yang sudah disaring tadi sebaiknya segera diminumkan karena jika terlalu lama dibiarkan maka air cincau akan makin kental sehingga agak susah untuk ditelan. Kamu juga bisa juga menambahkan madu.

5 dari 5 halaman

Lidah buaya

Jenis tanaman obat yang memiliki beragam khasiat selanjutnya adalah lidah buaya. Yups, boleh dibilang kalau lidah buaya sebagai tanaman sejuta manfaat karena banyak sekali khasiat dari tanaman ini.

Tanaman obat yang satu ini sering kamu temui di halaman rumah. Tidak membutuhkan tempat yang luas, tanaman lidah buaya menjadi tanaman favorit banyak orang.

Tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan rambut, kamu cukup mengoleskan lidah buaya ini ke rambut untuk mendapatkan rambut yang lebat. Selain itu lidah buaya juga bisa untuk mengobati jerawat, diabetes, sembelit, radang tenggorokan dan beberapa penyakit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.