8 Jenis Sablon Kaos yang Tahan Lama, Cocok Untuk Ekspresikan Diri

Oleh Loudia Mahartika pada 15 Mar 2019, 16:20 WIB
Jenis Sablon

Liputan6.com, Jakarta Bisnis fashion kini sudah mulai menjamur di berbagai kalangan. Fashion dianggap sebagai bisnis yang menguntungkan. Tak heran jika banyak masyarakat yang mencoba membuka bisnis ini, dari anak remaja hingga orang dewasa. Di sekeliling masyarakat kamu tentu sering menemui bisnis percetakan kaos sablon.

Sablon kaos adalah salah satu usaha yang banyak digemari masyarakat. Peminat akan kaos sablon memang tak pernah surut sehingga membuat kesempatan usaha penjual kaos.

Kaos sablon hingga kini masih banyak digemari oleh masyarakat luas. Kaos sablon dianggap memiliki desain yang unik, bahkan pelanggan bisa menggunakan desainnya sendiri untuk kaosnya.

Kaos sablon memberikan ciri khas pada orang yang memakainya. Hal itu karena seolah memberikan kesan untuk menunjukkan ekspresi dirinya dari kaos yang digunakan.

Kaos sablon banyak ditemui di gerai-gerai distro atau tempat usaha jasa sablon kaos. Untuk mendapatkan kualitas kaos sablon yang baik, penting untuk mengenali jenis sablon yang akan digunakan. Ada beberapa jenis sablon kaos yang dianggap memiliki kualitas yang baik.

2 of 3

Jenis Sablon yang Baik

Kamu yang ingin mencoba membuat kaos sablon, perlu tahu jenis sablon apa yang baik agar bisa digunakan tahan lama. Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut jenis sablon yang perlu kamu ketahui, Jumat (15/3/2019).

1. Jenis Sablon Rubber

Masyarakat lebih sering menyebutnya sablon karet. Jenis sablon ini memiliki tingkat melekat yang sangat baik pada kaos. Sablon rubber mampu menutup serat kain dan memiliki tekstur sablon yang elastis.

Jenis sablon ini sering digunakan pada kaos yang berwarna gelap. Karena merekat kuat, sablon rubber awet walaupun sering disetrika dan harganya pun cukup murah.

2. Jenis Sablon Plastisol

Jenis sablon ini dibanderol cukup mahal karena memiliki daya rekat yang sangat kuat. Selain itu sablon plastisol dapat membentuk dot atau raster dengan ukuran yang kecil sekali pun.

Butuh suhu minimal 160 derajat celcius untuk bisa mengeringkan jenis sablon ini. Jenis sablon ini bahkan telah menjadi standar internasional.

3. Jenis Sablon Flocking

Nama lain dari sablon flocking adalah sablon beludru. Sablon ini terasa halus seperti beludru.

Hal ini membuat hasil dari sablon flocking memiliki kesan mewah dan timbul. Jenis sablon flocking sering digunakan untuk menyablon kaos seragam sepak bola.

4. Jenis Sablon DTG

Jenis sablon ini menggunakan teknik yang mirip seperti mencetak kertas menggunakan printer. Sablon DTG (direct to garment) merupakan penyablonan yang tidak membutuhkan media cetak untuk desainnya.

Menggunakan jenis sablon ini, kamu bisa mendapatkan berbagai warna gradasi sehingga tidak satu warna saja. Prosesnya pun tidak memakan waktu yang lama.

3 of 3

Jenis Sablon yang Baik

5. Jenis sablon Glow in the Dark

Sesuai dengan namanya, kamu tentu tahu jenis sablon ini. Jenis sablon glow in the dark akan menghasilkan cetakan desain yang mampu menyala dalam keadaan gelap.

Sablon ini tak hanya mengandalkan mesin pencetaknya saja, tetapi juga bergantung pada kain kaosnya. Tinta yang digunakan berisi campuran dari mineral fosfor sehingga mampu menyala dalam kegelapan. Jenis sablon ini awet dan bagus.

6. Jenis Sablon Foil

Teknik pencetakkan jenis sablon ini menggunakan lapisan yang berasal dari kertas logam. Menggunakan kertas logam ini akan menghasilkan cetakan sablon terlihat mengkilat dan tampak elegan. Sablon foil termasuk jenis sablon yang awet, tahan lama dan hasilnya pun jernih.

7. Jenis Sablon Glitter

Jenis sablon yang bisa menampilkan kesan mewah dan eksklusif lainnya adalah jenis sablon glitter. Hasil desainnya yang berkilauan menjadi daya tariknya sehingga banyak digemari. Jenis sablon ini bagus digunakan pada kaos yang berbahan dasar gelap atau bahan lainnya.

8. Jenis Sablon 3D

Yang baru muncul dari jenis sablon lainnya adalah jenis sablon 3D. Memiliki hasil cetakan yang seolah hidup karena sablon ini dapat dilihat dari 3 sudut pandang yang berbeda. Namun tak semua gambar atau desain bisa digunakan untuk jenis sablon 3D.

Demikian beberapa jenis sablon yang baik dan memiliki hasil cetakan yang unik serta awet digunakan. Bagi kamu yang gemar membeli kaos sablon, ada baiknya perhatikan jenis sablon yang digunakan agar dapat digunakan tahan lama.

Kamu juga perlu perhatikan jenis kaosnya agar saat dipakai tetap merasakan nyaman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Bagi yang sudah memiliki keinginan untuk mencetak kaos dengan sablon, kamu bisa memilih sendiri jenis sablon untuk kaosmu.

Lanjutkan Membaca ↓