Cara Merawat Kucing Persia dengan Benar, Simak Langkah-Langkahnya

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 15 Mar 2019, 11:05 WIB
Cara Merawat Kucing Persia

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering di jadikan hewan peliharaan di rumah. Sifatnya yang penurut dan tenang menjadi sebuah nilai lebih atau menjadi ketertarikan tersendiri bagi seseorang yang memelihara kucing.

Hingga saat ini, kucing memiliki banyak sekali jenis yang di mana hampir setiap negara memiliki kucing rasnya sendiri-sendiri. Salah satu jenis yang memang seringkali dipelihara di rumah adalah jenis ras persia. Jenis kucing Persia ini memang bisa dikatakan sangat populer di dunia, kucing Persia memiliki kelebihan yaitu penurut dan tidak terlalu agresif atau banyak bergerak.

Semua orang setuju bahwa memelihara kucing tidaklah mudah. Walaupun hanya kucing peliharaan, namun kita sebagai pemilik jangan cuma hanya sekedar memberi makan saja. Kucing juga harus diberikan perawatan yang terbaik, seperti memberikan makanan yang sesuai dan bergizi, hingga memperhatikan kebersihannya. Dan itu semua juga membutuh biaya yang tidak sedikit.

Berikut cara merawat kucing Persia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019)

Berbagi Air Lewat Aplikasi Secara Gratis
2 of 3

Cara merawat kucing Persia

1. Gunakan mangkuk makan yang rendah

Menggunakan mangkuk yang rendah akan lebih baik dalam memberi makan kucing Persia. Kucing Persia yang memiliki wajah yang datar dan hidung yang pendek akan lebih menyukai mangkuk yang datar dengan pinggiran yang sangat rendah, atau tanpa pinggiran sama sekali. Cara merawat kucing persia adalah hindari pemakaian bahan plastik untuk mangkuk makan kucing Persia, karena dapat menjadi tempat tumbuh bakteri.

2. Gunakan pellet kayu sebagai alas

Cara merawat kucing Persia adalah hindari menggunakan bahan yang dapat menempel pada kaki atau bulu kucing. Kucing Persia memiliki bulu yang panjang dan cantik, karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihannya. Pellet kayu dapat menjadi pilihan terbaik untuk alas kandang kucing Persia, karena bahan ini tidak menggumpal dan tidak menempel pada kucing.

3. Biasakan menyikat bulu kucing Persia sejak kecil

Cara merawat kucing persia adalah biasakan untuk menyikat bulu kucing Persia sejak usia dini. Dengan begitu, kucing Persia akan lebih dapat menyesuaikan diri dan terbiasa dengan aktivitas ini. Jika tidak dilakukan sejak dini, dikhawatirkan kucing Persia tidak menyukai saat kamu menyikat bulunya, karena tidak terbiasa dengan hal ini. Akibatnya, kamu akan mengalami kesulitan dalam merawat bulunnya.

4. Gunakan sikat bulu berbahan logam

Cara merawat kucing persia adalah menyikat bulu kucing Persia secara teratur setiap hari penting untuk dilakukan, agar bulu kucing Persia tetap terlihat cantik dan tidak kusut. Jenis sikat terbaik untuk kucing Persia adalah yang berbahan logam dengan ujung meruncing. Gigi sikat yang tidak terlalu rapat akan membantu merapikan bulu yang kusut. Sediakan beberapa sikat untuk digunakan secara bergantian.

3 of 3

Kebersihan dan kesehatan kucing juga harus rutin dikontrol

5. Jaga kebersihan hidung kucing

Hidung kucing Persia yang lebih pendek dapat lebih mudah untuk menjadi tersumbat karena kotoran. Hal ini dapat menyebabkan kucing sulit bernafas, dan dapat memicu infeksi saluran pernafasan.

Cara merawat kucing persia adalah pastikan untuk membersihkan hidung kucing Persia secara teratur. Kamu dapat menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan hidung kucing.

6. Vaksinasi kucing Persia secara teratur

Kucing Persia lebih rentan terhadap infeksi saluran pernafasan jika dibandingkan kucing jenis lain. Hal ini disebabkan kucing Pesia tidak memiliki lapisan filter ekstra pada hidung untuk menyaring bakteri.

Untuk menjaga kucing Persia dari infeksi saluran pernafasan, lakukan vaksinasi atau imunisasi di dokter hewan secara teratur. Vaksinasi ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kucing Persia terhadap flu kucing.

7. Bersihkan mata kucing Persia secara teratur

Cara merawat kucing persia adalah bersihkan mata kucing Persia setidaknya sehari sekali secara teratur. Mata kucing Persia dapat memproduksi air mata yang berlebihan. Air mata yang tidak dibersihkan dapat merusak bulu pada wajah dan dapat menimbulkan iritasi. Bersihkan mata kucing Persia dengan kain atau tissue, dengan cara menyeka air mata yang berlebihan pada mata kucing.

8. Memandikan kucing persia

Cara merawat kucing persia selanjutnya adalah dengan memandikan kucing. Kamu diwajibkan memandikan kucing ketika terlihat kotor saja, terutama bagi kucing persian yang memiliki warna dasar putih. Apalagi kamu melepas kucing bermain di taman yang banyak tanah kotor, sudah pasti dia akan berguling-guling yang membuat badan dia kotor. Untuk memandikannya bisa dengan menggunakan jasa pet shop yang biasanya bisa memandikan sekaligus perawatan yang lengkap.

Kamu bisa juga dengan memandikannya sendiri, namun untuk memandikannya kamu harus mulai dari penggunaan air yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Penggunaan shampo yang tepat sampai cara memotong kuku kucing yang tepat juga harus diperhatikan agar kucing kembali cantik ketika sudah di mandikan. Jarak waktu untuk memandikannya pun bisa 1 minggu sekali, 2 minggu sekali bahkan 1 bulan sekali tergantung kondisi dari kucingnya.

Lanjutkan Membaca ↓