8 Jenis Warna Ini Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuhmu

Oleh Nisa Mutia Sari pada 15 Mar 2019, 09:20 WIB
Jenis Warna

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka ternyata warna memiliki peran yang besar dalam cara kita untuk memandang dunia. Dengan adanya warna, kita dapat mengkomunikasikan pesan atau ide secara tidak langsung.

Ya, seperti pada penggunaan warna biru yang digunakan pada sebuah perusahaan bank. Bukan tanpa alasan perusahaan tersebut memilih warna biru. Warna branding biru tersebut melambangkan kepercayaan.

Pada psikologi warna sendiri, paduan warna memiliki potensi untuk membuat orang merasakan emosi. Misalnya pada warna merah, sering diartikan mewakili cinta, energi, dan gairah. Berbagai macam nuansa merah juga dapat menyampaikan emosi tertentu. Misalnya saja pada warna merah terang membawa arti berbeda dari merah tua.

Di dunia ini terdapat aneka jenis warna yang semuanya memiliki artinya masing-masing. Ada beberapa jenis warna yang umum, baik warna primer, warna sekunder, maupun warna netral seperti hitam dan putih.

Untuk mengetahui jenis warna lebih jauh serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh, berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber membahas hal terkait, Jumat (15/3/2019).

2 of 5

Jenis Warna

Jenis Warna
Jenis Warna (sumber: istockphoto)

Ada tiga jenis warna dalam pengklasifikasian, antara lain adalah warna primer, sekunder, dan tersier.

Pada warna primer sendiri terdapat warna merah, kuning, dan biru. Warna sekunder ada warna hijau, oranye, dan ungu. Sedangkan warna tersier ada kuning-oranye, merah-oranye, merah-ungu, biru-ungu, biru-hijau, dan kuning-hijau. Ya, warna ini adalah 12 warna yang biasanya terdapat pada roda warna.

Warna Primer

Warna primer merupakan warna pokok atau warna dasar. Jenis warna ini merupakan warna dasar yang belum dicampur oleh unsur warna lainnya. Warna primer biasanya adalah warna yang akan dicampurkan nanti sehingga bisa menghasilkan beragam warna yang lainnya.

Yang tergolong dalam warna primer ini seperti warna merah, kuning, dan biru. Warna-warna tersebut merupakan warna dasar yang apabila dicampurkan akan terjadi warna sekunder.

Warna Sekunder

Jenis warna sekunder merupakan hasil campuran antara warna primer yang satu dengan yang lainnya. Biasanya pencampuran warna primer ini akan menghasilkan warna sekunder yang banyak dilupakan oleh orang.

Yang tergolong ke dalam warna sekunder adalah hijau. Merupakan campuran dari warna biru denga kuning. Ada juga warna jingga yang merupakan hasil campuran dari warna merah dengan kuning. Dan warna ungu yang merupakan campuran dari warna merah dan biru.

Warna Tersier

Ya, jenis warna yang terakhir adalah warna tersier. Jenis warna ini adalah warna yang terjadi dari hasil pencampuran salah satu warna primer dengan sekunder.

Beberapa warna yang termasuk ke dalam jenis warna tersier adalah warna coklat. Merupakan campuran warna merah dengan warna ungu. Ada juga warna ungu kebiruan yang merupakan hasil campuran dari warna ungu dengan warna biru. Ada warna hijau kebiruan yang merupakan campuran warna hijau dengan biru, dan begitu seterusnya.

3 of 5

Jenis Warna yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Warna (sumber: istockphoto)
Jenis Warna (sumber: istockphoto)

Selain itu, warna juga mampu memengaruhi suasana hati dan pikiran. Oleh karena itu, ada terapi warna yang diciptakan pada sekitar 2000 SM.

Terapi ini menggunakan beberapa spektrum warna utama untuk menciptakan kesimbangan kesehatan tubuh serta pikiran. Dilansir dari Healthmeup, ada beberapa jenis warna yang ternyata mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kuning

Warnanya yang cerah mampu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. Dengan melihat warna ini, kamu mampu memperkuat pikiran, meningkatkan daya ingat, merangsang tumbuhnya inspirasi, serta menenangkan saraf.

Biru

Di dalam dunia kesehatan, biru berkaitan dengan kesehatan tenggorokan dan memiliki efek yang menenangkan. Warna ini mampu menurunkan demam, mengurangi penyakit yang berhubungan dengan komunikasi, serta menghentikan pendarahan.

4 of 5

Jenis Warna yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Warna (sumber: istockphoto)
Jenis Warna (sumber: istockphoto)

Merah

Warna ini memancarkan kehangatan serta semangat yang menyebabkan produksi hemoglobin dalam tubuhmu berproduksi dengan cepat. Hasilnya akan memberikan suhu tubuh yang meningkat, lebih berenergi, mencegah infeksi, dan menjadi lebih kuat.

Oranye

Merupakan warna yang menyenangkan serta menyimbolkan kebebasan. Oleh karena itu, warna ini mewakili pengurangan emosi negatif, meningkatkan kreativitas, serta mampu meningkatkan kesejahteraan mental.

Hijau

Merupakan warna yang sangat berkaitan alam. Sehingga warna ini dapat memberikan keseimbangan untuk kesehatan. Ya, warna ini mampu memperkuat jantung, paru-paru, dan sistem pernapasan. Kalau kamu melihat warna ini, dapat menenangkan saraf, mencegah kepanikan, serta meningkatkan regulasi sel, dan jaringan.

5 of 5

Jenis Warna yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Warna (sumber: istockphoto)
Jenis Warna (sumber: istockphoto)

Putih

Merupakan warna yang dilambangkan dengan kemurnian serta keutuhan. Warna ini mampu memberikan kamu perasaan yang damai, nyaman, serta bersih.

Indigo

Warna nila disebut juga dengan warna indigo. Jenis warna ini berhubungan dengan kesehatan mata serta telinga. Kalau kamu melihat warna ini bisa menenangkan serta membiusmu di saat yang bersamaan.

Violet

Jenis warna ini sering dikaitkan dengan kesehatan pikiran. Oleh karena itu, warna ini identik dengan meditasi dan ketenangan.

Ya, itu tadi beberapa jenis warna yang ternyata melambangkan kesehatan manusia. Beberapa contoh warna pokok di atas bisa kamu gunakan untuk terapi yang bisa dicoba untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran.

Lanjutkan Membaca ↓