Jangan Pernah Simpan Makanan dan Minuman Ini di Freezer, Kenapa?

Oleh Liputan6.com pada 15 Mar 2019, 10:01 WIB
Diperbarui 17 Mar 2019, 09:13 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan makanan atau minuman tertentu di dalam freezer menjadi hal yang lumrah dilakukan banyak orang. Hal ini tentu saja untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar meski disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Namun nyatanya tak semua makanan dan minuman boleh dimasukkan ke dalam freezer loh. Hal ini lantaran dapat memengaruhi rasa, teksturnya, bahkan kandungan gizinya. Alih-alih tahan lama dan awet, makanan tersebut justur bisa berdampak buruk pada kesehatan kalian.

Lantas apa saja makanan dan minuman yang tak dianjurkan untuk disimpan di freezer?

Telur

Sebaiknya kalian tak menyimpan telur di dalam freezer. Hal ini lantaran menyimpan telur di dalam freezer bukannya memperpanjang masa telur tersebut tapi justru membuatnya rusak. Ini karena dalam suhu yang rendah putih telur akan membeku dan menyebabkan cangkak telur retak. Melalui retakan tersebut bakteri bisa saja masuk ke dalam telur dan dapat mengganggu kesehatan jika kalian tetap mengonsumsinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 of 2

Selanjutnya

Cara Membuat Yoghurt
Ilustrasi Cara Membuat Yoghurt (Sumber: Pixabay)

Yoghurt

Banyak orang yang menyimpan yoghurt dalam freezer untuk menjaga teksturnya. Padahal itu salah besar loh, nyatanya yoghurt akan menjadi keras jika dimasukkan ke dalam freezer. Selain itu rasa yoghurt juga akan berubah serta kandungan air di dalamnya menjadi beku.

Soda

Kalian sangat tak disarankan untuk menyimpan minuman bersoda di dalam freezer. Hal ini lantaran minuman berkarbonasi ini bisa meledak jika dimasukkan ke dalam suhu yang sangat rendah. Jika berada di dalam freezer, senyawa di dalam kaleng akan mengembang dan memberikan tekanan tinggi pada kaleng. Jika kaleng tak bisa menahan tekanan tersebut lalu akan menyebabkan ledakan.

Susu

Tentu hampir semua orang pernah menyimpan susu maupun ASI di dalam freezer akan tetap segar dan tak terkontaminasi bakteri. Nyatanya hal ini salah. Meski tak berdampak berbahaya untuk tubuh, namun saat dimasukkan ke dalam freezer tekstur asli susu akan rusak dan mengurangi rasa creamy-nya. Tak hanya itu saja, lemak susu juga dapat terpisah akibat suhu yang sangat dingin.

Daging Matang

Kalian tentu sering menyimpan daging mentah di dalam freezer, namun jangan pernah melakukannya pada daging matang. Hal ini karena saat daging matang yang kalian simpan di freezer dapat menyebabkan bahan makanan lain yang berada di dalam freezer juga akan rusak. Hal ini disebabkan daging matang telah melalui proses pengolahan dengan berbagai bumbu masak, sehingga rentan terkontaminasi bakteri.

Reporter: Lola Lolita

Sumber: Brilio.net

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by