Sukses

Viral, Tips Hemat Travelling ala Blogger yang Bisa Kamu Ikuti

Tips yang dibagikannya menjadi viral dan telah ditanggapi oleh 6 juta lebih warganet. Wah!

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita yang merasa bahwa Travelling, merupakan aktifitas kesekian yang perlu kita lakukan. Banyak alasan yang muncul dibaliknya, seperti waktu yang harus diluangkan dan juga biaya yang harus dikeluarkan saat travelling. Namun, tips yang sangat menggugah dan sangat ramah dompet ini dikemukakan oleh seorang traveler dunia, fotografer, blogger dan juga seorang influencer, Ciara Johnson.

Ia melepaskan pekerjaannya sebagai HR sebuah perusahaan dan memutuskan untuk traveling keliling dunia. Mengagumkan, bukan? Bukankah ini yang semua orang mimpikan, saat menghadapi kehidupan pekerjaan yang rumit dan padat? Bagaimanakah bisa ia melakukannya? berikut tips yang disampaikannya di blog miliknya, heyciara.com bagaimana cara travelling dengan budget yang murah!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Memilih negara tujuan yang tepat

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Pilihlah tempat tujuan kamu travelling. Ke mana kamu akan pergi? Negara tujuan seperti Amerika Serikat, Eropa Barat dan Australia mengeluarkan lebih banyak uang dibandingkan Amerika Selatan, Asia Tenggara, Eropa Timur dan beberapa bagian Afrika.

Dengan melakukan travelling ke beberapa negara yang lumayan terjangkau ini akan memberimu kenyamanan, waktu yang lebih lama untuk jalan-jalan, dan uangmu bisa kamu simpan untuk liburan selanjutnya. Memilih negara tujuan yang tepat akan membuat perbedaan apakah kamu dapat pergi travelling atau tidak.

Contohnya, kamu bisa travelling ke Thailand selama sebulan dengan berbagai aktifitas; jalan-jalan, makan dan menginap sementara jika kamu travelling ke Amerika, uang yang sama hanya akan kamu habiskan untuk membayar tempat menginapmu selama sebulan. Tentu berbeda bukan?

3 dari 10 halaman

Cari tiket penerbangan yang murah

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Salah satu situs pencarian yang Ciara rekomendasikan pertama adalah Google Flights. Beberapa fitur terbaiknya adalah: Google Flights akan memberimu rekomendasi tempat jika kamu tidak tahu ke mana tujuanmu akan pergi. Pastinya rekomendasi ini disesuaikan dengan budget dan apa yang akan kamu lakukan di sana, apakah hiking, atau pergi ke museum, atau menikmati pantai. Google Flights akan menemukan jawabannya untukmu.

Fitur terbaik keduanya adalah Google Flights akan memberimu harga setiap harinya. Kamu bisa melihat tanggal berapa harga pesawat ke negara tujuanmu sedang murah. Selain Google Flights, Ciara menyarankan jika kamu dapat melihat di beberapa agen pencarian tiket pesawat terbaik lainnya, seperti Agoda, Kayak, Hopper dan Skyscanner.

4 dari 10 halaman

Cari akomodasi yang terjangkau

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Mengapa harus menginap di hotel kalau kamu bisa menyimpan uangmu untuk tinggal di tempat akomodasi lebih murah seperti AirBnB, Hostel, Coach Surfing dan hotel-hotel yang terjangkau yang kamu bisa dapatkan di booking.com.

Beberapa keuntungan akan kamu dapatkan. Seperti AirBnB, kamu akan tinggal di tempat-tempat unik, merasakan kehidupan lokal dan sangat ramah dompet. Hostel juga akan memberimu harga yang murah untuk tempat akomodasi dan ya, jika kamu mau berbagi tempat dengan traveller lainnya.

Coach Surfing juga adalah satu website pencarian akomodasi yang pemiliknya memperbolehkan para traveller untuk menginap di rumah mereka secara cuma-cuma. Penasaran kan? Cek sekarang.

5 dari 10 halaman

Hindari menggunakan taksi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Menggunakan layanan taksi hampir di semua negara merupakan hal yang harus dihindari, jika kamu ingin traveling dengan budget yang murah. Kamu bisa menggunakan transportasi lokal atau uber. Tentunya hal ini dapat menjaga kocekmu agar tidak terlalu berlebihan keluar.

6 dari 10 halaman

Nikmati aktivitas gratis

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

  • Musik jalanan
  • Kunjungan ke pantai
  • Menjelajahi ruas-ruas jalanan
  • Menjelajahi keelokan lokal dan melihat aktifitas kebudayaan warga
  • Menjelajahi penjuru kota dengan sepeda
  • Mendaki gunung lokal yang indah
  • Menikmati udara yang segar dan nyaman
  • Menikmati Happy Hour
7 dari 10 halaman

Nikmati kuliner lokal

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Jelajahilah kuliner makanan-makanan asli negara tujuanmu. Pegilah ke pasar-pasar tradisional dan temukan toko dan tempat-temapt kuliner asli. Bukan hanya menyuguhkan harga yang murah, namun kuliner lokal juga menyajikan rasa yang enak dan bumbu yang asli dari daerahnya.

Pastikan ponsel Anda dalam keadaan Airplane Mode. International Roaming akan sangat mahal. Jadi, lebih baik nyalakanlah mode pesawat pada ponselmu dan manfaatkan fasilitas wifi yang kamu temui di tempat makan atau tempat tinggalmu selama disana. Kamu dapat menggunakan wifi untuk menghubungi orang-orang tersayangmu di kampung halaman dengan menggunakan wifi, secara gratis!

8 dari 10 halaman

Perhatikan semua diskon

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Para agen travel atau situs pencari akomodasi maupun hotel bersaing satu sama lain untuk memikat para pelancong. Salah satunya adalah memberi diskon. Nah, bagi kamu, dipastikan harus jeli dan mengamati setiap diskon yang ditawarkan.

Kamu bisa terus meng-update dari aplikasi atau website mereka, atau bahkan mengikuti sosial media atau men-subscribe e-mail dari layanan mereka. Tentu kamu akan mendapatkan diskon yang menarik. Selamat mencari diskon!

9 dari 10 halaman

Maksimalkan waktu

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Waktu adalah uang, jadi perhatikanlah waktu yang kamu punya. Travelling selama 2-3 hari lebih baik daripada tidak pergi sama sekali. Jangan buang waktumu untuk menjelajah satu tempat wisata. Karena masih banyak tempat di negara tujuanmu yang harus kamu jelajahi.

10 dari 10 halaman

Travelling bersama teman

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ciara (@hey_ciara) on

Travelling sendirian akan membawamu lebih mandiri dan memberikan banyak pelajaran padamu. Namun jika kamu berpergian bersama teman, tentunya tidak kalah seru.

Kamu bisa memiliki teman berbagi cerita, dan pastinya juga berbagi uang! Maksudnya, kamu tidak perlu membayar akomodasi atau satu porsi makanan yang besar hanya untuk kamu sendiri. Kamu dapat membaginya bersama teman-temanmu. Jadi lebih murah, kan?

Temukan tips travelling lainnya di blog milik Ciara, heyciara.com. Selamat mengaplikasikan tips ini dan Selamat berlibur!

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.