Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Akan Melahirkan, Pemilik Kucing Wajib Tahu

Oleh Heri Setiawan pada 14 Mar 2019, 13:55 WIB
Ciri-Ciri Kucing Hamil

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan hewan yang sering dipelihara banyak orang. Selain lucu dan menggemaskan, kucing mempunyai berbagai hal yang sangat unik. Ada banyak fakta kucing yang jarang diketahui oleh banyak orang seperti: untuk berteman dengan kucing asing, mereka akan berkedip dan berpaling ketika kucing lain menangkap matanya.

Serta kucing punya salam sendiri lho, biasanya mereka saling menempelkan hidung antara satu dengan lainnya. Cara ini untuk membantu mereka mendapatkan informasi tentang pengakuan dari kucing lain dan kalau kucing lagi hamil, ia akan semakin manja kepada pemiliknya.

Berbicara tentang kucing hamil, apakah kamu sudah tahu ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan? Ada banyak tingkah dan pola yang dilakukan kucing ketika hamil dan akan melahirkan. Berikut liputan6.com rangkum ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang harus kamu ketahui khusunya untuk pecinta binatang berbulu ini, Kamis (14/3/2019).

2 of 3

Ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan

1. Perut membesar

Ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang pertama adalah perut membesar. Memang, butuh waktu tiga minggu untuk mengetahui kucing positif hamil atau tidak setelah dikawin. Tapi perut kucing akan kelihatan mulai membesar itu saat memasuki usia kehamilan 5 minggu. Selanjutnya, perut akan semakin membesar sampai waktu melahirkan.

Namun hal yang paling banyak mencolok ketika kucing hamil adalah mengalami perubahan bentuk fisik, seperti perut yang buncit dan tidak biasanya. Maka bisa dipastikan dalam kondisi seperti itu induk kucing sedang hamil.

2. Puting kucing menjadi lebih merah muda.

Ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang kedua adalah puting kucing menjadi lebih merah muda. Perubahan selanjutnya adalah penampakan pada puting di bagian perutnya yang agak membesar dan berubah warna menjadi agak kemerahan. Jika kucing kamu sudah mengalami perubahan seperti ini, maka tandanya kucing kamu akan melahirkan 2 atau 3 minggu lagi. Siap-siap aja.

3. Sering muntah-muntah

Ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang ketiga adalah sering muntah-muntah. Sama seperti manusia, kucing yang sedang hamil juga sering mengalami muntah-muntah. Namun, kucing muntah-muntah juga bukan karena hamil, bisa saja kucing kamu lagi sakit. Namun, muntah-muntah untuk kucing yang sedang hamil lebih ke muntah sesekali dan lama.

4. Bulu rontok

Ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang keempat adalah bulu rontok. Jika hal tersebut terjadi maka ada indikasi si kucing ini hamil. Biasanya kucing tersebut akan memiliki bulu yang gampang rontok dan sedikit agak menipis. Kerontokan saat kucing hamil ini disebabkan karena meningkatnya hormon kulit yang menyebabkan kulit mereka berminyak.

Tapi kamu enggak perlu khawatir, ini lebih tanda alami jika kucing hamil dan melahirkan mengalami bulu rontok. Tenang saja, fenomena ini mungkin sekitar 1 atau sampai 2 minggu lamanya terjadi.

3 of 3

Tak hanya perubahan fisik, sikap kucing juga cenderung berubah

5. Manja dan lebih lembut

Ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang kelima adalah manja dan lebih lembut. Kucing yang hamil dan akan melahirkan akan bersifat manja dan lebih lambut. Si kucing akan tiba-tiba datang dan mengelilingi si pemiliknya, minta dielus-elus dan lemah lembut. Namun ada juga kucing hamil dan melahirkan kadang ada dari mereka yang terlihat gelisah dan menyendiri.

6. Nafsu makan meningkat

Ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang keenam adalah nafsu makan meningkat. Kucing yang sedang hamil nafsu makannya akan meningkat. Karena kucing yang sedang hamil butuh energi dan protein yang lebih dibanding kucing biasanya karena saat ini kucing sedang mengandung.

Hampir sama dengan manusia, kucing yang hamil dan akan melahirkan butuh energi yang dikeluarkan lebih banyak dan membuat ibu kucing cenderung nafsu makannya akan meningkat. Makanan yang banyak itu 20%-50%, dikonsumsi dibagi juga ke bayi kecil di dalam perut.

7. Lebih suka tidur dan sibuk cari tempat melahirkan

Ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkan yang ketujuh adalah lebih suka tidur dan banyak bersarang. Kucing yang sedang hamil dan melahirkan cenderung lebih sering untuk tidur, tapi bukan berarti kucing yang sering tidur itu sedang sakit walau mungkin iya tapi diperhatikan ciri-ciri kucing hamil yang lainnya.

Namun, jika sudah hamil tua biasanya kucing hamil dan akan melahirkan dalam waktu dekat, kucingmu akan mulai berjalan kesana kemari mencari tempat yang nyaman dan seperti menyiapkan tempat untuk menetap di situ untuk dia dan bayi-bayinya. Biasanya kucing akan mencari tempat yang sunyi dan membawa barang yang hangat seperti kain.

Lanjutkan Membaca ↓