Jenis Hamster Langka dan Harganya, Bisa Jadi Referensi Hewan Peliharaan

Oleh Yunisda Dwi Saputri pada 14 Mar 2019, 11:40 WIB
Jenis Hamster Langka dan Harganya

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mungkin suka dengan hewan berukuran besar yang bisa dipeluk, seperti kucing dan anjing. Namun, ada juga orang yang lebih memilih hewan-hewan kecil dan menggemaskan seperti hamster. Hewan lucu ini merupakan salah satu hewan pengerat.

Tubuhnya yang imut dengan bulu yang halus dan warna-warni membuat orang-orang gemas dan ingin memeliharanya. Meski bertubuh kecil, tingkah hamster yang lucu seringkali menghibur pemiliknya. Hewan ini termasuk ke dalam kelompok mamalia. Makanan hamster dapat berupa biji-bijian atau sayuran.

Selain lucu, hamster juga dijual dengan harga yang terjangkau dan tidak akan membuat kantong kering. Bahkan, biaya perawatannya pun cocok untuk para pelajar. Anda dapat menaruhnya dalam kandang dengan aksesoris untuk menunjang kelincahan hamster.

Pada dasarnya, hamster bukanlah varietas hewan asli Indonesia. Hewan imut ini kebanyakan berasal dari daerah sub-tropis sebelah utara, terutama sekitar negara Rusia, Mongolia, Cina bagian utara, dan Siria. Namun, banyak hamster yang dijual di Indonesia karena ramai peminat.

Dari sekian banyak jenis hamster yang ada di dunia, terdapat beberapa jenis hamster langka yang sangat jarang ditemukan sehingga harus dilindungi dan dijaga kelestariannya. Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019), berikut adalah hamster langka beserta harganya.

3 Kapal Ikan Vietnam Ditangkap di Natuna
2 of 3

Jenis Hamster Langka dan Harganya

Jenis Hamster Langka dan Harganya
(Sumber: iStockphoto)

1. Hamster Suriah

Jenis hamster langka yang pertama adalah hamster Suriah atau hamster Syrian atau secara global disebut Golden Hamsters. Sekarang ini, hamster Suriah cukup jarang ditemukan karena hampir punah. Hal ini menurut daftar yang diumumkan International Union for Conservation of Nature and Natural Resources.

Warna tubuhnya kebanyakan berwarna cokelat muda keemasan dengan ukurannya yang lebih besar dari hamster pada umumnya. Ukuran tubuh hamster Suriah dewasa biasanya mencapai 17,5 cm. Harganya beragam mulai dari Rp 20 ribu per ekornya.

Jenis Hamster Langka dan Harganya
(Sumber: iStockphoto)

2. Hamster Perut Hitam

Jenis hamster langka yang kedua adalah hamster perut hitam asal Prancis. Jenis ini adalah anakan hamster perut hitam dari Eropa. Karena bukan spesies asli, hamster perut hitam asal Prancis kini hanya tinggal sekitar 800 ekor saja. Harga global hamster jenis ini dilansir sekitar $ 5 atau setara dengan Rp 71 ribu.

 

3. Brandt’s Hamster

Jumlah spesies Brandt’s hamster semakin berkurang di habitat aslinya, yaitu di padang rumput stepa dan pegunungan di Eropa Tenggara serta di Timur Tengah bagian utara. Union for Conservation of Nature and Natural Resources memasukkan jenis hamster ini ke dalam daftar hamster langka di dunia. Alhasil, Brandt’s Hamster tidak diizinkan untuk dijual.

Jenis Hamster Langka dan Harganya
(Sumber: iStockphoto)

4. Hamster Hybrid

Hamster Hybrid adalah hasil perkawinan antara hamster Campbel dan hamster Winter White. Jenis ini bukanlah jenis murni sehingga jumlahnya pun kini terancam. Hal lain yang jadi sebab hamster Hybrid sulit ditemukan adalah karena pertentangan yang menyebutkan bahwa jenis baru ini akan mengurangi keaslian dua hamster kawinannya.

Hamster Hybrid biasanya dibanderol angka Rp 40 ribu hingga Rp 65 ribu. Warna hamster ini kebanyakan berbulu krem pudar bercampur dengan warna abu-abu. Seperti hamster pada umumnya, hamster Hybrid terkenal sangat lindah dan suka bermain dengan manusia.

Jenis Hamster Langka dan Harganya
(Sumber: iStockphoto)

5. Romanian Hamster

Romanian hamster dengan nama Latin Mesocricetus newtoni adalah jenis hamster langka lainnya. Penyebab terus menurunnya jumlah spesies ini adalah karena mulai berkurangnya habitat yang menjadi tempat tinggal hewan imut ini. Romanian hamster juga tidak untuk dijual.

3 of 3

Perawatan Hamster

Jenis Hamster Langka dan Harganya
(Sumber: iStockphoto)

Hamster identik dengan tubuhnya yang mungil. Alhasil, hewan ini tidak terlalu memakan banyak ruang dan mudah untuk dipelihara di rumah. Tempat tinggal yang cocok untuk hamster adalah kandang yang dibuat dengan besi-besi kecil.

Adapun kandang yang ukuran single rata-rata dijual seharga Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Harga tersebut sudah termasuk tempat minum dan makan, serta kincir untuk mainan si hamster. Biaya lainnya adalah untuk beli serbuk kayu Rp 7 ribu.

Untuk urusan makanan, hamster terkenal dengan makanannya berupa biji-bijian. Jenis pakan seperti biji bunga matahari biasanya cukup murah. Namun, jika ingin hamster peliharaan yang lebih sehat dan enerjik, bisa dengan biji campuran yang dijual seharga Rp 50 ribuan per kilo.

Pada usia dua bulan, seekor hamster sudah bisa dikawinkan dan beranak pinak antara empat sampai 12 ekor. Usianya bisa bertahan sekitar satu sampai tiga tahun. Dengan demikian, hewan lucu ini juga bisa dijadikan alternatif usaha untuk menambah penghasilan.

Seperti halnya makhluk hidup pada umumnya, hamster pun perlu olahraga dan hiburan untuk membuatnya tidak tertekan karena terus-menerus hidup di dalam kandang. Salah satu cara merawat hamster adalah dengan meletakkan beberapa benda yang bisa membuatnya berolahraga di dalam kandang.

Misalnya, roda untuk mereka berlarian, terowongan, atau kotak persembunyian. Dengan itu, hamster peliharaan akan terlatih menjadi hewan yang lebih aktif, alih-alih berdiam diri hanya makan dan tidur.

Lanjutkan Membaca ↓