Cara Membuat Bunga dari Plastik, Inspirasi Hiasan Rumah Ramah Lingkungan

Oleh Novita Ayuningtyas pada 13 Mar 2019, 20:58 WIB
Bunga dari plastik

Liputan6.com, Jakarta Sampah limbah plastik kini menjadi masalah yang cukup serius di berbagai negara. Tentu saja karena sampah plastik sendiri tidak bisa terurai dalam waku yang singkat. Butuh berpuluh-puluh tahun untuk menguraikan sampah plastik di alam

Karena permasalah inilah, saat ini banyak warga masyarakat yang mendaur ulang limbah plastik menjadi sebuah kerajinan yang berguna. Namun yang sering dibuat oleh masyarakat terutama kaum ibu-ibu ialah membuat bunga dari bahan dasar plastik. 

Mengembangan kreativitas dan juga lebih peduli untuk menjaga lingkungan mungkin manjadi salah satu manfaat jika kamu mengetahu cara membuat bunga dari plastik. Cara membuat bunga dari plastik ini pun terbilang mudah. Apalagi bahan yang kamu butuhkan pun bisa kamu dapatkan dan tentunya ada dirumah.

Selain itu jika kamu telah mengetahui cara membuat bunga dari plastik, kamu bisa membuat bunga tersebut menjadi hiasan rumah yang pastinya ramah lingkungan. Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat bunga dari plastik, Liputan6.com pun telah merangkumnya dari berbagai sumber yang bisa kamu simak berikut ini, Rabu (13/3/2019).

Berbagi Air Lewat Aplikasi Secara Gratis
2 of 4

Bunga Mawar dari sedotan

Cara membuat bunga dari plastik yang pertama ialah membuat bunga Mawar dari sedotan. Sedotan yang termasuk jenis plastik ini pun menjadi salah satu limbah plastik yang cukup banyak.

Untuk cara membuat bunga dari plastik ini ada beberapa alat dan bahan yang kamu perlu siapkan. Sedotan bekas yang, untuk warna bisa disesuaikan dengan selera. Kemudian kamu juga perlu lem dan juga gunting.

Cara membuat bunga dari plastik satu ini cukup mudah.

- Gunting sedotan veritkal dan potong diagonal. Pertama, kamu hanya perlu untuk menggunting pada ujung sedotan secara vertikal. Kamu hanya perlu untuk mengguntingnya dengan ukuran kurang lebih 4 centimeter.

Setelah kamu mengguntingnya, kamu hanya perlu memotongnya secara diagonal.

- Gulung melingkar. Setelah dipotong, pada bagian bawah sedotan tersebut gulung sedikit demi sedikit hingga rata. 

Kamu hanya perlu untuk menggulungnya melingkari potongan kecil tersebut. Ggulung terus hingga seluruh sedotan tergulung dan membentuk bunga mawar kecil.

- Rekatkan dengan lem. Jika telah terbentuk bunga mawar, pada bagian akhir kamu hanya perlu memberinya lem. Hal ini dilakukan agar bunga mawar yang kamu buat tidak mudah terlepas.

- Pasangkan kelopak bunga. Untuk mempercantik tampilan bunga mawar dari sedotan, kamu bisa menambahkan kelopak pada bunga tersebut. Tentu saja kamu bisa membuatnya dari sedotan dengan warna lainnya.

Kemudian rekatkan kelopak bunga tersebut pada bunga mawar yang telah kamu buat menggunakan lem.

Agar hiasan yang kamu buat semakin menarik, tentu saja kamu bisa membuatnya beberapa kali. Selain itu, bunga mawar dari sedotan ini pun bisa kamu letakkan pada wadah ataupun pot kecil agar nampak lebih menarik.

3 of 4

Bunga Dahlia dari kantong plastik

Cara membuat bunga dari plastik lainnya ialah menggunakan kantong plastik. Beberapa bunga pun bisa loh dibuat menggunakan kantong plastik, salah satunya ialah bunga dahlia.

Alat dan juga bahan yang kamu butuhkan untuk membuat bunga Dahlia dari kantong plastik adalah :

- Kantong plastik bekas berwarna putih, merah serta kuning. Namun kamu juga bisa menggunakan warna lain. Warna ini akan digunakan sebagai kelopak bunga.

- Kantong plastik warna hijau, plastik berwarna hijau akan digunakan untuk tangkai dan pangkal bunga.

- Kawat ukuran sedang untuk tangkai.

- Spidol dan pensil. Spidol dan juga pensil ini nantinya akan digunakan untuk membuat pola.

- Gunting.

-Lilin dan korek api.

-Tang untuk memotong kawat.

4 of 4

Cara membuat bunga dahlia dari kantong plastik

- Cara membuat bunga dari plastik yang perlu kamu lakukan ialah membuat pola menggunakan kertas karton terlebih dahulu. Kamu hanya perlu membuat pola lingkaran dengan diameter kurang lebih 14 cm.

- Potong pola. Kemudian kamu bisa memotong pola di kertas karton tersebut dan letakan pada kantong plastik. Sebelumnya potong bagian atas dan juga bwah kantong plastik. Setelah itu kamu bisa memotong pola lingkaran pada plastik tersebut.

- Bikin mahkota bunga. Setelah itu, kamu ambil salah satu plastik yang telah dipotong menjadi bentuk lingkaran untuk dijadikan mahkota bunga. Lipat plastik lingkaran tersebut menjadi 4 bagian. Kemudian pada pinggiran plastik tersebut, kamu hanya perlu memotongnya untuk membentuk mahkota bunga.

- Panaskan bekas lipatan. Setelah kamu mengguntingnya, kamu bisa membuka lipatan tersebut, maka akan terlihat 8 lekukan untuk mahkota bunga dahlia. Kemudian lipat mahkota tersebut sesuai dengan lipatan sebelumnya hingga membentuk mahkota dan kemudian panaskan dengan lilin sampai terlihat sedikit gumpalan. Lakukan langkah ini hingga seluruh plastik yang akan dijadikan mahkota terbentuk dengan baik.

- Selanjutnya kamu bisa menyiapkan sisa plastik untuk membuat putik bunga. Membuat putik bunga pun sangan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan plastik berbentuk persegi dengan ukuran 7 x 8 cm. Kemudian lipat sesuai dengan lebar yang diinginkan dan gunting sekitar 3 cm pada sisinya.

- Lilitkan pada kawat. Setelah semua tergunting, kamu bisa melilitkan pada kawat yang telah kamu sediakan. Kawat yang kamu butuhkan memiliki panjang sekitar 15 hingga 20 cm. Bila terlalu panjang, kamu bisa memotongnya menggunakan tang.

- Tusuk mahkota bunga pada kawat. Setelah putik bunga di lilitkan, kamu hanya perlu untuk menusukan maskota bunga yang sebelumnya dibuat pada kawat. Kamu bisa memasukan sekitar 15 lembar mahkota pada satu kawat tersebut.

- Kencangan mahkota dengan lilitan plastik. Untuk mengencangkan mahkota-mahkota tersbeut kamu bisa melakukannya dengan cara melilitkan plastik berwarna lain pada kawat hingga pencapai pangkal mahkota.

- Siapkan pot atau wadah. Kamu bisa membuat beberapa tangkai bunga dahlia dari kantong plastik ini, kemudian letakkan pada sebuag pot ataupun wadah. 

Lanjutkan Membaca ↓