Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut untuk Aquarium, Jadi Betah Memandang

Oleh Nisa Mutia Sari pada 13 Mar 2019, 20:26 WIB
Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Tak hanya sebatas hiburan, banyak penelitian yang menyatakan bahwa dengan memelihara hewan dapat memberi banyak keuntungan bagi kesehatan. 

Ikan hias boleh jadi hewan peliharaan yang banyak diminati. Warna dan bentuknya yang lucu membuat pemiliknya betah memandang.

Banyak jenis ikan baik di air tawar maupun di laut bukan untuk dikonsumsi melainkan untuk dipelihara atau memperindah ruang di rumah atau bahkan kantor.

Jenis ikan hias yang berbeda, memiliki cara pemeliharan yang bermacam-macam juga. Ada yang mudah, sulit, ada yang dipelihara di aquarium dan ada juga yang dipelihara di kolam.

Namun kali ini Liputan6.com, Rabu (13/3/2019) akan membahas jenis-jenis ikan hias air tawar dan air laut yang mudah untuk dipelihara khususnya di aquarium.

Buat kamu yang masih bingung mau memilih jenis-jenis ikan hias seperti apa, berikut ini penjelasan yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengisi aquarium di rumah atau kantor.

Berbagi Air Lewat Aplikasi Secara Gratis
2 of 5

Ikan hias wakin dan Peacock Cichlid

Wakin

Ikan hias Wakin ini masih termasuk dalam golongan ikan mas biasa. Dinamakan Wakin oleh orang-orang Jepang karena bentuk fisiknya belum banyak berusah layaknya Karper Krusian yang merupakan cikal bakal ikan Mas Koki.

Kalau Karper Krusian memiliki bentuk yang memanjang dan langsing, berbeda dengan ikan hias Wakin ini. Wakin memiliki bentuk yang agak bundar dan memiliki ekor yang lebih lebar dan panjang.

Ikan hias Wakin ini identik dengan gerakannya yang lincah dan atraktif. Oleh sebab itu, ikan Wakin ini kurang cocok jika dikumpulkan dengan ikan Mas Koki atau ikan hias lainnya yang memiliki gerakan lamban dan tenang.

Peacock Cichlid

Ikan hias memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis-jenis ikan hias air tawar lainnya. Oleh karena itu, ikan hias yang satu ini sangat populer di kalangan para pecinta ikan hias. Peacock Cichlid ini identik dengan warna tubuhnya yang cerah dan cemerlang. Warnanya begitu indah antara kombinasi warna biru, kuning terang, emas, dan oranye menyala.

Selain itu, ikan hias ini juga memiliki garis-garis vertikal berwarna gelap di sekujur tubuhnya. Ikan ini tergolong ramah dan baik dalam bersosial, sehingga bisa dikumpulkan dengan jenis ikan hias lainnya di dalam satu aquarium.

3 of 5

German Blue Ram dan Black Ghost

Ikan Black Ghost
Ikan Black Ghost (Sumber: Ikanikan)

German Blue Ram

Ikan hias German Blue Ram ini adalah bagian dari jenis Cichlids yang berukuran kecil. Memiliki karakteristik yang tenang dan pola warna yang bermacam-macam. Namun pada umumnya, ikan hias ini memiliki warna kuning dan hijau serta terdapat bintik kecil berwarna biru yang menutupu siripnya.

Ikan ini juga memiliki tujuh garis gelap vertikal di tubuhnya, satu garis di kepalanya yang membentang melewati mata, dan pada bagian perut, mata, sirip bagian atas dan bawah hingga ekor terdapat bercak berwarna merah.

Black Ghost

Bagi para pemelihara ikan hias pemula, pasti kamu masih asing dengan jenis-jenis ikan hias yang satu ini. Ya, ikan hias air tawar aquarium ini memiliki tubuh seperti hantu. Bagaimana tidak, tubuhnya yang berwarna hitam ini mirip seperti hantu yang sedang berenang di dalam air.

Ikan hias ini memiliki sifat yang nocturnal, sehingga di siang hari lebih suka bersembunyi dan mulai beraktivitas di malam hari. Hal yang unik dari ikan hias ini adalah memiliki ekor yang kecil.

Ya, ikan ini sering kehilangan ekornya karena selalu bergerak-gerak seperti cacing. Hal inilah yang menyebabkan ekornya sering jadi mangsa ikan lain karena dikira makanan. Namun ekor dari Black Ghost ini bisa tumbuh lagi, kok.

4 of 5

Angelfish dan Blue Tang

ikan Angelfish
Ikan Angelfish (Sumber: Pixabay)

Ikan hias air laut identik dengan warna yang menarik. Oleh karena itu, banyak pecinta ikan hias yang tertarik untuk memeliharanya.

Hal ini juga membuat harga jual ikan air laut tidak murah. Berikut beberapa jenis-jenis ikan hias air laut yang bisa kamu jadikan referensi untuk dipelihara.

Angelfish

Para pecinta ikan hias, pasti sudah tak asing dengan jenis ikan hias ini. Ya, ikan hias ini identik dengan mulutnya yang kecil serta sirip di dadanya yang realtif besar dan berbentuk bulan sabit pada sirip ekornya.

Sedangkan pada sirip punggung dan perutnya berbentuk panjang dan mencuat sehingga menambah kesan dari bentuk ikan ini yang lebar dan pipih seperti layang-layang. Tak heran, bentuknya yang unik menjadikannya sebagai pilihan wajib untuk menghuni aquarium.

Blue Tang

Tak kalah menarik dengan Angelfish, ikan hias Blue Tang ini juga memiliki pola warna yang didominasi dengan warna biru dan ekornya yang berwarna biru keemasan atau kekuningan.

Ikan hias ini sering berada di terumbu karang dan perairan pantai yang berumput. Ikan ini termasuk ke dalam tipe herbivora dan biasa dikenal sebagai ikan pembersih. Ya, ikan ini cocok untuk menghiasi aquarium agar menambah nilai estetika.

5 of 5

Clown Fish dan Coral Beauty Fish

Ikan Clown Fish
Ikan Clown Fish (Sumber: Pixabay)

Clown Fish

Pasti kamu sudah tak asing dengan jenis ikan hias satu ini. Ya, dikenal dengan ikan badut, ikan ini merupakan salah satu penghuni setia aquarium. Karena bentuk tubuh dan warnanya yang unik dan indah. Ikan hias ini tak boleh absen berada di aquariummu, ya.

Coral Beauty Fish

Ikan hias air laut ini cocok banget dipelihara di aquarium sebagai penghias, karena warnanya yang cantik dan mencolok. Merupakan jenis ikan angelfish laut yang memiliki tubuh berwarna biru keunguan.

Ikan hias dengan warna indah ini tentunya akan melengkapi aquarium kamu, ditambah jika aquarium kamu memilki karang yang akan menambah ikan betah tinggal di dalamnya.

Lanjutkan Membaca ↓