Cara Ternak Lele, Mudah dan Dijamin Menghasilkan Lele Berkualitas

Oleh Loudia Mahartika pada 13 Mar 2019, 19:59 WIB
Ilustrasi ikan lele

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi ikan baik bagi kesehatan tubuh. Ikan banyak mengandung gizi seperti omega-3, serat protein, asam amino, zat besi dan yodium. Selain itu ikan juga kaya akan vitamin seperti vitamin A, D, B6 dan B12. 

Salah satu ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah ikan lele. Ikan lele banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Ikan lele memiliki rasa yang gurih dan harganya murah.

Banyak dikonsumsi dan dincar oleh para pembeli, tak jarang banyak masyarakat yang ingin mencoba untuk ternak lele. Jika kamu salah satunya, tentu kamu perlu mengetahui cara ternak lele yang baik agar berhasil.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (13/3/2019) dari berbagai sumber berikut ada cara ternak lele bagi kamu yang ingin mencoba agar berhasil.

3 Kapal Ikan Vietnam Ditangkap di Natuna
2 of 5

Persiapan kolan dan bibit

1.  Mempersiapkan kolam

Cara ternak lele yang pertama adalah kamu perlu menyiapkan kolam. Kolam ikan lele bisa menggunakan kolam tanah, kolam dari terpal ataupun kolam dari semen. Usahakan kolam memiliki ukuran yang cukup agar ikan lele tidak mudah mati akibat kekurangan oksigen.

Kolam yang telah berisi air, perlu kamu tunggu beberapa hari sebelum memasukkan bibit lele. Hal ini karena kamu harus menunggu adanya proses pembentukan lumut pada kolam.

Adanya lumut dan fitoplankton dapat membuat air tidak mudah keruh. Lama menunggu sekitar 3 hingga 7 hari.

2. Memilih bibit unggul ikan lele

Kamu perlu jeli untuk memilih bibit unggul lele. Pilihlah bibit unggul lele karena lele akan tumbuh besar, tak mudah terserang penyakit dan juga gesit. Bibit unggul lele akan lebih bergerak aktif dan agresif saat diberi pakan.

Selain itu bibit unggul lele akan menghasilkan ikan lele yang memiliki warna yang terang serta sehat.

Kamu bisa mencoba dengan bibit ikan lele jenis dumbo. Jenis lele ini mudah dirawat dan mudah didapatkan. Ikan lele jenis dumbo memiliki kualitas daging yang baik dan tahan dari serangan penyakit. Ikan lele dumbo juga dapat berkembang biak dengan jumlah banyak.

3 of 5

Pilih waktu baik dan pisahkan ukuran lele

3. Waktu yang baik menebar bibit unggul ikan lele

Cara ternak lele yang banyak dilakukan kesalahan biasanya dari cara menebar bibit ikan lele. Gunakan ember dan isi bibit lele sebagian. Masukkan ke dalam kolam dan biarkan mereka keluar dengan sendirinya.

Jangan masukkan bibit ikan lele secara bersamaan karena akan membuat ikan lele stres dan bisa mati.

Waktu yang tepat untuk menebar bibit unggul ikan lele saat pagi atau malam hari. Disaat tersebut ikan lele biasanya lebih tenang.

4. Pisahkan ukuran lele

Cara ternak lele agar mendapatkan keuntungan, kamu perlu memisahkan ukuran lele di dalam suatu kolam. Pindahkan ukuran ikan lele yang memiliki tubuh kecil dari lainnya.

Hal ini dapat menghindari ikan lele yang berukuran lebih besar akan menyakiti ikan lele yang berukuran kecil sehingga dapat merugikan kualitasnya. Biasanya kamu bisa lakukan cara ini saat usianya telah 20 hari.

4 of 5

Perhatikan kedalaman kolam, pakan dan waktu panen

Ilustrasi ikan lele (Sumber: Istockphoto)
Ilustrasi ikan lele (Sumber: Istockphoto)

5.  Perhatikan kedalaman kolam dan kualitas air

Ikan lele dapat bertahan hidup di air yang berlumpur yang mengandung banyak lumut. Walaupun tidak jernih, kamu harus tetap perhatikan sumber air kolam tersebut, karena bisa saja air yang tidak jernih tersebut akibat terkena limbah.

Untuk kedalaman kolam ikan lele secara umum sekitar 20 cm. Pada bulan kedua 40 cm dan ketiga 80 cm. kamu juga bisa tambahkan tanaman air pada kolam agar terasa teduh dan tidak panas bagi ikan lele. Selain itu tanaman air juga bisa menyerap racun pada air kolam.

6. Memilih pakan lele yang baik

Cara ternak lele yang paling penting selanjutnya adalah memilih pakan untuk ikan lele. Pilih pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan lele. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan pakan jenis sentrat 781-1.

Beri makan ikan lele pada pagi hari, sore hari dan pada malam hari. Kamu bisa menambahkan jam makan tambahan bagi ikan lele jika diperlukan.

7. Lele dapat dipanen setelah 3 bulan

Setelah 3 bulan dari penyebaran bibit ikan lele, kini ikan lele dapat dipanen. Jika kamu akan menebar bibit ikan lele lagi, usahakan untuk membersihkan kolam yang sudah digunakan sebelumnya.

Pastikan taka da ikan lele yang tertinggal di kolam sebelum menebar bibit ikan lele yang baru.

5 of 5

Kandungan Ikan Lele

Mengonsumsi ikan lele baik untuk kesehatan tubuh. Selain mudah ditemui di pasaran, ikan lele memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi ikan lele. Beberapa manfaat ikan lele sebagai berikut:

- Rendah kalori serta rendah lemak

- Vitamin B12 dan mengandung protein yang lengkap

- Mengandung asam lemak omega-3 yang sehat bagi tubuh.

- Demikian penjelasan tentang cara ternak lele dan sedikit pernjelasan manfaat mengonsumsi ikan lele yang baik bagi kesehatan tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓