5 Jenis Kenari yang Populer di Indonesia, Harganya Ratusan Ribu hingga Belasan Juta

Oleh Heri Setiawan pada 13 Mar 2019, 13:25 WIB
Jenis Kenari

Liputan6.com, Jakarta Burung kenari dikenal dan digemari oleh pecinta burung karena suara kicauannya yang merdu serta keindahan bulunya. Keindahan dan suara merdu itulah yang membuat burung kenari telah menjadi hewan peliharaan sejak berabad lalu. Konon pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout, telah menemukannya pada sekitar abad ke 15, tepatnya di kawasan kepulauan Canary bagian timur laut Afrika.

Burung kenari bukanlah burung yang cocok sebagai teman bermain dan lebih baik mengagumi keindahannya dari jauh, namun hal tersebut tidak mengurangi nilai burung kenari sebagai burung peliharaan yang luar biasa. Namun, burung Kenari merupakan burung yang memiliki suara kicauan yang merdu dan dianugerahi tubuh indah. Karena itu burung kenar selalu dicintai di hati masyarakat Indonesia.

Burung kenari dalam bahasa inggris adalah Canary bird. Warna yang umum dari burung kenari adalah kuning. Namun tidak hanya kuning saja, ada pula warna merah-oranye, putih, merah muda, dan berbagai coklat. Dibandingkan dengan burung-burung kebanyakan, burung kenari merupakan burung dengan ukuran kecil namun bisa hidup hingga 20 tahun.

Ada banyak jenis kenari yang ada di dunia ini dengan bentuk dan warna yang berbeda serta memiliki ciri-ciri yang beragam namun unik-unik. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019) jenis kenari yang banyak dipelihara dan dicari oleh orang Indonesia.

2 of 3

Jenis-Jenis Kenari

Jenis Kenari
Jenis Kenari (sumber: Pexels)

1. Kenari Border

Jenis Kenari yang pertama adalah kenari Border. Kenari ini cenderung memiliki bentuk fisik yang lebih unik dan khas karena memiliki bulu yang terkesan mengembung seperti balon. Burung ini berasal dari Cumberland Fancy tepatnya di perbatasan Border antara Inggris dan Skotlandia dan diberi nama Serinus Canaria Domesticus. Sedangkan di Indonesia burung ini diberi nama Kenari Border.

Warna umum bulu dari jenis Kenari Border ini adalah warna putih, kuning, hijau, cinamon dan masih banyak lagi variasi warnanya. Serta memilki tingkah laku pendiam, lumayan susah dikembangkan, dan pemalu. Di Indonesia jenis Kenari Border ini memiliki harga yang berkisar diantara Rp 700 ribu hingga Rp 2 juta.

2. Kenari Yorkshire

Jenis Kenari yang kedua adalah Kenari Yorkshire. Kenari ini menjadi salah satu burung primadona di Indonesia karena menjadi salah satu burung yang memiliki kicauan bagus dan banyak menarik perhatian. Jenis Kenari ini memiliki postur yang keren dengan selalu berdiri tegak, kakinya panjang , cantic dan memiliki warna cerah.

Harga burung kenari ini merupakan salah satu dari jenis kenari yang memiliki harga cukup mahal di Indonesia. Kabarnya jenis Kenari Yorkshire yang jantan itu harga pasarannya bisa sampai 4,5 juta hingga 10 juta, sedangkan kalau betina harganya sekitar Rp 4,5 juta sampai Rp 6,5 juta.

3. Kenari Spanish Timbrado

Burung kenari timbrado ini berasal dari Spanyol dan merupakan salah satu jenis Kenari yang masih murni dalam artian belum ada darah campuran dari jenis kenari lainya. Burung Kenari ini juga memiliki suara kicauan yang istimewa yang beda dengan jenis kenari lainnya.

Burung ini juga mempunyai kemampuan menyanyikan 12 nada suara yang berbeda menjadikan burung ini sangat terkenal di antara pecinta burung kenari. Burung Spanish timbrado mempunyai beberapa ciri fisik postur tubuh yang terlihat kuat dan dadanya yang tegap serta bulunya cukup lebar dan bentuk ekornya menyerupai huruf. Untuk harganya sendiri berkisar dari Rp 5 juta hingga Rp 15 juta tergantung kualitas suaranya.

3 of 3

Jenis Kenari yang Paling Banyak Dikembangbiakkan

4. Kenari Gloster

Jenis Kenari yang keempat adalah Kenari Gloster. Kenari ini paling banyak dijual dipasar burung dan paling banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Ciri khas dari burung ini adalah bulu badannya berwarna kuning agak kehijauan, warna ekornya putih kehijauan, tubuhnya kecil, buncit, pendek. Hebatnya lagi, jenis Kenari mempunyai suara yang begitu merdu, kualitasnya di atas rata-rata.

Rata-rata harga burung ini dijual sekitar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Namun saat menang perlombaan burung ini bisa berharga sekitar 10 kali lipat dari harga awalnya. Oleh karena itu di Indonesia burung ini sering sekali diikut sertakan dalam ajang perlombaan burung kenari.

5. Kenari Roller

Jenis Kenari yang kelima adalah Kenari Roller. Burung ini memiliki bentuk tubuh yang boleh dibilang biasa-biasa saja, namun saat berkicau burung Kenari Roller ini memiliki ciri khas yakni bagian dagu bawahnya akan terlihat lebih besar dan mengelembung ketika sedang berkicau. Tubuh burung Kenari ini juga tidak mudah sakit, lincah, serta gampang dibudidayakan.

Selain itu nada kicauannya kalau tinggi melengking, sedangkan jika rendah tak kalah merdunya, dan suaranya pun bervariasi sebab Kenari ini termasuk Song Canary. Karakteristik burung ini, yaitu saat berkicau suaranya bisa ngerol, warnanya ada yang hijau dan juga kuning, mempunyai garis pada bagian punggungnya, di bawah dagunya ada gelembung suaranya. Harganya berkisar dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Lanjutkan Membaca ↓