Sukses

Cara Membuat Layang-Layang yang Mudah dengan Barang Bekas

Kamu tidak perlu membeli, cukup membuat layang-layang sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kuambil buluh sebatang, Kupotong sama panjang,Kuraut dan kutimbang dengan benang, Kujadikan layang-layang. 

Masih ingatakah kanu dengan lagu Layang-Layang tersebut? Lagu tersebut mungkin saat ini masih menempel jelas dalam ingatanmu. Karena mungkin kamu adalah salah satu di antara yang gemar bermain layang-layang. 

Apa sekarang kamu rindu bermain layang-layang? Atau ingin mengajarkan permainan layang-layang ini kepada saudaramu?  Sayangnya, saat ini sudah mulai jarang terlihat pedagang yang menjual layang-layang. Kalau begitu, kenapa tidak coba membuat layang-layang sendiri?

Nah, kamu bingung bagaimana cara membuat layang-layang? Tenang saja, pada artikel kali ini akan mengulas tentang cara membuat layang-layang. Jadi, kamu tidak perlu mencari kesana-kemari untuk membeli sebuah layang-layang. 

Cara membuat layang-layang ini cukup mudah kok, bahan yang digunakan pun juga dapat kamu temukan di rumah.

Tidak perlu berlama-lama, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara membuat layang-layang, Selasa (12/3/2019)

Sebelum mengetahui cara membuat layang-layang, terlebih dahulu kamu untuk menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Berikut alat dan bahan yang perlu disiapkan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alat dan Bahan

- Kertas konstruksi

- Benang

- Pembersih pipa / tongkat-tongkat

- Gunting

- Pensil / spidol warna (opsional)

- Selotip (opsional)

- Penggaris

3 dari 6 halaman

Pilih satu lembar kertas dan satukan.

1.  Pilihlah satu lembar kertas besar untuk membentuk badan layang-layang. Tetapi jika terpaksa tidak punya kamu bisa menyatukan empat potong kertas dengan menggunakan selotip, namun kamu harus menyatukannya dengan benar dan teliti.

Tidak perlu kertas baru, kamu juga bisa menggunakan kertas bekas yang menumpuk di rumahmu.  Pastikan ukuran kertas tersebut satu ukuran ya.

2.  Gunakan selotip untuk menyatukan dua potong kertas yang membentuk bagian atas, satukan juga dua potong kertas untuk membentuk bagaian bawah.

Selanjutnya, satukan kedua bagian tersebut dengan menggunakan selotip. Pastikan kedua bagian tersebut terpasang dengan  kencang ya!

4 dari 6 halaman

Gambar jadi bentuk layang-layang

3.  Kemudian dari kertas yang telah digabungkan tadi, gambarlah menjadi bentuk layang-layang. Caranya mudah kamu cukup memotong saja keempat sudutnya, pastikan bentuknya proporsional.

Bentuk layang-layang perlu sedikit lebih panjang di bagian bawah kurang lebih sekitar 7,62 cm dari titik puncak di mana dua sudut kanan dan kiri layang-layangmu berada.

4.  Setelah bentuk layang-layang tersebut selesai. Saatnya kamu membuat kerangka layang-layang agar layang-layang tersebut lebih kuat saat terbang.

Caranya dengan mengikat dau tongkat menjadi satu, kamu bisa menggunakan tusuk sate sebagai tongkat. Hati-hati ya jangan sampai tertusuk.

5. Cara menyambungkan tongkatnya adalah terlebih dahulu sejajarkan dengan kertas yang sudah dipotong menjadi bentuk layang-layang.

Setelah dirasa pas, ikatlah sekencang mungkin dengan benang, benang apa saja yang dapat mengikat kencang kedua tongkat tersebut. 

5 dari 6 halaman

Buat lubang pada kertas yang sudah berbentuk layang-layang.

6. Langkah selanjutnya, buatlah lubang pada kertas yang sudah berbentuk layang-layang tadi  pada setiap sudutnya.

7. Masukkan benang melalui setiap lubang. Sisakan sedikit tambahan pada bagian atas untuk memasukkan pita. Kemudian ikat tongkat sesuai dengan kertas berbentuk layang-layang tersebut.

8. Langkah selnajutnyam ikat benang ke sisi kanan dan kiri tongkat horizontal. Lalu ikat benang ke tengah-tengah bagian layang-layang agar menjadi benang untuk menerbangkan layang-layang. 

Usahakan benang ini panjang sepanjang kamu membutuhkan untuk menerbangkan layang-layang kamu.

9. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan hiasan pada ujung layang-layang untuk menambah beban serta kemampuan melayang. 

Caranya dengan ikat kertas atau pita pada sudut-sudut layang-layang untuk membentuk ekor.  Kamu juga bisa menghias dengan lukisan pada kayang-layangmu, agar layang-layangmu makin terlihat cantik!

10. Layang-layang kamu siap diterbangkan. Carilah angin yang sepoi-sepoi untuk menerbangkan layang-layangmu, kamu  juga bisa meminta bantuan teman untuk tahap awal menerbangkan layang-layangmmu. Selamat bermain!

6 dari 6 halaman

Tips Menerbangkan Layang-layang dengan Aman

-  Terbangkan layang-layang hanya saat kondisi aman

Tidak sedang hujan atau ada petir. Karena di dalam awan terdapat arus listrik yang akan ditarik oleh benang layang-layang yang basah. Sehingga bahaya untuk keselamatanmu, harap hati-hati ya

- Pilihlah lokasi yang tepat. 

Jangan menerbangkan layang-layang kamu dekat dengan jalan raya, di sekitar jaringan listrik ataupun pelabuhan udara. Lokasi terbaik yang bisa kamu pilih, misalnya taman, lapangan, dan pantai. Semakin luas area, akan semakin menyenangkan.

- Carilah teman untuk membantu kamu menerbangkan layang-layang.

 Menerbangkan layang-layang itu mudah, dan akan semakin lebih mudah jika dilakukan oleh dua orang. Selain itu, berdua pasti juga akan lebih menyenangkan.         

Nah, di atas adalah cara membuat layang-layang yang mudah dan simpel bukan? Selain mudah kamu juga bisa memanfattkan barang-barang bekas yang ada di rumahmu. Selmat bermain layang-layang ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini