Sukses

Cara Membuat Bros dari Kain Perca, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Dilengkapi aneka kreasi lain dari kain perca.

Liputan6.com, Jakarta Kamu punya banyak kain perca? Kain sisa guntingan yang berasal dari pembuatan, kerajinan, atau produk tekstil lainnya. Meski sisa, namun kamu jangan menyepelekannya. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan kain perca tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang keren. 

Nah, kalau kamu suka membuat kreasi dari bahan kain, kali ini kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan dari kain perca ini. Salah satu kerajinan tangan yang bisa kamu coba adalah membuat bros dari kain perca.

Bros sangat identik dengan perempaun. Biasanya bros digunakan para wanita untuk mempercantik atau menguatkan kerudung. Ada juga yang menempelkan bros di tas, di atas saku baju, bahkan di kerudung.

Membuat bros sendiri bisa menghemat pengeluaran dan tentunya mengasah kreativitasmu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat bros menggunakan kain perca.

Nah, buat kamu yang tertarik ingin memulai mencoba membuat bros dari kain perca, kali ini Liputan6.com, Selasa (12/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat bros dari kain perca.

Tak perlu kesulitan menyiapkan alat dan bahan, karena ini sudah pasti kamu miliki di rumah. Selain bisa kamu pakai sendiri, bros dari kain perca ini bisa kamu jual juga kepada teman-teman atau saudara kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Kain Perca

Buat kamu yang tidak memiliki persedian kain perca di rumah, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.

Kamu bisa membeli kain perca dari penjahit atau bisa juga dengan cara menggunting pakaian atau celana yang sudah tidak kamu pakai lagi. Kamu bisa memotongnya dengan ukuran kecil-kecil, bisa berbentuk lingkaran atau juga kotak.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bros dari Kain Perca

Alat dan bahan yang perlu kamu siapkan:

- Kain perca berbahan katun.

- Gunting. Gunakan gunting dengan ukuran sedang, jangan terlalu besar.

- Jarum pentul. Pilih jarum pentul yang sering digunakan untuk menjahit.

- Jarum jahit.

- Benang. Gunakanlah benang sesuai warna keinginanmu.

- Kancing. Pilihlah kancing yang benar-benar pas untuk bros dan sesuaikan dengan warna kainnya.

- Peniti bros.

Cara membuat bros:

1. Gunting kain perca yang telah kamu siapkan tadi menjadi bentuk kotak. Gunting dengan ukuran kurang lebih 5 cm sebanyak 10 lembar.

2. Setelah itu, kain perca dilipat menjadi 2 membentuk segitiga. Kemudian di setiap sudut bawahnya dilipat ke sudut atas.

3. Kemudian lipat kain perca yang sudah ditusuk jarum pentul agar bentuknya tidak berubah.

4. Gunting lipatan dari kain perca.

5. Tusuk pada bagian lipatan kain perca hingga terangkai menjadi 10 lipatan kain perca.

6. Setelah itu, matikan ikatan benang sehingga akan membentuk lipatan kain perca yang bertemu antara lipatan perca terakhir yang sudah dirangkai. Rapihkan dan tambahkan kancing di bagian tengahnya dan terapkan peniti bros.

7. Rapikan dan bros pun sudah bisa digunakan.

Cara membuat bros dari kain perca memang tak sulit. Kamu bisa membuat aneka kreasi bros dari kain perca yang lainnya. Kamu bisa membuat kreasi lainnya yang sangat unik dan menarik untuk digunakan sebagai aksesoris tambahan di baju atau tas kamu.

4 dari 4 halaman

Kreasi Kain Perca Lainnya yang Bisa Kamu Buat

Tak hanya dijadikan bros. Selain cara membuat bros dari kain perca di atas, kamu bisa mengkreasikan kain perca menjadi aneka kerajinan yang lainnya. Dikutip dari berbagai sumber, beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat dengan kain perca sebagai berikut:

1. Boneka dari kain perca

Membuat kerajinan boneka dari kain perca tidak sulit, loh. Proses menjahit kain perca bisa dilakukan dengan menggunakan tangan ataupun bisa menggunakan mesin jahit. Kamu bisa berkreasi sendiri membuat aneka boneka sesuai keinginan mu.

2. Tas dari kain perca

Kalau kamu tak ingin memiliki tas yang sama dengan lainnya, kamu bisa membuat tas sendiri dari kain perca loh. Selain bisa kamu kenakan sendiri, tas buata mu dari kain perca bisa kamu jual. Dijamin keren dan selalu tampil beda.

3. Keset dari kain perca

Kreasi kain perca ini sangat bermanfaat. Selain bisa mengurangi limbah kain, bisa juga menjaga ruangan mu agar tetap bersih. Tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, keset dari kain perca bisa menjadi salah satu komoditas bisnis kerajinan dan digunakan oleh orang banyak. Cara membuat kerajinan keset ini cukup mudah, hanya dibutuhkan ketelatenan untuk mengumpulkan kain perca dan menyatukannya dengan dijahit.

4. Lukisan dari kain perca

Menggunakan kain perca juga bisa dibuat menjadi lukisan yang sangat menarik, loh. Sebelum mengaplikasikan kain perca ke dalam kanvas, terlebih dahulu bakar pinggiran kain supaya serat kain tidak berserabut.  

Ya, itu tadi beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat dengan menggunakan kain perca. Masih ada banyak lagi karya yang bisa kamu buat dengan kain percaya ini. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.