Sukses

6 Jenis Sepatu Ini Dapat Merusak Tubuh Bila Dipakai Terlalu Sering

Sangat penting untuk menemukan sepatu yang sempurna dan tidak akan merusak kaki Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Rata-rata orang berjalan sejauh 245-292 kilometer dalam setahun. Itulah mengapa sangat penting untuk menemukan sepatu yang sempurna dan tidak akan merusak kaki Anda.

Terlihat keren itu bagus, tapi cobalah menjadi keren dengan cara yang lebih sehat. Berikut 6 jenis sepatu yang dapat membahayakan tubuh Anda seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Sepatu dengan ujung yang runcing

Kaki manusia yang lebar sesungguhnya tidak didesain untuk menggunakan sepatu runcing. Ujungnya terlalu sempit dan memberikan tekanan pada jari-jari kaki.

Ini dapat menyebabkan nyeri saraf dan kaki yang melepuh. Jadi sebelum membelinya, cobalah terlebih dahulu sampai kaki Anda terasa benar-benar nyaman di dalamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Sepatu hak tinggi

Wanita menyukai sepatu hak tinggi karena membuat mereka terlihat tinggi dan seksi, tapi akibat yang ditimbulkan pun cukup besar. Mengenakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan keseleo, kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam, kerusakan saraf, dan nyeri punggung bagian bawah.

Untuk menghilangkan masalah tersebut disarankan untuk tidak memakai sepatu dengan hak lebih dari 7,6 cm. Anda juga bisa mengganti sepatu di kantor bila tak harus pergi ke mana-mana.

 

3 dari 6 halaman

3. Sepatu datar (flat shoes)

Sepatu datar dapat merusak kaki karena tak memiliki dekungan lengkung yang menekan plantar fascia. Akibatnya, Anda bisa mengalami sakit pada lutut dan punggung.

Tak perlu membuang jenis sepatu ini, Anda bisa membeli sisipan orthotic yang akan memperbaiki posisi kaki Anda.

 

4 dari 6 halaman

4. Sepatu lari

Sepatu lari yang terlalu ringan dan lembut dapat menyebabkan trauma pada kaki. Ini dikarenakan benturannya terlalu fleksibel dan lembut. Pilihlah opsi sepatu lain. Misalnya sepatu atletik dengan bagian tumit yang keras.

 

5 dari 6 halaman

5. Sepatu platform

Sepatu jenis ini dapat merusak mekanisme tubuh saat berjalan karena tidak fleksibel dan bagian haknya sangat kaku. Padahal saat berjalan, kaki harus dapat ditekuk dengan cara tertentu.

 

6 dari 6 halaman

6. Sandal jepit

Meski terlihat nyaman, sandal jepit tidak sebenar-benar aman dipakai. Ini karena saat dipakai, sandal jepit membuat kulit di antara jari kaki tergesek dan rusak. Kedua, ini dapat menyebabkan misalignment karena pergelangan kaki dan lutut tidak didukung dengan benar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.