Sukses

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel untuk Mengasah Kreativitas

Hasilnya bisa kamu bisniskan lho.

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas adalah satu bekal keterampilan yang bermanfaat bagi sesorang untuk menjalani kehidupan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kreativitas. Salah satunya dengan seni dan kerajinan.

Kamu bisa melakukan berbagai kreasi seni dan kerajinan tangan seperti menggambar, DIY dan lain sebagainya yang melibatkan berpikir kreatif dan bebas. Apakah kamu ingin membuat sesuatu yang unik dan kreatif dari kain flanel?

Kamu bisa mencoba membuat bros dari kain flanel. Kain flanel merupakan bahan yang tepat untuk membuat ragam bros cantik dan menarik. Kamu pun bisa membuat pola dan desain sendiri untuk mendapatkan bros impian kita. Terlihat menarik? Namun, bagaimana cara membuat bros dari kain flanel?

Tidak usah khawatir, pada artikel kali ini akan membahas cara membuat bros dari kain flanel yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah. Kamu pun juga bisa membagikan cara membuat bros dari kain flanel kepada temanmu yang ingin berkreasi juga.

Berikut Liputan6.com, Selasa (12/3/2019) rangkum dari berbagai sumber cara membuat bros dari kain flanel yang bisa kamu buat sendiri.

Sebelum mengetahui cara membuat bros bunga dari kain flanel, terlebih dahulu ketahui apa kain flanel itu sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal kain flanel

Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan, sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Secara umum terdapat dua tipe kain flanel, yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya, sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam warna yang berbeda.

Biasanya kain yang memiliki corak dihargai relatif lebih mahal.Ada pula kain flanel dengan jenis zephyr, yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi dicampuri bahan sutera di dalam bahan pembuat benang-benangnya.

 

3 dari 5 halaman

Cara membuat bros dari kain flanel

Sebelum membuat bros, kamu perlu menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

Alat dan bahan yang digunakan:

- Kertas untuk menggambar pola

- 1 buah spidol untuk menggambar pola

- Kain flanel berwarna merah

- Kain flanel berwarna hijau

- Lem tembak

- Peniti atau bros

4 dari 5 halaman

Cara membuat bros dari kain flanel

1. Langkah pertama, buatlah pola melingkar kira-kira ukuran diameter 2 cm. Pada pola lingkaran tersebut kamu bisa menarik garis melengkung ke dalam. Selanjutnya buat pula pola daun untuk daun pada bros nanti. Setelah itu, gunting pola sesuai dengan garis yang telah digambar.

2. Jika kedua pola telah selesai digunting, letakkan pada kain flanel yang telah kamu persiapkan. Aplikasikan pola bulat melingkar pada kain flanel berwarna merah, sedangkan pola daun kamu bisa mengaplikasikannya pada kain flanel berwarna hijau.

Selanjutnya gunting pola tersebut. Untuk menggunting pola bulat melingkar kamu bisa menggunting bagian garis melengkung ke dalamnya hingga nantinya pola bulat ini bisa digulung.

3. Langkah ketiga, gulung pola dari kain flanel berwarna merah, mulai menggulung dari ujung bagian luar hingga ke dalam sampai semua bagian tergulung habis dan membentuk bunga mawar.

4. Selanjutnya, urai bagian bulatan yang memiliki ruang lebih dengan menggunakan lem bakar. Begitu juga dengan pola daun di bagian bawahnya. Bentuk bunga mawar dan daunnya sudah selesai

7. Lekatkan peniti dan bros pada bagian bawahnya agar bisa kamu digunakan sebagai bros. Rekatkan bros tersebut dengan lem tembak. Bros bunga mawar dari kain flanel pun siap digunakan.

5 dari 5 halaman

Tips untuk Meningkatkan Kreativitas

Nah, di atas adalah cara membuat bros dari kain flanel yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreatifitasmu. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk meningkatkan kreativitasmu, seperti dilansir dari situs Lifehacks berikut tipsnya

- Membuat proyek kecil dari hobi setiap sore

Jangan dulu pikirkan membuat proyek besar seperti pameran foto tunggal untuk karya-karya Anda. Cukup aktivitas kecil seperti unggah foto pemandangan langit yang disukai atau membuat tulisan blog bisa membangunkan potensi baru dalam melihat berbagai hal.

- Tunjukkan karya dan inspirasi orang lain untuk melakukan mimpinya

Mungkin saat membaca tulisan ini, Anda akan terkejut karena waktu kerja pasti akan memakan habis waktu untuk berkreativitas. Namun jangan berkecil hati, cukup rencanakan hal kecil yang bisa mewujudkan sebuah pikiran Anda yang sebelumnya ditulis dalam catatan.

- Tulislah perasaan dan pemikiranmu

Banyak orang bilang hal ini sepele, padahal menyisihkan 15 menit sehari untuk mencatat berbagai pemikiran dapat melahirkan berbagai ide baru. Hal ini bisa membantu untuk fokus dalam pekerjaan karena bisa jadi ada 5 hal yang kamu pikirkan dalam satu waktu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini