Sukses

Cara Membuat Tas dari Kaos Bekas, Unik Bikin Kamu Tambah Fashionable

Daripada kaosmu itu dibuang, kamu bisa gunakan untuk membuat tas.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka kaos bisa disulap menjadi sebuah tas yang unik. Sebagian besar dari kamu pasti punya banyak kaos yang sudah tidak terpakai atau sudah mulai bosan dengan kaos tersebut.

Daripada kaosmu itu dibuang, kamu bisa gunakan untuk membuat tas. Kaos yang awalnya hanya memenuhi lemari bisa dimanfaatkan menjadi suatu kerajinan yang mempunyai nilai lebih.

Untuk membuat tas dari kaos bekas tidak butuh skill tinggi. Bagi kamu pemula atau pun yang sudah mahir menjahit pasti bisa dengan mudah membuat tas dari kaos bekas. Dengan sedikit kreativitas, kaos tersebut dapat berubah menjadi fashion item lain yang berguna untuk menunjang penampilan barumu.

Berikut cara membuat tas dari kaos bekas yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-Bahan

1. Kaos

2. Gunting

3. Alat jahit

4. Pensil/pulpen

5. Penggaris

6. Meteran kain

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Kaos Bekas

1. Persiapkan Semua Alat Dan Bahan

Cara membuat tas langkah pertama tentu kamu harus menyiapkan semua alat dan bahan terlebih dahulu. Kumpulkan dalam satu tempat agar kamu tidak perlu mencari lagi ketika dibutuhkan.

2. Pilih Kaos

Cara membuat tas langkah kedua kamu memilih kaos yang ingin kamu rubah menjadi tas. Bila kamu menggunakan kaos bekas, sebaiknya dicuci terlebih dahulu, agar tas yang kita hasilnya nantinya bersih dan tidak bau.

Agar hasilnya lebih keren dan menarik, pilihlah kaos dengan corak dan motif yang bagus. Ini akan membuat tas kamu terlihat lebih berwarna dan menyenangkan.

3. Potong Lengan Kaos

Cara membuat tas lipat kaos tepat di tengah-tengah, setelah itu posisikan lengan kaos bagian kanan dan kiri presisi agar nantinya mudah dalam memotongnya. Setelah kedua lengan dalam keadaan rata, potong dari bagian atas ke bawah.

Perlu diperhatikan juga memotongnya jangan sampai melewati jahitan pada lengannya, karena pada jahitan lengannya akan kita jadikan pegangan tas.

4. Potong Bagian Kerah

Potong bagian kerah kaos menggunakan gunting yang sudah kita siapkan. Agar pegangan tas lebih kuat dan tahan lama, cobalah untuk menyisakan bagian antara leher dan lengan. Cara membuat tas tidak perlu terlalu panjang, cukup sisakan sekitar 5-8 sentimeter

5. Menentukan Panjang Tas

Tentukan berapa panjang tas yang ingin kamu buat. Jika sudah ditentukan panjang tasnya, ambil kaosnya dan tarik garis horisontal di kaos. Kamu bisa menggunakan penggaris atau meteran kain untuk menentukan berapa panjang yang diinginkan.

Cara membuat tas ingat bahwa tas dari bahan kaos tersebut akan merenggang (melar) sedikit ketika kamu meletakkan sesuatu di dalamnya. Jadi harus teliti dalam menentukan panjang tasnya.

6. Membuat Garis Pola Untuk Hiasan Pada Tas

Cara membuat tas untuk mempercantik tas, kamu perlu membuat sedikit variasi. Caranya gambar serangkaian garis vertikal di bagian bawah kaos. Lebar variasi tas ini bisa kamu sesuaikan dengan selera masing masing, untuk acuan kamu bisa membuat garis antara 1 sampai 3 sentimeter lebarnya.

7. Memotong Garis Pola

Setelah membuat garis pola untuk hiasan pada tas, selanjutnya potong garis vertikal tersebut perlahan-lahan. Cara membuat tas pastikan dalam memotong melalui kedua lapisan kaos pada saat yang sama, agar hasilnya nanti memuaskan. Dan jangan sampai melebihi garis yang sudah dibuat.

8. Mengikat Hiasan Pada Tas

Cara membuat tas langkah selanjutnya ikat pangkal kain yang sudah dipotong tadi, ikat kain satu persatu dengan teliti, jangan sampai kelewat walau hanya satu potongan kain.

Agar tas yang kamu buat tidak bolong alias bisa menampung barang yang berukuran kecil, kamu perlu melakukan 1 hal lagi, yaitu mengikat hiasan pada tas sekali lagi. Kamu hanya perlu mengikat lebih kencang pada kain potongan tadi, tujuannya tentu supaya bisa menampung barang-barang yang kecil.

9. Gunting Bagian Jahitan Bahu

Cara membuat tas langkah terakhir adalah menggunting jahitan pada bahu kaos, lalu ikat masing-masing bagian kiri kanan bahu. Kalau kamu lebih suka yang agak rapi kamu bisa menjahit bagian kiri dan kanan bahu sesuai selera masing-masing.

10. Bandana

Kaos bekas bisa juga jadi aksesoris cantik. Dengan ketelitian dan keapikan, sulaplah kaos bekasmu menjadi bando. Caranya cukup simple, kamu hanya harus memotong kaos menjadi beberapa bagian lalu menggabungkannya dan dianyam.

 

4 dari 4 halaman

Kreasi Lain dengan Kaos Bekas

- Boneka

Kamu punya kaos kekecilan yang punya gambar-gambar lucu? Daripada dibuang, coba potong karakter lucu yang ada di kaosmu dan ubah menjadi boneka yang gemas.

- Bantal

Kalau bantal di rumah kurang keren, kamu bisa coba buat bantal sendiri dari kaos lamamu. Dengan cara yang amat sangat mudah, kamu bisa bikin sarung bantal atau cushion yang empuk dan lucu. Kamu juga bisa mengisinya dengan kaos bekas atau bantal di dalamnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini