Sukses

10 Tips Menjaga Asmara agar Selalu Terasa Seperti Bulan Madu

Berilah bumbu-bumbu dalam sebuah hubungan pernikahan agar membuatnya lebih terasa dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menikah adalah sebuah jenjang yang ditempuh, bukan dalam waktu singkat atau sebuah permainan. Pernikahan adalah sebuah jejang yang memerlukan keseriusan dan segenap hati dalam menjalaninya. Selain itu pernikahan juga merlukan kesenangan untuk membunuh kebosanan dala hubungan.

Membuat pernikahan lebih menyenangkan dan tetap mesra, Inilah 10 cara untuk membuat pernikahan serasa bulan madu yang dilansir dari Yourtango.com :

1. Habiskan waktu bersama

Kalian harus menghabiskan waktu berdua. Kalian bisa berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan. Tidak perlu jauh atau pergi ke tempat yang menghabiskan banyak uang. Pastikan kalian sesekali pergi berdua, untuk terus memupuk rasa cinta kalian.

Kalian memerlukan waktu untuk berdua dan menghabiskan waktu layaknya saat kalian pacaran dulu. Sambil makan bakso kalian juga bisa lebih dekat lagi dengan pasangan yang mungkin sudah jarang dilakukan karena terlalu disibukkan dengan kegiatan keseharian.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Komunikasi Harus Lancar

Komunikasi adalah kunci kesuksesan sebuah hubungan, kalian harus melakukan komunikasi. Komunikasi yang efektif, kalian harus memastikan dan mau mendengarkan pasangan kalian saat masalah-masalah datang dari kepada kalian. Kalian dapat menghindari kesalahpahaman dengan komunikasi yang baik.

3. Ciptakan pengalaman baru

Sempatkan diri kamu untuk pergi jalan-jalan atau ke tempat-tempat yang belum pernah kamu jelajahi. Tempat-tempat baru akan membuat kamu mendapatkan hal baru. Indonesia ini memiliki banyak sekali tempat dengan beragam kebudayaan yang perlu kamu coba. Ini akan menambah keseruan dalam hubungan kalian.

4. Dorong pasangan kalian untuk mewujudkan mimpinya

Jangan pernah halangi pasanganmu untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi tujuan hidup atau mimpi-mimpinya. Selama apa yang dilakukan pasanganmu bukan hal yang merugikan orang lain dan tetap positif, kalian harus mendukung bahkan membantu mereka.

3 dari 4 halaman

5. Bertukar Pikiran dengan Positif

Kamu dan pasanganmu memiliki banyak masalah atau orang-orang yang tidak memberikan energi positif selama berkerja. Berikanlah dukungan dan energi postif untuk mereka, berikan pandangan-pandangan yang akan membuat mereka meredakan permasalahan yang ada di kantor. Jangan selalu membicarakan suatu yang berat atau bermasalah.

6. Pinjamkan Bahumu

Kalian harus mendukung satu sama lain, buatlah dirimu menjadi seseorang yang mampu menghadapi permasalahanmu dan saling memberikan bahu sebagai sandaran dalam suatu hubungan. Kalian harus bisa menjadi sandaran bagi masing-masing pasangan saat pasangan memiliki masalah di kantor.

7. Belajar mengetahui bagaimana pasangan mengekpresikan cintanya

Setiap orang memiliki caranya untuk menunjukkan rasa cintanya, belajarlah untuk memahami dan melihat bahwa pasangamu memperhatikan, peduli dan mencintaimu dengan tulus. Terkadang cinta tidak diungkapkan dengan kata-kata, dan ada pasangan yang tidak pintar mengungkapkan cintanya melalui kata-kata.

4 dari 4 halaman

8. Berikan Mereka Waktu

Meskipun kalian memerlukan waktu berdua dengan pasangan, namun ada kalanya pasangan memerlukan waktu sendiri. Menenangkan atau menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri tanpa diganggu oleh siapa pun. Karena manusia memerlukan kebebasan di tengah komitmen yang kamu miliki.

9. Apresiasi

Cobalah cari cara untuk mengapresiasikan suatu keberhasilan atau rasa terima kasih atau apa yang telah dilakukan pasangan untuk kita. Apresiasi yang kita berikan akan menimbulkan perasaan dihargai, tidak harus dengan hal-hal besar. Hal-hal kecil atau ucapan yang tulus bisa membuat mereka bahagia.

10. Pengertian

Jadilah pasangan yang pengertian, di kala segala kemacetan Ibu Kota, penatnya pekerjaan, atau lelahnya tubuh setelah aktivitas seharian mungkin membuat mereka lebih sensitif. Tidak perlu selalu menjadi seorang yang menuntut atau ingin dimengerti karena terkadang pasanganmulah yang ingin dimengerti.

Reporter

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.