Sukses

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi, Bantu Kurangi Limbah Plastik

Kamu bisa memanfaatkan bungkus kopi sachet.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini berita mengenai limbah plastik semakin mengkhawatirkan. Pasalnya limbah plastik ini bukan hanya ada di daratan saja, melainkan di lautan.

Namun tak semua yang berbahan plastik harus berakhir menjadi limbah. Pasalnya ada pula yang menggunakan plastik sebagai bahan kerajinan dan juga meningkatkan kreativitas. Salah satu yang sering digunakan ialah bungkus kopi. Bungkus kopi sendiri cukup sering dikreasikan menjadi berbagai hal seperti dompet maupun tas, terutama oleh para ibu-ibu pelaku UKM.

Cara membuat tas dari bungkus kopi ini termasuk ramah lingkungan. Karena bisa membantu untuk mengurangi sampah plastik. Selain itu, tentu saja hasil dari kerajinan ini bisa kamu gunakan dan juga ramah lingkungan.

Untuk cara membuat tas dari bungkus kopi ini pun membutuhkan tingkat kreativitas serta keahlian. Tapi bila kamu belum bisa dan mengetahui cara membuat tas dari bungkus kopi, kamu bisa berlatih secara mandiri ataupun dengan bantuan orang lain.

Karena sampah plastik sendiri termasuk dalam jenis sampah yang susah terurai, maka mendaur ulang dengan cara membuat tas dari bungkus plastik ini patut untuk kamu coba. Bahkan tas daur ulang ini bisa kamu gunakan untuk menaruh barang saat berbelanja.

Ingin mencoba dan mengetahui cara membuat tas dari bungkus kopi? Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber untuk kamu yang ingin belajar membuat tas dari bungkus kopi, Senin (11/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alat dan bahan

Tentu saja sebelum memulai untuk membuat tas dari bungkus kopi kamu memerlukan alat dan juga bahan pendukung lainnya. Cara membuat tas dari bungkus kopi yang pertama ialah menentukan seberapa banyak bahan yang dibutuhkan.

Tentu saja untuk mengetahuinya, kamu perlu memperhitungkan ukuran tas yang akan kamu buat. Semakin besar tas yang akan kamu buat, maka bahan utama yang kamu butuhkan pun semakin banyak. Berikut ini beberapa alat dan juga bahan yang perlu kamu siapkan.

1. Bungkus kopi instan. Tentu saja untuk cara membuat tas dari bungkus kopi bahan utama yang diperlukan ialah bungkus kopi instan. Jika kamu ingin membuat tas berukuran kecil, paling tidak kamu memerlukan kurang lebih 100 bungkus. Namun tentu saja banyaknya bungkus kopi yang dibutuhkan tergantung dari model dan juga ukurannya.

2. Gunting. Dalam cara membuat tas dari bungkus kopi tentu saja kamu memerlukan gunting. Selain digunakan untuk memotong bungkus kopi menjadi beberpa bagian, gunting ini pun digunakan untuk merapikan tas jika terdapat benag atau bungkus kopi yang melebihi ukuran.

3. Penggaris. Seperti sebelumnya dijelaskan, sebelum kamu memulai membuat sebuh tas dari bungkus kopi, kamu harus mengukur terlebih dahulu seberapa besar tas yang akan kamu buat. Selain itu, penggaris ini digunakan untuk memotong bungkus kopi agar ukuran potongan sama rata.

4. Jarum dan benang. Benang dan juga jarum nantinya berguna untuk menyatukan bungkus kopi satu dengan yang lainnya.

5. Kain furing. Jika kamu tidak memiliki kain furing, kamu bisa menggantinya dengan kain polos. Kain ini nantinya akan digunakan sebagai alas bagian dalam tas dari bungkus kopi ini.

6. Risleting. Kamu bisa menggunakan risleting ukuran standar untuk tas daur ulang kamu. Penggunaan risleting pun bisa mempermudah kamu saat memakai tas dari bungkus kopi.

 

3 dari 3 halaman

Cara membuat tas dari bungkus kopi

Setelah kamu menyiapkan alat dan juga bahan yang dibutuhkan, maka kamu sudah siap untuk mengetahui cara membuat tas dari bungkus kopi.

Cara membuat tas dari bungkus kopi ini cukup mudah dilakukan, akan tetapi kamu membutuhkan ketekunan dan kesabaran saat mengerjakannya. Berikut ini langkah-langkah cara membuat tas dari bungkus kopi.

1. Ambil bungkus kopi instan sachet merek apa saja kemudian gunting bagian atas dan juga bagian bawahnya.

2. Bersihkan bungkus kopi tersebut menggunakan air yang mengalir kemudian keringkan. Mengeringakn bungkus kopi ini bisa kamu lakukan dengam cara dijemur ataupun dilap menggunakan kain yang bersih.

3. Gunting bungkus kopi tersebut menjadi dua bagian sama rata. Sehingga dalam satu bungkus menjadi 2 buah potongan.

4. Kemudian lipat bungkus kopi tersebut dengan melipat 1 cm kebagian dalam pada ujung atas dan bawahnya, sehingga lebar lipatan menjadi 2 cm, kemudian anyam bungkus kopi tersebut menjadi berbentuk baling-baling.

Jika kamu memiliki 100 bungkus kopi, maka kamu nantinya kan memiliki 200 lipatan bungkus kopi. Kamu bisa membuatnya dengan tetap memperlihatkan sampul bungkus kopi tersebut. Ataupun kamu bisa membaliknya terlebih dahulu agar nantinya tas yang kamu buat berwarna perak.

5. Setelah seluruh anyaman baling-baling selesai kamu buat, maka kamu bisa menggabungkan anyaman-anyaman tersebut. Untuk menyatukan anyaman tersebut, pastikan untuk membuat sudut tegak vertikal.

Hal ini dilakukan agar tas yang kamu buat bisa dianyam ke arah atas. Pada peroses inilah kamu harus mengerahkan ketelitian dan juga kesabaran.

6. Jika kerangka tas dari anyaman sudah jadi, kamu hanya perlu merapikannya dengan menjahit pada bagian atas tas. Selain itu, ini dilakukan agar anyaman tersebut tidak mudah terlepas.

7. Kemudian kamu bisa menambahkan kain furing ataupun kain polos pada bagian dalam tas. Usahakan kain yang digunakan tidak terlalu tipis. Satukan kain dengan tas dari bungkus kopi tersebut menggunakan jarum dan juga benang jahit. Usahakan jahitan yang kamu gunakan cukup kuat dan rapi.

8. Tambahkan risleting dan juga tali untuk mempercantik tas. Setelah bagian dalam tas dijahit dengan kain, maka kamu bisa menambahkan risleting pada tas ini. Kemudian pada tali, kamu bisa menggunakan tali kur untuk mempermudahnya ataupun menggunakan anyaman bungkus kopi.

Jika kamu ingin menggunakan bungkus kopi sebagai tali, kamu perlu membuat dengan lipatan yang masih tersisa sebelumnya. Kamu cukup membuatnya menjadi bentuk segitiga dan digabungan satu dengan lainnya menggunakan jahitan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini