Cara Menjodohkan Lovebird, Kenali Jenis-Jenisnya Agar Tak Salah Pilih

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 11 Mar 2019, 10:10 WIB
Cara Menjodohkan Lovebird

Liputan6.com, Jakarta Lovebird adalah nama sejenis burung sosial yang selalu hidup berkelompok. Asal mula nama lovebird diberikan karena pakar burung mengamati bahwa sepasang burung ini akan berdekatan dan saling mencintai satu sama lain, juga melihat betapa setianya jenis burung ini karena mereka hanya akan memiliki satu kekasih saja seumur hidup mereka atau tepatnya setia sampai mati.

Bila kamu tertarik untuk berteknak lovebird, caranya mudah saja. Modal untuk memelihara lovebird juga tidak terlalu mahal, tapi bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Lovebird tergolong burung yang mudah untuk dirawat, cara ternak lovebird juga tidak repot atau susah.

Berikut cara menjodohkan lovebird yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

2 of 3

Cara Menjodohkan Lovebird

Budidaya Burung Lovebird
Anakan burung lovebird berusia satu bulan terlihat di dalam sangkar di tempat budidaya Perumahan Pondok Arum, Karawaci, Tangerang, Senin (4/2). Dalam sebulan burung ini mampu bertelur 10 hingga 60 telur tergantung kondisi cuaca. (Merdeka.com/Arie Basuki)

1. Ketahui musim kawin burung Lovebird

Cara menjodohkan lovebird adalah mengetahui musim kawinnya karena setiap jenis lovebird memiliki musim yang berbeda-beda. Jenis peach-faced memasuki musim kawin pada bulan April, Oktober, dan Februari hingga Maret.

Sedangkan jenis lovebird Fiscer berkembangbiak pada musim kemarau atau periode bulan Januari hingga Juli. Mengetahui kapan musim kawin yang tepat akan membantu kamu menjodohkan burung lovebird dengan efektif dan penangkaran agar akan berjalan dengan baik.

2. Kenali ciri-ciri burung Lovebird yang siap kawin

Cara menjodohkan lovebird akan memberikan tanda-tanda khusus yang memberikan sinyal kepada kita bahwa mereka ingin dijodohkan. Bagi pemula, penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri kapan lovebird siap dijodohkan. Catatlah pertanda berikut ini dan pastikan apakah burung anda sudah qualified untuk dijodohkan

- Lovebird yang sedang kasmaran biasanya ingin selalu bersama / ingin berdekatan meskipun beda kandang

- Lovebird jantan biasanya sok menjadi pahlawan dengan menyuapi makanan pada si betina

- Biasanya lovebird betina akan selalu berposisi siap kawin sedangkan pejantan ada di belakang betina

- Lovebird jantan dan betina akan berkicau saling bersautan untuk menarik perhatian satu sama lain

3. Kenali yang mana jantan dan mana betina

Cara menjodohkan lovebird yang satu ini sangat vital dan banyak sekali penangkar pemula yang gagal melakukan perjodohan karena tidak mengetahui yang mana jantan dan yang mana betina.

Terkadang kita bisa terkecoh karena kedekatan kedua burung berpasangan dengan jenis kelamin yang sama. Misalnya kita salah untuk memasukkan jantan kedalam sangkar jantan atau betina ketemu betina.

4. Proses menjodohkan burung Lovebird

Permasalahan tidak bisa membedakan jantan-betina akan menjadi permasalahan saat memasuki tahap proses penjodohan ini. Cara menjodohkan lovebird ada beberapa cara, biasanya para penggemar burung memilih dengan cara seleksi alam menggunakan kadang besar dan diisi oleh banyak burung lovebird.

Cara ini sering disebut perjodohan koloni dan paling mudah bagi pemula karena lovebird akan mencari jodohnya sendiri sesuai keinginannya. Cara menjodohkan lovebird ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena sangat efektif dan praktis.

 

3 of 3

Jenis-Jenis Lovebird

1. Lovebird Lutino

Lovebird lutino bisa dikatakan sebagai salah satu lovebird yang paling gampang di kenali. pada umumnya lovebird lutino di seluruh tubuhnya memiliki warna oren / kuning di seluruh tubuhnya.

Lovebird lutino sendiri di bagi menjadi 2 jenis yakni lovebird lutino mata merah dan mata hitam. Dari segi warna kedua burung tersebut memiliki warna yang hampir sama yang membedakan hanya pada warna matanya saja.

2. Lovebird Batman

Seperti namanya lovebird batman identik dengan warna abu-abu dan juga hitam. Pada umumnya lovebird batman memiliki warna hitam pada bagian wajah dan juga sayap, sedangkan pada bagian tubuh lain biasanya berwarna agak ke abu-abuan, semakin gelap warna lovebird batman biasanya harganya juga akan semakin tinggi.

3. Lovebird Olive

Burung ini memiliki warna dominan hijau tua / bisa dikatakan juga olive pada tubuhnya. Pada bagian-bagian tertentu bisa saja memiliki warna berbeda seperti pada bagian kepala yang pada umumnya memiliki warna orange maupun warna kuning agak kehitam-hitaman.

4. Lovebird Blorok

Salah satu warna lovebird yang cukup banyak senangi adalah burung yang memiliki warna blorok. Tidak seperti jenis burung lovebird lain yang pada umumnya hanya terdiri dari beberapa warna.

Lovebird blorok memiliki warna yang cukup unik yang merupakan kombinasi dari beberapa warna yang seolah-olah tidak tersusun rapi akan tetapi tetap enak di pandang. untuk blorok sendiri masih di bagi lagi menjadi beberapa warna biru dan hijau.

5. Lovebird Halfsider

Burung lovebird halfsider memiliki keunikan yang tidak di miliki oleh jenis lovebird lain. Lovebird halsider memiliki 2 warna yang berbeda pada bulunya dan biasanya warnanya terbagi seperti garis lurus yang membelah antara bagian kiri dengan kanan yang memiliki warna berbeda misal hijau dengan merah ataupun warna lainnya.

6. Lovebird Biola

Lovebird biola merupakan burung lovebird yang memiliki harga jual paling tinggi (berdasarkan warna) dari semua jenis lovebird yang ada di indonesia. Untuk satu ekor lovebird biola harganya bisa mencapai 15 juta rupiah bahkan bisa lebih.

Walaupun demikian burung lovebird biola saat ini masih agak susah di temukan di pasaran pada umumnya. Biasanya lovebird biola hanya di miliki oleh kalangan-kalangan tertentu seperti para importir burung lovebird.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by