Sukses

10 Cara Mengikat Tali Sepatu, Bikin Penampilan Makin Keren

Kamu bisa langsung praktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Alas kaki merupakan hal terpenting yang harus dikenakan manusia untuk melindungi telapak kaki agar tidak terluka dan kotor. Di antara beragam banyaknya alas kaki, sepatu merupakan yang paling sering digunakan. 

Kamu punya sepatu baru tapi bingung bagaimana membuatnya terlihat keren? Apalagi sepatu bertali yang talinya terurai begitu saja saat baru dibeli. Mengikat tali sepatu memang terkadang bisa menjadi perkara sulit dan menjengkelkan. Kamu yang ingin selalu tampil kekinian pasti juga pernah merasa bosan dengan gaya mengikat tali sepatu yang itu-itu saja.

Padahal, ada banyak cara mengikat tali sepatu yang dijamin bikin penampilan semakin keren. Sebenarnya tidak semua orang harus memperhatikan gaya tali sepatu. Namun, tidak ada salahnya untuk menghibur diri dengan berkreasi mengikat tali sepatu.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan cara mengikat tali sepatu yang bisa buat penampilan kamu semakin keren, yang dilansir dari BuzzFeed, Sabtu (9/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengikat Tali Sepatu Beda Teknik

1. Teknik Menyilang

Cara mengikat tali sepatu yang pertama ini adalah cara dasar yang paling umum dilakukan orang-orang. Pertama, kamu harus memulai masukkan tali ke dalam lubang paling ujung depan. Seperti yang terlihat pada gambar, kamu hanya perlu menyilangkan tiap sisi tali dan dimasukkan ke dalam lubang secara bergantian.

2.  Teknik Tangga

Kamu pasti tahu kan bentuk tangga yang biasa kamu temukan di rumah? Kamu juga bisa mengkreasikan tali sepatumu dengan gaya ini. Langkah pertama yang harus kamu lakukan persis seperti pada cara pertama.

Selanjutnya, masukkan tiap tali ke dalam lubang di sebelahnya secara lurus, tidak menyilang seperti cara pertama. Lalu, keluarkan tiap tali dari bawah lubang, bawa ke atas kemudian silangkan dengan sisi berlawanan. Selanjutnya, kamu bisa merujuk pada gambar agar sepatumu terlihat semakin keren.

3. Gigi Gergaji

Cara mengikat tali sepatu yang ketiga ini menyerupai gigi gergaji. Caranya, masukkan tali sepatu ke dalam dua lubang paling ujung. Pada satu sisi, masukkan ke lubang sebelah melalui bagian bawah. Lalu, keluarkan dan masukkan ke dalam lubang di seberangnya.

Di sisi lain, silangkan ke arah lubang dengan melewati satu sisi di sebelahnya. Selanjutnya, kamu bisa meneruskan dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Atau kamu bisa merujuk pada gambar.

4.  Gaya Twistie

Untuk cara keempat ini diberi nama dengan gaya twistie alias berkelok-kelok. Cara ini hampir sama dengan cara pertama, namun saat menyilangkan kamu harus memutar kedua sisi sehingga terlihat seperti pada gambar.

5.  Gaya Tali Tersembunyi

Jika biasanya kamu mengkreasikan gaya menyilang menjadi gaya lain, kali ini kamu dapat mencoba cara mengikat tali sepatu yang kelima yang nggak kalah kerennya. Dalam bahasa Inggris, gaya ini disebut dengan hidden knot. 

3 dari 4 halaman

Cara Mengikat Tali Sepatu Beda Gaya

6. Gaya Checkerboard

Nah, yang ke-enam ini bentuknya seperti seni anyaman yang pernah kamu lakukan di sekolah. Seperti yang kamu tahu, anyaman membutuhkan dua kertas berbeda warna untuk membuatnya indah dilihat. Begitu juga dengan tali sepatu kamu. Siapkan dua warna berbeda yang selaras dengan warna sepatumu.

7. Gaya Lattice

Cara mengikat tali sepatu selanjutnya adalah gaya lattice. Untuk cara kali ini, akan lebih bagus jika kamu menggunakan tali sepatu yang berbentuk lebar dan pipih seperti pada gambar. Dengan memilih gaya ini, tali sepatumu bisa diikat seperti pita.

8. Gaya Bi-Colour

Sama seperti cara keenam, kamu juga harus menyiapkan dua tali dengan warna yang berbeda untuk mempraktikkan gaya B-Colour. Yang perlu diperhatikan dari cara ini adalah kamu harus mengikat kedua tali dengan erat agar tidak lepas saat dipakai untuk berjalan.

9. Gaya Riding Bow

Cara mengikat tali sepatu yang ke-sembilan adalah gaya Riding Bow. Cara ini cukup unik karena ujung tali akan diikat di tengah-tengah sepatu seperti pada gambar. Mungkin terlihat seperti membutuhkan dua tali, namun kamu hanya butuh 1 tali saja, kok!

10.  Gaya Double Back

Cara yang terakhir ini hampir mirip dengan teknik menyilang. Bedanya, kamu harus melompati satu lubang untuk menyelesaikan cara ini. selain itu, sebelum lubang terakhir, kamu bisa menguncinya dengan memasukkan satu tali ke dalam lubang.

4 dari 4 halaman

Fungsi Lubang Tambahan Pada Sepatu

Dilansir Liputan6.com dari Shared, Sabtu (9/3/2019), ketika kamu sedang berjalan atau berolahraga, kedua lubang tambahan tali sepatu itu bisa digunakan untuk membuat kunci tumit. Mengikat tali sepatu pada kedua lubang tambahan dapat menahan bagian belakang kaki pada tempatnya, sehingga tidak menyebabkan goresan dan lecet.

Oleh karena itu, biasanya para perlari mengikat tali sepatu sampai bagian dua lubang tali tersebut untuk mencegah bagian belakang kaki terluka karena bergesekan ketika berolahraga. Teknik kunci tumit ini perlu dicoba karena mampu menyelamatkanmu dari rasa sakit dan lecet ketika menggunakan sepatu saat aktif bergerak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini