Sukses

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut secara Alami dan Permanen

Kutu rambut adalah serangga penghisap darah yang bersarang di rambut manusia.

Liputan6.com, Jakarta Masalah pada rambut yang cukup membuat banyak orang kesal dan mungkin juga malu jika ketahuan ialah memiliki kutu rambut. Tentu saja situasi ini akan cukup mengganggu bagi kamu yang memiliki kutu pada rambut. Hal ini dikarenakan serangga peminum darah ini akan membuat kepala kamu terasa gatal.

Namun bukan hanya beberapa kutu rambut saja loh yang bisa ada di kepala kamu, melainkan rambut kamu bisa menjadi rumah bagi para kutu-kutu ini. Alhasil para kutu rambut ini pun akan bertelur pada bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala.

Penularan kutu rambut ini rentan terjadi pada anak-anak usia sekolah loh. Akan tetapi pada orang dewasa juga bisa tertular jika tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut. Mereka bisa menular jika kamu melakukan kontak langsung antar kepala dengan yang memiliki kutu rambut. Selain itu, penggunaan benda-benda yang berkaitan dengan kepala pun bisa menyebabkan kamu memiliki kutu rambut. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sendiri berbagai peralatan kamu seperti topi, handuk, bantal, sisir serta kasur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkembangbiakan kutu rambut

Bukan hanya perkembangbiakannya saja yang cepat, akan tetapi penularan kutu rambut pun sangat cepat. Tentu saja jika kamu tak segara mengatasi permasalahan kutu rambut ini, maka mereka akan berkembang biak di kepala kamu. Perkembangbiakan pada kutu rambut pun tergolong cepat.

Perkembangbiakkan kutu rambut ini dengan cara bertelur. Telur kutu rambut ini memiliki ukuran sebesar biji wijen. Selain itu, memiliki warna yang mirip dengan rambut sehingga menulitkan kamu untuk membersihkannya. Akan tetapi telur yang kosong akan lebih mudah terlihat karena memiliki warna yang lebih cerah. Sehingga akan terlihat seperti ketombe pada umumnya.

Kamu tentu saja tak ingin mengalami masalah kutu rambut di kepala kamu kan? Oleh karena itu ada beberapa cara menghilangkan telur kutu agar tidak terus berkembang. Beberapa cara menghilangkan telur kutu secara alami pun bisa kamu lakukan dengan mudah. Untuk itu, Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019) mengenai cara menghilangkan telur kutu secara alami dan permanen.

3 dari 4 halaman

Cara menghilangkan telur kutu

1. Gunakan sisir serit

Cara menghilangkan telur kutu beserta kutu rambut yang cukup mudah ialah dengan menggunakan sisir serit. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan sisir serit ini di toko-toko alat kosmetik. Jika bisa, kamu sebaiknya menggunakan sisir serit dengan jarak antar gigi sebesar 0,2 mm. Semakin kecil jaraknya, maka semakin cepat dan efektif untuk menghilangkan kutu dan juga telurnya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama kamu hanya perlu membasahi rambut kamu. Hal ini dikarenakan jika rambut kamu dan kulit kepala kamu basah, maka pergerakan kutu pun akan lambat. Kamu hanya perlu menyisir rambut dengan sisir serit ini dengan rata pada seluruh bagin kulit kepala. Lakukan selama tiga hari sekali sampai telur kutu benar-benar hilang.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai cara menghilangkan telur kutu pada rambut yang panjang. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Sebelum menggunakan minyak zaitun ini sebaiknya kamu keramas hingga rambutmu bersih, kemudian keringkan dengan handuk.

Setelah dirasa cukup kering, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun pada seluruh permukaan kulit kepala. Kemudian lakukan pijatan secara lembut kurang lebih 15 menit. Setelah dipijat, gunakanlah penutup kepala atau shower cap untuk menutupi rambut tersebut, kemudian bawalah tidur untuk mendiamkannya hingga keesokkan harinya. Setelah bangun tidur, kamu bisa melakukan keramas lagi pada rambut hingga benar-benar bersih menggunakan shampo. Tentu saja untuk mendapatkan hasil maksimal dan mencegah adanya kutu rambut lagi, kamu harus melakukannya secara rutin.

4 dari 4 halaman

Langkah menghilangkan kutu rambut sendiri di rumah

3. Alkohol

Cara menghilangkan telur kutu lainnya kamu bisa menggunakan alkohol dengan kadar 70 persen. Hal ini karena alkohol memiliki senyawa isoprofil yang bisa membasmi kutu dan juga telurnya. Namun jangan gunakan alkohol ini apabila kamu sedang mengalami luka di kulit kepala. Selain itu, kamu pun hanya perlu melakukan perawatan dengan alkohol ini 1 kali dalam seminggu saja.

Cara menghilangkan telur kutu menggunakan alkohol ini kamu hanya perlu menuangkan alkohol di telapak tangan secukupnya. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan lakukan pijitan dengan lembut. Biarkan selama 20 hingga 30 menit, setelah itu gunakan sisir serit untuk menyisir rambut. Maka kutu dan juga telur kutu pun akan berjatuhan. Setelah itu kamu bisa keramas dengan shampoo dan air dingin hingga bersih.

4. Lemon

Kamu bisa menghilangkan telur kutu dan juga kutu rambut dengan menggunakan lemon. Kandungan asam yang tinggi inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk membasmi telur kutu besarta kutu rambut. Menggunakan lemon sebagai alternatif penghilang kutu dan telur kutu pun cukup efektif dan juga aman.

Menghilangkan telur kutu dengan lemon ini, kamu hanya perlu memotong 2 buah lemon dan peras hingga keluar air lemon. Setelah itu campurkan dengan air sebanyak 100 ml hingga merata. Teteskan sedikit demi sedikit pada kulit kepala lalu pijit selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu diamkan selama 30 sampai 40 menit dan keramaslah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 kali dalam seminggu hingga kutu dan telur kutu benar-benar menghilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.