Sukses

18 Jenis Kelamin di Thailand yang Jarang Diketahui, Serupa tapi Tak Sama

Negeri Gajah Putih ini telah meresmikan 18 jenis kelamin.

Liputan6.com, Jakarta Thailand adalah negara asal muasal olahraga beladiri Muay Thai terkenal. Muay Thai adalah olahraga nasional di Kerajaan Thai dan merupakan seni beladiri setempat. Popularitasnya memuncak di seluruh dunia pada tahun 1990-an. Namun, ada pula seni beladiri yang mirip dengan Muay Thai di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Selain terkenal akan Muay Thai, Thailand sering dianggap sebagai ibu kota transgender di dunia. Hal itu karena dilihat maraknya operasi jenis kelamin yang terjadi di sana. Selain itu, fakta bahwa orang-orang transgender di Thailand biasanya diperlakukan lebih baik daripada di tempat lain .

Akan tetapi, penerimaan transgender di Thailand jauh melampaui bukan hanya orang yang telah menjalani operasi kelamin. Namun, Thailand secara hukum mengakui "gender ketiga". Buktinya, ada 18 jenis kelamin di Thailand yang masih jarang diketahui.

Hampir semua negara di dunia hanya melegalkan dua jenis kelamin saja. Meski demikian, Negeri Gajah Putih tersebut telah meresmikan 18 jenis kelamin. Penasaran dengan 18 jenis kelamin selain pria dan wanita di Thailand?

Berikut Liputan6.com rangkum 18 jenis kelamin di Thailand yang dilansir dari laman Next Shark, Minggu (3/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

18 Jenis Kelamin di Thailand

1. Pria

Seorang pria yang menyukai wanita.

2. Wanita

Seorang wanita yang menyukai pria.

3. Tom

Seorang wanita yang berpenampilan seperti pria dan menyukai dee.

4. Dee

Seorang wanita yang menyukai tom.

5. Tom Gay

Seorang wanita yang menyukai tom dan dee.

6. Tom Gay King

Seorang tom yang gagah, tapi sebenarnya adalah wanita.

7. Bi

Seorang wanita yang menyukai semua, termasuk wanita juga pria.

8. Boat

Seorang pria yang menyukai semua, termasuk pria juga wanita.

9. Gay Queen

Seorang pria feminim yang menyukai pria.

3 dari 5 halaman

18 Jenis Kelamin di Thailand

10. Gay King

Seorang pria gagah yang menyukai pria.

11. Tom Gay Queen

Seorang tom yang menyukai tom feminin.

12. Tom Gay Two Way

Seorang tom yang merupakan tom gay king atau tom gay queen.

13. Lesbian

Seorang wanita yang suka wanita.

14. Kathoey atau Lady Boy

Seorang pria yang dioperasi plastik menjadi wanita.

15. Adam

Seorang pria yang menyukai tom.

16. Angee

Seorang lady boy yang menyukai tom.

17. Cherry

Seorang wanita yang menyukai pria gay dan lady boy.

18. Samyaan

Seorang wanita yang suka tom dan lesbian atau wanita.

4 dari 5 halaman

Jenis Kelamin di Thailand yang Membingungkan

Beberapa jenis kelamin di Thailand ini tentu terlihat membingungkan, stau mungkin di antara kamu mengatakan banyaknya jenis kelamin di Thailand ini hanya sebuah lelucon.

Orang Thailand mungkin tidak dapat memperdebatkan semua 18 jenis kelamin di Thailand dan definisinya bagi mereka. Seperti mereka yang yang mengidentifikasi dirinya sebagai 'Boat' atau 'Kathoey' atau 'Tom Gay Two-Way'. Dengan jenis kelamin yang berbeda ini, mungkin membuat mereka berarti bagi dunia mereka.

Sebenarnya, Thailand memiliki sejarah panjang berbagai jenis kelamin. Toms, Dees, dan Kathoey adalah bagian dari budaya identitas gender Thailand seperti halnya kaum gay, lesbian, dan orang trans di Barat.

5 dari 5 halaman

Julukan Negara Thailand

Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai. Thailand dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949.

Kata 'Thai' berarti 'kebebasan' dalam bahasa Thai. Namun, juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga menyebabkan nama Siam masih digunakan di kalangan warga negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa dan Amerika.

Populasi Thailand didominasi etnis Thai dan etnis Lao, yang berjumlah 3/4 dari seluruh penduduk. Selain itu, juga terdapat komunitas besar etnis Tionghoa yang secara sejarah memegang peranan yang besar dalam bidang ekonomi. Etnis lainnya termasuk etnis Melayu di selatan, Mon, Khmer dan berbagai suku orang bukit.

Sekitar 94,63% penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada. Namun, ada minoritas kecil pemeluk agama Islam, Kristen dan Hindu. Bahasa Thai merupakan bahasa nasional Thailand, yang ditulis menggunakan aksaranya sendiri, tetapi ada banyak juga bahasa daerah lainnya. Selain itu, bahasa Inggris juga diajarkan secara luas di sekolah.

Selain hal-hal di atas, Thailand juga memiliki julukan yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Berikut julukan yang melekat pada negara Thailand

· Negara Seribu Pagoda

Negara Thailand banyak sekali kuil-kuil atau pagoda-pagoda.

· Negeri Gajah Putih

Alasan Thailand disebut dengan Negeri Gajah Putih ada dua versi.

Pertama, karena spesies hewan gajah putih endemik di Thailand. Maka dari itu disebut Negeri Gajah Pputih.

Kedua, karena pada jaman dahulu kala gajah putih dianggap sebagai hewan suci umat Buddha Thai. Hal itu karena gajah putih adalah kendaraan Sidharta Gautama saat bertapa di bawah pohon untuk mendapat wahyu.

· Tanah Merdeka

Thailand adalah salah satu negara di Asia dan satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

· Lumbung Padi Asia Tenggara

Produksi padi di negara Thailand sangat produktif sekali. Bahkan saat ini Thailand merupakan negara pengekspor terbesar produk pertanian dunia. Ekonomi Thailand bergantung pada ekspor dari seluruh angkatan kerja Thailand dipekerjakan di bidang pertanian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.