Sukses

Studi: Miliki Banyak Anak Terbukti Perpanjang Usia Wanita

Memiliki banyak anak diklaim bisa memperpanjang umur dan awet muda. Ketahui penjelasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Orangtua, khususnya para ibu tentu tahu betapa sulitnya membesarkan buah hati mereka, apalagi jika memiliki banyak anak. Meski perlu perjuangan, tapi menjadi seorang ibu tentu memiliki banyak sisi baik.

Memiliki banyak anak akan mengisi hidupmu dengan banyak petualangan, cinta yang luar biasa dan akan menjamin kamu saat membutuhkan perawatan dan dukungan ketika lansia. Para ahli menemukan bahwa semakin banyak anak yang kamu miliki, semakin lama juga kamu hidup. Kok bisa ya?

Melansir Brightside, Jumat (1/3/2019), sebuah tim peneliti dari Universitas New South Wales mempelajari sekelompok besar orang Australia yang lebih tua untuk mengetahui bagaimana ketidakhadiran atau kehadiran anak-anak mempengaruhi harapan hidup wanita.

Ternyata, wanita yang memiliki dua anak punya risiko kematian 17% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki anak. Wanita dengan 3 anak menunjukkan risiko kematian yang lebih rendah, yakni 20% lebih sedikit. Pola tersebut berlanjut dengan jumlah anak yang lebih banyak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melahirkan Banyak Anak Bikin Awet Muda

Sementara, studi yang dilakukan tim ahli dari Universitas Simon Fraser di Kanada, menunjukkan bahwa wanita dengan banyak anak cenderung bisa memperlambat proses penuaan sel-sel mereka atau bikin awet muda.

Profesor ilmu kesehatan, Pablo Nepomnaschy dan peneliti postdoctoral, Cindy Barha mempelajari wanita dari Guatamela yang menunjukkan tanda-tanda umur panjang. Namun, studi lainnya menunjukkan hasil yang berlawanan. Teori baru menyatakan bahwa wanita yang melahirkan banyak anak malah lebih cepat tua.

"Melahirkan anak-anak bisa merampas energi seseorang," kata studi lainnya.

Selain itu, Pablo Nepomnaschy menyebutkan alasan lain hubungan memiliki banyak anak dengan umur panjang. Dia percaya bahwa konteks sosial yang dijalani ibu bisa membuat perbedaan. Ibu yang memiliki banyak anak umumnya menerima banyak dukungan dari teman dan keluarga mereka yang secara positif akan mempengaruhi keadaan fisik dan emosional mereka.

"Dukungan yang lebih besar mengarah pada peningkatan jumlah energi metabolik yang bisa dialokasikan untuk pemeliharaan jaringan, sehingga memperlambat proses penuaan," lanjut Pablo.

Jadi, apakah kamu tertarik memiliki banyak anak?

(Ul) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.