Sukses

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas Origami yang Simpel dan Mudah

Bisa jadi hiasan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Bunga sakura adalah bunga dari Jepang yang sudah sangat dikenal oleh orang di seluruh dunia. Bunga ini terkenal akan kecantikan dan keindahannya. Momen kita bisa melihat langsung bunga ini mekar ialah dari akhir Maret hingga awal April. Membahas mengenai keindahan bunga sakura memang tidak ada habisnya.

Mengingat bunga sakura sendiri selalu hadir dengan warna dan tampilan indah dan cantik. Warna merah mudah atau pink pada bunga sakura melambangkan kefanaan dan keanggunan yang menerima dengan tenang takdirnya. Lalu bagaimana jika bunga sakura tersebut kita buat dengan kertas origami.

Origami berasal dari kata Ori dan kami (Bahasa Jepang) Ori berarti "lipat", dan kami yang berarti "kertas" yang artinya adalah sebuah seni lipat yang dengan menggunakan teknik yang berasal dari negara Jepang. Bahan yang dipakai adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi.

Nah, bagi kamu yang tertarik membuat bunga sakura dari origami. Berikut Liputan6.com rangkum cara membuat bunga sakura dari kertas origami, Jumat (1/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membuat bunga sakura dari kertas origami

Yang harus kamu siapkan sebelum membuat bunga sakura dari kertas origami adalah kertas origami warna pink saja serta jangan lupa untuk siapkan alat gunting dan lem. Adapun langkah-langkahnya ada sebagai berikut:

1. Lipatlah kertas origami menjadi dua. Ini merupakan langkah paling awal dalam membuat bunga sakura dari kertas.

2. Lipat salah satu sudut bawah kertas untuk membuat segitiga, bagian ini nantinya akan jadi kelopak bunga sakura. Ulangi langkah ini untuk bagian belakang kertas origami yang dilipat.

3. Potong segitiga kecil melalui semua lapisan atau lipatan yang telah dibuat sebelumnya. Simpan potongan segitiga kecil karena akan diperlukan untuk langkah selanjutnya dalam membuat origami bunga sakura ini.

4. Selanjutnya, beri lem pada salah satu sisinya dan kemudian rekatkan kedua sisi. Maka bentuknya akan menjadi seperti contong es krim. Biasanya untuk membuat satu bunga diperlukan 5 contong bunga. contong biasanya disebut 'kelopak' bunga.

5. Kemudian ambilah satu kelopak, lalu tempelkan dengan double tip atau lem. Lalu ambil satu kelopak lagi, kemudian tempelkan ke kelopak yang tadi diberi double tip.

6. Selanjutnya, tempelkan double tip untuk kelopak yang ditempel tadi sampai mencapai total 5 kelopak menempel dan menjadi satu kesatuan

7. Potong kertas secara melengkung, di kertas yang menghubungkan 2 segitiga. Pisahkan semua lima kelopak bunga sakura origami ini.

8. Kemudian, pasang dan satukan kelopak bunga sakura tersebut dan menekan kelopak bunga secara bersama-sama. Tambahkan segitiga kecil dari langkah 4 hingga bagian tengah lengket. Kamu akan mendapatkan sebuah bunga sakura yang cantik.

Demikianlah cara membuat bunga sakura dari kertas origami yang sangat mudah dan sederhana serta dapat kamu praktekkan sendiri dirumah, dan berkreasilah dengan jenis-jenis bunga yang lain.

3 dari 3 halaman

Cara membuat bunga sakura dari kertas krep

Setelah membuat bunga sakura dari kertas origami, selanjutnya bisa kamu coba cara membuat bunga sakura dari kertas krep. Dan yang harus disiapkan terlebih dahulu bahan dan alat seperti: gunting, pensil, pot kecil dan penggaris, benang, kertas koran, Isolasi warna, benang, kertas krep bermacam warna, lem kertas.

Dalam membuat tangkai bunga sakura kertas ini bisa kamu menggunakan kawat. Kawat tersebut dililitkan dengan kertas atau benang sampai benar-benar mirip ranting bunga sakura yang asli. Namun, jika kamu juga bisa meggunakan ranting yang sudah dikeringkan ataupun diawetkan.

1. Potonglah kertas kertas yang berwarna hijau dan kuning menjadi ukuran 1×10 cm. Lalu potong kertas merah muda menjadi ukuran 5×10 cm.

2. Lipat kertas krep yang berwarna pink dan gunting lah hingga menjadi 5 bagian. Dimana bentuknya memanjang dan lonjong bak kelopak bunga sakura.

3. Hasil dari pengguntingan tadi akan menghasilkan 5 bagian kelopak. Dimana setiap kelopak ada 2 tumpuk kelopak.

4. Bentuklah kertas krep yang berwarna kuning menjadi sebuah putik bunga sakura. Bentuk lipatan krep yang berwarna kuning sedikit panjang. Dengan bentuk memanjang tersebut akan memudahkan kamu dalam melekatkan kelopak pada ranting.

5. Kalau putik bunga sudah terbentuk maka langkah selanjutnya adalah dengan melekatkan satu per satu kelopak bunga di putik untuk menjadi mahkota.

6. Lalu tutuplah bagian putik dengan memakai kertas krep yang berwarna hijau. Nah, alasan pemilihan warna hijau adalah agar memunculkan kesan seperti sebuah tangkai bunga yang asli.

7. Ulangi cara-cara diatas sampai menghasil kan bunga kertas sakura yang indah.

8. Supaya bunga sakura terlihat seperti sungguhan maka buatlah beberapa kuncup bunga sakura.

9. Langkah selanjutnya adalah merangkai bunga-bunga tersebut. Lekatkan bunga dan kuncup bunga yang sudah dibikin tadi pada ranting dengan hati-hati.

10. Rekatkan kuncup tadi dengan merata ke seluruh ranting sampai rantingnya itu penuh dengan bunga. Dan selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini