Sukses

Arti Warna Kuning dalam Kepribadian dan Kesehatan Tubuh

Warna kuning merupakan salah satu warna yang sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Warna membawa keindahan yang menakjubkan dalam kehidupan kita. Di antara banyak pilihan, pasti setiap orang memiliki satu warna favorit. Namun, tiap orang memiliki warna favorit yang berbeda. Warna favorit setiap orang bisa menjadi warna yang dibenci orang lain. Menurut beberapa ilmuwan, setiap warna mempunyai makna untuk otak kamu dan akhirnya berdampak pada suasana hati kamu.

Namun tidak hanya itu saja, pernahkah kamu menyadari kalau sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang kuliner memilih merah atau kuning sebagai warna dominan pada logo mereka. Coba saja perhatikan logo McDonald's, KFC, Pizza Hut dan banyak merek laiinya. Merek-merek terkenal itu menggunakan warna merah dan kuning.

Berdasarkan psikologi warna, merah dan kuning termasuk warna yang paling mencolok di mata. Selain itu dalam terapi warna merah bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan nafsu makan. Sementara warna kuning memberikan kesan ramah dan hangat.

Berbicara tentang warna kuning, mungkin warna ini merupakan salah satu warna yang sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari lampu jalan, tanda garis polisi, kendaraan proyek seperti hexa, truk, dll semuanya berwarna kuning. Nah, bagi kamu yang suka warna kuning berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019) arti warna kuning yang harus kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti warna kuning dalam ilmu Psikologi

Kuning adalah warna yang dapat mengangkat suasana hati seseorang. Warna tersebut memiliki sifat cerah yang membantu kamu merasa positif dan optimis. Warna kuning menyeimbangkan pikiran kamu dan menjaga suasana hati kamu agar semakin riang gembira sepanjang hari.

Dalam ilmu psikologi arti warna kuning merupakan simbol imajinasi, kepandaian, dan kebahagiaan. Penyuka warna kuning adalah tipe orang yang penuh petualangan, berinsting tajam, dan punya peluang baik dalam usaha atau bisnis yang dijalani. Tidak hanya itu warna kuning adalah warna yang mendiskripsikan intelektualitas. Bisa juga berarti optimis dan bisa juga tidak sabar dan pengecut.

Penyuka warna kuning cenderung memiliki kecerdasan tinggi. Mereka sangat tangkas dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan ketangkasan. Mereka juga sangat mudah untuk fokus dan teliti dalam mengambil keputusan penting dalam hidup.

3 dari 5 halaman

Arti warna kuning dalam kepribadian

Selaras dengan warna kuning yang cerah, arti warna kuning dalam kepribadian menunjukkan sosok yang ceria. Artinya, pecinta warna kuning juga memiliki kepribadian ceria. Mereka senantiasa bahagia dan merupakan sosok yang menyenangkan. Di samping itu, pecinta warna kuning pun memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Mereka cocok bekerja di bidang yang memerlukan ketelitian tinggi. Mereka juga sangat kreatif dan mencintai seni.

Percaya diri pecinta warna kuning ini sangat tinggi. Mereka mudah tertarik dengan hal baru. Pecinta warna kuning percaya bahwa apa yang mereka lakukan pasti akan berhasil. Pembawaan ini bisa memberi semangat yang positif pada orang-orang di sekitarnya. Mereka juga menyukai tantangan. Bagi mereka, hidup ini penuh dengan tantangan yang harus dihadapi kapan saja.

Pecinta warna kuning punya banyak teman karena mudah bersosialisasi. Sosok ini juga pintar menyeimbangkan mana kepentingan pribadi dan umum. Penyuka warna kuning sering memikirkan bagaimana semua hal bisa menjadi lebih baik dan tujuan hidup mereka adalah membuat perubahan. Mereka tidak akan kabur begitu saja ketika berhadapan dengan tantangan atau masalah.

4 dari 5 halaman

Arti warna kuning di belahan dunia

Hampir setiap kebudayaan di belahan dunia mengartikan warna kuning sebagai sinar matahari yaitu sumber kehangatan dan kebahagiaan. Pada beberapa agama arti warna kuning merupakan warna yang paling sering dikaitkan dengan keTuhanan, seperti Hinduisme dan Mesir kuno.

Tidak hanya di Indonesia. warna kuning juga dijadikan sebagai salah satu warna dari rambu lalu lintas yang memiliki arti hati-hati ketika berkendara. Di Negara Jepang, arti warna kuning sering mewakili menunjukkan keberanian.

Berbeda dengan kebanyakan lainnya, di China kata-kata kuning identik dengan film dewasa. Jika di dunia barat film dewasa disebut dengan Blue film, sedangkan di China film dewasa diberi nama Yelllo Film atau Film Kuning. Jadi kalau lihat deretan film cina yang memiliki tanda "yellow film" itu berarti khusus untuk dewasa.

Kalau di beberapa daerah di Meksiko sama dengan di Indonesia, warna kuning terkait dengan kematian. Sedangkan waktu era Hitler, arti warna kuning dipakai untuk tanda penghianatan pada seseorang ketika ingin dihukum mati. Digunakan sebagai label untuk orang Yahudi di abad pertengahan orang Yahudi dipaksa memakai warna kuning selama era penuntutan Nazi.

5 dari 5 halaman

Arti warna kuning bagi tubuh

Arti warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus. Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses mental.

Arti warna kuning cerah ini juga merangsang otak serta membuat kamu lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak.

Kuning juga biasanya digunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua didominasi warna kuning atau merah karena sifatnya menarik perhatian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini