Sukses

3 Cara Menyetel Gitar Ukulele Untuk Pemula, Belajar Musik dengan Mudah

Cocok untuk kamu yang tertarik belajar ukulele.

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, musik adalah bagian terpenting dalam hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Hanya dengan mendengarkan musik favorit, hari yang semula kelabu bisa berubah jadi lebih cerah. Maka tak heran jika sehari tanpa mendengarkan musik terkadang membuat semangat hidup berkurang.

Nyatanya, musik memang memiliki segudang manfaat dalam hidup manusia. Misalnya, jika dilihat dari aspek kesehatan. Dikutip Liputan6.com dari laman Inminutes, Kamis (28/2/2019), mendengarkan musik bisa memperbaiki tekanan darah dan detak jantung.

Selain itu, musik juga dapat menjaga otak tetap sehat hingga meningkatkan kemampuan visual dan komunikasi.

Saking banyaknya manfaat musik, tidak sedikit orang yang mempelajari cara memproduksi musik yang enak didengar. Bahkan, tak jarang yang sampai membuat lirik lagu hingga membentuk lagu dengan lirik yang indah. Biasanya, mereka terinspirasi dari kehidupan sehari-hari atau dari kejadian yang tidak sengaja dilalui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Gitar Ukulele

Terlebih lagi, alat musik beragam jenisnya sehingga setiap orang bisa memilih jenis alat musik seperti apa yang ingin ditekuni. Salah satunya adalah ukulele.

Ukulele seringkali disebut sebagai gitar mini. Memang benar jika dilihat dari fisiknya, ukulele memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dari gitar pada umumnya. Oleh karena itu, ukulele kerap disebut gitar ukulele oleh banyak orang.

Berbeda dengan gitar pada umumnya, ukulele memiliki tuning sendiri. Keuntungan memilih alat musik ini adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk kamu bawa kemanapun kamu pergi Instrumen musik ini berasal dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879. Meskipun kecil, tapi suara yang dihasilkan sangatlah merdu dan punya keunikan tersendiri.

Nah, bagi kamu yang masih belajar memainkan musik, gitar ukulele bisa kamu pilih untuk melatih jari-jari tanganmu yang penuh bakat itu. Namun, sebelum berlatih memainkan gitar ukulele, kamu harus mengetahui cara menyetel gitar ukulele.

Kira-kira seperti apa caranya? Daripada penasaran, yuk simak cara menyetel gitar ukulele agar kamu bisa memproduksi bunyi-bunyian indah untuk mewarnai hari-harimu, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

3 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele

Sebelum mulai menyetel gitar ukulele, kamu harus tahu bahwa ukulele yang umum digunakan terdiri dari dua macam, yaitu ukulele sopran dan tenor. Keduanya memiliki 4 senar dengan pitch GCEA. Secara berurutan dari atas ke bawah, pitch GCEA berlaku untuk senar 4, 3, 2, dan 1.

Pastikan semua senar ukulele kamu telah terpasang dengan baik. Jika belum, kamu bisa mengencangkan ataupun mengendurkan tiap senar dengan pemutar di ujung papan petik.

Kencangkan senar untuk menaikkan nada. Atau kendurkan senar untuk menurunkan nada. Namun, jangan menyetel senar terlalu kencang karena bisa membuat senar putus.

Jika sudah paham dengan urutan senar, selanjutnya kamu cocokkan nada tiap senar agar dapat berbunyi dengan nyaring. Kamu bisa menggunakan alat musik lain, seperti piano.

Bisa juga dengan aplikasi online yang ada di Playstore atau App Store. Sesuaikan bunyi senar ukulele hingga nadanya sama dengan bunyi yang dikeluarkan piano atau melalui aplikasi online.

4 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Aplikasi Online

Jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi online, kamu bisa download aplikasi ‘Ukulele Tuner Free’ di Playstore maupun App Store. Setelah diinstall, mulailah untuk menyamakan nada tiap senar ukulele dengan aplikasi. Saat memetik senar, aplikasi akan menunjukkan apakah nadanya sudah sesuai.

Caranya adalah dengan mengatur posisi senar menggunakan alat pemutar yang berada di samping ujung kepala ukulele hingga menghasilkan bunyi yang sesuai. Kelebihan dari cara pertama ini adalah aplikasi tersebut akan menunjukkan nada yang paling tepat dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Piano

Cara menyetel ukulele yang kedua adalah dengan menyamakan nada di tiap tuts piano. Mungkin caranya lebih rumit dari cara pertama menggunakan aplikasi online. Pasalnya, selain harus menyiapkan piano, kamu juga harus menekan tuts piano dengan tanganmu sendiri hingga senar ukulele mengeluarkan bunyi yang sama dengan tuts piano.

6 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Pipa Penyetem

Selain aplikasi online dan piano, kamu juga bisa menggunakan pipa penyetem untuk mengetahui cara menyetel gitar ukulele. Kamu bisa memilih pipa penyetem kromatik atau pipa penyetem yang dibuat khusus untuk ukulele.

Caranya adalah tiup pipa sesuai dengan nada yang kamu butuhkan, lalu petik senar ukulele dan sesuaikan hingga menghasilkan nada yang sesuai.

Nah, itulah tiga cara menyetel gitar ukulele yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu diperhatikan bahwa perubahan suhu ruangan ternyata bisa mempengaruhi setelan ukulele. Maka jangan heran ketika setelan nada ukulele kamu berubah saat kamu membawanya ke luar.

Selain itu, setelan nada ukulele juga tidak akan bertahan lama. Jadi, kamu tidak boleh bosan menyetel gitar ukulele. Usahakan untuk lebih sering mengencangkan senar ketimbang mengendurkannya. Namun, pastikan untuk tidak mengeluarkan tenaga terlalu besar karena senar ukulele bisa putus sewaktu-waktu karena tarikan yang terlalu kencang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini