Sukses

Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya, Wajib Diketahui Umat Muslim

Mengenal huruf hijaiyah agar bisa membaca Alquran dengan baik dan benar.

Liputan6.com, Jakarta Bagi umat Islam, membaca Alquran dengan baik dan benar adalah salah satu kewajiban. Dalam menunaikan ibadah sholat, seorang Muslim pasti membaca surat-surat pendek yang terdapat dalam Alquran. Agar dapat membaca Alquran dengan baik dan benar memang membutuhkan latihan yang sering agar terbiasa dengan lafal Alquran

Membaca Alquran tak bisa hanya dengan cara instan. Terlebih lagi jika sudah dewasa. Maka dari itu, penting bagi umat Muslim untuk belajar membaca Alquran sejak dini.

Membaca Alquran selain sebagai perintah Allah SWT, tetapi juga sebagai hal wajib yang dilakukan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala. Sebelum membaca Alquran, tentu saja kamu harus mempelajari terlebih dahulu huruf hijaiyah sebagai huruf yang digunakan dalam Alquran.

Huruf hijaiyah adalah huruf alfabet yang berasal dari Arab. Huruf hijaiyah dan cara bacanya memiliki aturan urutan yang berbeda dengan terminologi abjad. Walaupun Alquran diturunkan dengan huruf hijaiyah bukan berarti hanya ditujukan oleh orang-orang Arab saja, tetapi bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Untuk bisa memahami isi dari kitab suci Alquran, kamu harus mengenali terlebih dahulu apa saja huruf hijaiyah dan cara bacanya dengan baik dan benar. Dilansir Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara membaca huruf hijaiyah dan cara bacanya bagi kamu yang ingin mempelajarinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya

Untuk bisa mempelajari huruf hijaiyah, pertama harus dilandasi dengan niat dari hati. Semua yang dilandasi dari niat akan dipermudah. Dalam huruf hijaiyah memiliki total huruf sebanyak 29 buah. Berikut huruf hijaiyah dan cara bacanya.

ا           : alif

ب         : ba

ت         : ta

ث         : tsa

ج          : jim

ج          : ha

خ          : kho

د           : dal

ذ           : dzal

ر          : ro

ز          : zay, zayy atau za

س         : sin

ش         : syin

ص        : shod

ض        : dhod

ط          : tho

ظ          : zho

ع          : ain

غ          : ghoin

ف         : fa

ق          : qof

ك          : kaf

ل          : lam

م           : mim

ن          : nun

هـ          : ha

و          : waw

ي          : ya

ء          : hamzah

Huruf hijaiyah diatas disarankan untuk kamu hafalkan agar kamu bisa lancar membaca Alquran. Jika kamu telah hafal dan dapat membacanya dengan lancar, kamu bisa mencoba untuk membaca Alquran.

3 dari 4 halaman

Mengenal Bacaan Tajwid Alquran

Agar kamu lebih lancar dalam membaca Alquran, setelah mengenal huruf hijaiyah dan cara bacanya kamu harus mengetahui bacaan tajwid. Bacaan tajwid adalah ilmu bacaan Alquran yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Alquran secara baik dan benar.

Dalam bacaan tajwid ada cara membaca huruf dengan berdengung, samar dan jelas. Kamu perlu mengenal bacaan tajwid agar kamu dapat membaca Alquran dengan pelafalan yang baik dan benar.

Beberapa istilah dalam bacaan tajwid seperti Izhar yang berarti cara membacanya harus jelas. Idhgam berati harus membaca dengan berdengung atau melebur, Ikhfa yang memiliki arti membaca dengan samar-samar dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Mengetahui Isyarat Tanda Baca

Lancar membaca Alquran tentu kamu juga perlu mengetahui tanda baca dalam Alquran. Tanda baca ini mempengaruhi nada membacamu dan arti yang dilafalkan. Tanda baca dalam Alquran penting diketahui bagi kamu yang ingin membaca Alquran dengan baik dan benar.

Tanda baca ini disebut harakat. Dengan mengenal harakat kamu jadi tahu bagaimana cara membaca Alquran. Hakarat sebagai penentu bagaimana huruf hijaiyah dibaca dalam Alquran. Sama seperti dalam huruf abjad A I U E O, harakat pun begitu.

Tanda baca dalam Alquran misalnya Kasrah yang bermakna melanggar, artinya jika ada tanda Kasrah bacaan dibaca panjang. Tasydid adalah tanda baca untuk menunjukkan bacaan memiliki kononan ganda. Waqaf adalah tanda baca untuk berhenti sejenak dan melanjutkan bacaan dengan kata terakhir sebelumnya dan tanda bacaan lainnya.

Mengenal huruf hijaiyah dan cara bacanya memang harus membutuhkan kesabaran dan ketekunan agar dapat membaca Alquran dengan baik dan benar.

Membaca Alquran dengan baik dan benar maka diharapkan dapat mencermati isi dari kandungan Alquran untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah ibadah dan amalan baik.

Agar kamu bisa memahami dengan baik huruf hijaiyah dan bacaannya kamu bisa belajar dengan didampingi orang tua atau guru mengaji.

Manfaat membaca Alquran yang bisa kamu dapatkan antara lain seperti mendapatkan pahala dan kebaikan, memberikan derajat yang lebih baik, memperoleh rahmat dane perlindungan oleh para malaikat, terbiasa menjadi pribadi yang berperilaku mulia dan yang paling penting adalah hati lebih tenang dan tentram.

Demikian penjelasan tentang huruf hijaiyah dan cara bacanya bagi kamu yang ingin memulai mempelajari cara membaca Alquran dengan baik dan benar.

Salah satu kunci kamu bisa menguasai membaca Alquran dengan baik dan benar adalah sering membaca secara rutin dan rajin agar lebih terbiasa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.