Sukses

Cara Membuat Tas Rajut Terbaru dengan Model yang Menarik

Cara membuat tas rajut terbaru, kamu harus menguasai polanya terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Merajut adalah salah satu metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Teknik merjaut berbeda dari menenun. Merajut hanya menggunakan sehelai benang saja. Pola yang digunakan untuk merajut dengan sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.

Biasana merajut dapat dilakukan dengan cara manual atau dengan tangan langsung maupun menggunakan mesin. Merajut dapat menghasilkan banyak jenis kerajinan berbagai bentuk seperti baju, aksesoris, tas dan produk lainnya.

Awalnya budaya merajut diduga berasal dari budaya Arab yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tersebarnya budaya merajut melalui proses perdagangan jaman dulu yang awalnya berkembang di kawasan Timur Tengah dan Mediterania. Namun beberapa mengtakan bahwa budaya merajut berasal dari Tiongkok. Yang dibuktikan dengan penemuan boneka rajut.

Budaya merajut tersebut juga masuk ke Indonesia. Dengan mengenal kerajinan rajut, menjadikan budaya Indonesia semakin beragam, Beberapa kerajinan rajut buatan masyarakat Indonesia menjadi salah satu budaya dalam negeri. Banyak produk yang dihasilkan dari merajut. Salah satunya tas rajut yang banyak digemari.

Tak kalah dengan tas berbahan kulit, tas rajut juga memiliki daya tarik tersendiri sehingga tas rajut diminati banyak orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak muda pun kini mulai tertarik dengan tas rajut.

Bahkan tas rajut asal Indonesia yaitu dari daerah Papua masuk dalam panggung London Fashion Week 2018 lalu. Tas rajut asal Papua tersebut dibawa oleh desainer Indonesia, Yurita Puji. Ia membawa tas rajut Papua yaitu Noken yang sering digunakan di kepala dan terbuat dari kulit kayu.

Model tas rajut ada berbagai macam model. Tas rajut dipandang lebih mudah dirawat dan tahan lema ketimbang merawat tas kulit yang berharga jauh lebih mahal. Kamu yang tertarik dengan tas rajut, mungkin akan mulai mencari model dan cara membuat tas rajut terbaru yang bisa kamu buat sendiri.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) ada cara membuat tas rajut terbaru yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Sebelum membuat tas rajut, tentu kamu membutuhkan bahan-bahannya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain benang rajut seperti benang nylon, benang wol kenari atau benang katun, jarum rajut atau disebut hakpen, gunting atau silet, dan penggaris untuk mengukur model rajutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buat Susunan Rantai

Cara membuat tas rajut terbaru yang pertama adalah langkah dasar terlebih dahulu yaitu membuat pola atau tusuk rantai yang disusun. Buat pola dengan mengaitkan benang rajut pada hakpen dengan lingkarkan diujung tangan kiri.

Buat pola rantai yang panjang sesuai dengan panjang tas yang kamu inginkan. Langkah pertama membuat rantai adalahteknik dasar yang harus dikuasai untuk bisa membuat hasil karya rajutan.

3 dari 4 halaman

Menambah Pola Lain

Cara membuat tas rajut terbaru tak hanya menggunakan satu pola saja. Setelah dengan tusuk rantai, kamu bisa berganti pola. Tambahkan tusuk tunggal, misalnya.

Cara membuat tusuk tunggal dengan memasukkan jarum pada lubang kedua dari belakang jarum kemudian kaitkan benang tersebut pada jarum rajut. Tarik benang sampai melewati 2 lubang pada jarum, lalu kaitkan pada tusuk rantai sebelumnya.

Terakhir buatlah simpul yang berulang hingga bagian ujung pola bisa saling bertemu. Putar ke bagian sebelumnya hingga kedua sisi benang atau pola saling berkaitan.

Jika kamu berhasil membuat tusuk tersebut dengan cara melingkar maka secara tak langsung kamu telah membuat pola tas dasar yang akan kamu buat.

4 dari 4 halaman

Model Tas Rajut

Beberapa model tas sebagai cara membuat tas rajut terbaru yang diminati banyak orang terdapat beberapa model. Model-model tas rajut menggunakan perpaduan berbagai wana benang sehingga terlihat cantik dan unik.

Tas rajut yang cukup banyak dijumpai adalah tusuk kerang atau shell stitch karena memeiliki tekstur kerang. Tusuk V juga kerap dijumpai pada tas rajutan yang hasilnya memang agak berongga.

Block Stitch dan Jasmine Stitch adalah tusukan yang menghasilkan pola seperti bunga melati jika menggunakan perpaduan warna benang yang pas. Model tusuk ini memberikan kesan lembut dan tebal pada tas rajutan.

Moss Stich bisa juga digunakan untuk merajut tas karena memiliki pola yang agak padat dan hemat benang. Window Flower Stitch adalah salah satu pola tusuk rajut yang cocok digunakan untuk membuat tas. Pola ini memberikan sentuhan feminim.

Demikian penjelasan cara membuat tas rajut terbaru dengan berbagai model tusukan yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Belajar merajut memang sedikit agak rumit sehingga kamu perlu menguasai pola-pola dasarnya terlebih dahulu.

Cara membuat tas rajut terbaru di atas bisa kamu ikuti jika kamu sekedar ingin mencoba merajut sendiri sebagai pemula atau mencoba untuk membuka usaha tas rajut sendiri. Semoga bermanfaat bagi kamu dan kamu bisa bagikan ke keluarga atau kerabatmu lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.