Sukses

Cara Membuat Slime dengan Shampoo dan Sabun, Mudah Serta Aman

Permainan slime konon bisa membantu menghilangkan stres.

Liputan6.com, Jakarta Slime merupakan mainan yang tengah digandrungi oleh kawula muda saat ini. Slime memiliki bentuk cairan kental seperti jelly atau lendir pekat dengan warna-warni cerah. Slime merupakan mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat.

Slime sendiri sudah ada sejak lama, namun baru populer tahun belakangan ini. Mainan kenyal ini memiliki banyak ragam dan warna. Ketika tengah populer, orang-orang beramai-ramai membelinya. Salah satu alasannya untuk penyalur emosi atau sekadar mainan di kala bosan.

Kata kebanyakan orang, slime digunakan untuk pereda emosi. Bentuknya yang kenyal membuat orang gemas untuk terus meremas-remasnya sehingga emosi dapat tersalurkan. Tidak hanya itu slime juga berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan atau bosan. Cukup dengan memainkan slime dengan meremas-remas maka rasa bosan pun akan tersalurkan.

Maraknya slime ini kemudian membuat orang juga mulai berpikir untuk membuatnya sendiri daripada beli. Bagi kamu yang ingin membuat slime, berikut liputan6.com rangkum cara membuat slime dengan shampoo dan sabun yang simple serta enggak mahal, Selasa (26/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara membuat slime dengan sampo

Bahan yang harus disiapkan

Cara membuat slime yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya: sampo, sabun mandi atau cuci cair, garam, mangkuk, sendok dan freezer. Serta jangan lupa untuk menyiapkan 280 gram tepung maizena, 120 milliliter sampo, 6 sendok makan (90 mililiter) air, Pewarna makanan (opsional), Glitter (opsional).

Cara membuat slime dengan sampo

1. Tuang sampo kental ke dalam wadah kecil. Pilihlah sampo dengan konsistensi yang kental. Sampo berwarna putih atau nontransparan dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Keluarkan sekitar 2 sendok makan atau dua kali tekan (30 ml) sampo ke dalam wadah kecil. Serta tambahkan 1-2 tetes pewarna makanan.

2. Tambahkan pasta gigi. Pasti gigi memberikan sedikit aroma min sehingga sampo beraroma min akan menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan sampo beraroma buah. Tambahkan pasta gigi dengan takaran seperempat dari banyaknya sampo yang digunakan. Satu sendok teh pasta gigi dirasa sudah cukup.

3. Aduk kedua bahan sekitar satu menit.

4. Jika sampo dan pasti gigi dirasa kurang. Kamu bisa menambahkan kembali sampo atau pasta gigi dan aduk kembali bahan-bahan.

5. Dinginkan slime selama 10-60 menit. Jika slime masih terasa terlalu encer, bekukan kembali selama sekitar 50 menit.

6. Keluarkan slime dari lemari pembeku. Giling dan remas adonan menggunakan jari hingga teksturnya kembali terasa lembut dan elastis.

7. Selamat mencoba.

3 dari 5 halaman

Cara membuat slime dengan sabun

1. Masukan shampoo dan sabun ke dalam wadah mangkuk dengan perbandingan 2:1.

2. Aduk keduanya sampai rata dan tambahkan sekitar 5 tetes obat sariawan (GOM) atau obat tetes mata Insto sebagai slime activator.

3. Aduk terus sampai adonan mulai menggumpal.

4. Tambahkan pewarna makanan sekitar 2 tetes ke dalam adonan dan aduk lagi sampai warnanya rata.

5. Dinginkan dan simpan adonan selama 10 menit dalam freezer.

6. Slime sudah bisa kamu mainkan.

Cara membbuat slime yang mudah tanpa lem dan borax

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan diantaranya : Air bersih 400 ml, tepung kanji 2 gelas, pewarna makanan 2 dan minyak goreng 150 g.

4 dari 5 halaman

Cara membuat slime yang mudah

Cara membuat slime tanpa lem dan borax

1. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk (tangan atau sendok) agar tidak menggumpal.

2. Tambahkan minyak goreng, sampai dirasa kenyalnya pas.

3. Tambahkan pewarna ke dalam adonan.

4. Aduk hingga merata

5. Dinginkan selama minimal 10 menit

6. Slime tanpa lem dan borax sudah bisa kamu gunakanan. Gampang kan.

 

5 dari 5 halaman

Cara membuat slime dari lem povina

Lem povinal atau lem Fox merupakan lem biasa yang ada di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kamu punya lem povinal sisa di rumah kamu sudah bisa membuat slime dari lem tersebut. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan diantaranya: Lem povinal 5 botol, air gelas, baking powder secukupnya, 2 pewarna makanan.

Cara membuat slime dari lem povina :

1. Masukkan lem povinal ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air secara perlahan sambil diaduk.

2. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk.

3. Pindahkan slime ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 30 menit. Slime siap dimainkan.

4. Selain lem povinal, Anda juga dapat menggunakan lem fox untuk membuat slime.

Nah itulah cara membuat slime dengan sampo dan sabun. Gimana gampang dan praktis kan? Jadi kamu tidak perlu membeli lagi dan cukup buat sendiri dengan bahan-bahan yang ada disekitar rumah. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini