Sukses

Rey Utami dan Pablo Benua Tuding Konten Jurnal Risa Bohongan, Ini Kronologinya

Risa Saraswati menanggapi tudingan tersebut dengan kepala dingin.

Liputan6.com, Jakarta Channel YouTube Rey Utami dan Pablo Benua baru-baru ini menjadi sorotan publik. Sebuah video yang diunggah Rey Utami pada tanggal 14 Februari 2019 dengan judul "Kebohongan Jurnalrisa? Supranatural" mengundang berbagai respons warganet.

Awalnya, Rey Utami menggiring warganet untuk menonton video berdurasi 41 menit di akun YouTubenya melalui akun Instagram pribadinya, @reyutami.

 

Dalam video tersebut, Rey Utami bersama sang suami, Pablo Putera Benua, serta dua rekannya membicarakan Jurnal Risa. Mereka membedah kebenaran dalam konten populer milik Risa Saraswati, khususnya video yang berjudul “Berkunjung ke rumah ibu” serta kegiatan mediumisasi yang kerap dilakukan Risa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Konten Risa Selalu Laris Ditonton

Risa Saraswati sendiri merupakan seorang publik figur yang terkenal akan kemampuan supranaturalnya hingga menetaskan beberapa novel dan film yang diangkat dari kisah yang Ia alami langsung.

Sudah tidak diragukan lagi jika konten video buatan Risa yang ia unggah di YouTube selalu ramai oleh para pecinta konten horor. Umumnya konten berbau horor kerap membuat merinding, namun video YouTube unggahan Risa tidak jarang diselipi dengan cerita hantu yang lucu, yang jauh dari kesan menakutkan.

Alhasil, banyak yang tertarik dengan kisah hantu yang diceritakan Risa dalam videonya maupun dalam beberapa novel yang berhasil dia terbitkan.

Channel YouTube Jurnalrisa sendiri kini bahkan telah memiliki subscriber sebanyak hampir 2 juta. Selain itu, video yang diunggah juga tak jarang menyentuh angka 3 juta penonton.

Nampaknya, konten yang disuguhkan Jurnalrisa juga mengundang perhatian Rey Utami dan Pablo Benua sang suami. Dalam videonya itu, keduanya bersama dua rekannya yang lain mengomentari video-video milik Risa.

Saat disinggung tentang kebenaran video milik Risa, Pablo Benua yang mengaku juga punya kemampuan supranatural membuat pernyataan yang cukup mengejutkan.

 

3 dari 6 halaman

Konten Risa Dianggap Telah Membohongi Publik

Benua berujar bahwa konten yang dibuat Risa telah membohongi publik. Dia menjelaskan bahwa sesungguhnya makhluk yang ada dalam videonya itu hanyalah sosok jin.

Benua juga menambahkan, jika Risa sejak awal menjelaskan bahwa kontennya hanya sebuah hiburan, dia justru akan menghargai channelnya itu.

“Jadi intinya gini, kalau yang aku lihat dari apa yang dilakukan oleh Jurnalrisa, kalo Jurnalrisa mengatakan bahwa ini as an entertain, hanya untuk hiburan, kita sepakat. Mungkin dia karena seorang seorang penulis, dia membuat sebuah cerita lalu dia filmkan seolah-olah menjadi film dokumenter, kita sepakat. Itu sangat menarik dan bagus. Itu karya fiksi yang baik.” Imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Komentar Pedas Warganet

Yang menarik dari video yang diunggah Rey Utami itu adalah bagaimana dirinya dan rekan-rekannya hanya menanggapi konten buatan Risa, yang mana hanya satu dari sekian banyak YouTuber konten horor di Indonesia. Lantas, tak heran jika videonya itu mengundang komentar warganet.

Tak sedikit komentar pedas yang dituliskan warganet di kolom Instagam Rey Utami karena merasa dia dan sang suami hanya ingin panjat sosial. Bahkan, tak jarang yang menginginkan Peter cs, sahabat gaib Risa, agar menghampiri Rey Utami dan suami.

Seperti yang dituliskan akun @huseinnasimov, “Naik lah tanpa menjatuhkan orang lain. Tanpa bohong2an dan tanpa drama. Anda kalo cari popularitas mantap anda udh dapat popularitas tapi gak akan ada orng yang respect sama anda kalo anda pansos secara gak positive. #timjurnalrisa Forever”

5 dari 6 halaman

YouTuber dan Indigo Filo Sebastian Ikut Menanggapi

Selain warganet yang terpancing emosinya, YouTuber Filo Sebastian juga menanggapi video unggahan Rey Utami itu. Dia menuliskan,

“Aku, teh risa, mbak sara & yang lain bikin konten horor bukan karena sedang trend. Kami secara tidak sengaja membuat konten horror menjadi trend. Kami dah mulai cukup lama, jauh sbelum yang para yoututber horror bermunculan.”

Filo melanjutkan, “Mungkin alangkah baiknya jika saling menghargai, kalo tak cayak ya sudah. Jangan demi clickbait & pengoperan subscribers sampi memaksakan pandangan individu ke orang lain.”

Komentar yang ditulis Filo mendapatkan likes sebanyak 33.643 yang membuktikan banyaknya warganet yang setuju dengan tanggapannya itu.

Rupanya, Rey Utami menutup kolom komentar video YouTube-nya sehingga warganet berbondong-bondong menyerangnya di kolom Instagram. Selain itu, video yang Rey unggah juga hanya mendapat jumlah like sebanyak 2 ribu, sedangkan dislikenya mencapai angka 126 ribu.

6 dari 6 halaman

Tanggapan Risa Saraswati

Selang tiga hari semenjak Rey Utami membagikan link video buatannya itu melalui Instagram, Risa Saraswati menyambangi kolom komentarnya hingga mengundang likes sebanyak 61700.

Rupanya, alih-alih mengajak berseteru karena video Rey Utami yang terkesan mencibir, Risa justru menanggapinya dengan kepala dingin.

Risa menuliskan, “Terima kasih, karena telah menyadarkan saya... betapa banyak teman-teman yang sayang pada saya & keluarga,” kata Risa Saraswati di unggahan Rey Utami tersebut.

Hal itu diungkapkan mengingat betapa banyaknya dukungan yang diberikan warganet kepada Risa, yang baru saja melepas masa lajangnya hari Rabu pekan lalu (13/2/2019).

Seolah tidak mau mengindahkan apa kata Pablo Benua dan rekan-rekannya, Risa malah merasa bersyukur mengetahui bahwa dia memiliki banyak orang yang lebih peduli dengannya, ketimbang mencibirnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini