Kenali 6 Tanda Kamu Sedang Terjebak di Hubungan Tidak Sehat

Oleh Liputan6dotcom pada 20 Feb 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:23 WIB
cinta

Liputan6.com, Jakarta - Dicintai dan disayangi oleh kekasih merupakan perlakuan yang kita idamkan dari pasangan. Namun, saking sibuknya dalam bercinta, kadang beberapa pasangan tidak menyadari bahwa mereka sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Hubungan tidak sehat seringkali dikaitkan dengan perasaan cinta yang begitu besar terhadap pasangan, sehingga hal-hal yang tidak masuk akal terkadang terpaksa seorang pasangan lakukan untuk pasangannya agar ia bahagia.

Hal tersebut merupakan salah satu sifat dari hubungan yang tidak sehat. Berikut tanda-tanda yang muncul ketika kamu sedang terjebak di dalam hubungan yang tidak sehat, dirangkum dari brightside:

2 of 4

1. Kamu menjauhi teman-temanmu

Teman curhat (iStock)
Ilustrasi teman curhat. (iStockphoto)

Tetaplah menjaga hubungan baik dengan teman-temanmu ketika kamu sedang dalam sebuah hubungan. Lebih baik lagi jika kamu mengenalkan pasanganmu terhadap teman-teman, karena mereka biasanya dapat menemukan hal tidak kamu bisa lihat.

Hal ini juga akan menjagamu dari terjebak dalam hubungan yang tidka sehat. Jika pasanganmu tidak ingin bertemu teman atau keluargamu, maka hal ini perlu dijadikan sebagai sinyal bahwa ia tidak menganggap hubungan kalian serius

2. Kamu meninggalkan hobimu

Saat kamu sedang dalam hubungan, jangan lupa untuk tetap melakukan hobi dan aktifitas favoritmu. Pasangan yang baik akan mendukungmu bukan malah membuatmu tidak dapat melakukan hobimu. Jangan jadikan pasanganmu segalanya, karena kamu akan menggantungkan kebahagiaan dan seluruh suasana hatimu padanya.

3 of 4

3. Kamu menjadi buta terhadap sikapnya

[Bintang] Si Dia Hobi Banget Marah? 3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mendinginkannya
Berantem itu adalah sebuah persoalan yang biasa dihadapi setiap pasangan. Saat si dia marah, kamu bisa membuatnya tak marah lagi kok. (Ilustrasi: Kelas Cinta)

Perhatikan segala perasaan aneh, ragu, atau mencurigakan yang kamu rasakan terhadap pasanganmu. Jika kamu merasa ada yang salah dengan tingkah laku pasanganmu, jangan bertingkah seakan kamu tidak mengetahuinya.

Jika ia pasangan yang baik, ia akan segera mendengarkan perkataanmu kepadanya, dan ia tidak akan mengulangi kesalahannya tersebut. Jangan berusaha untuk selalu membenarkan apa yang menjadi kesalahannya

4. Kamu mengalah terhadap pendapat pasanganmu

Jika kamu menyadari bahwa kamu telah melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya saat masih sendiri, hanya karena pasanganmu menyuruhmu melakukan hal tersebut, ini merupakan pertanda buruk.

Menyingkirkan pendapatmu sendiri demi pendapat pasangan berarti kamu telah kehilangan sebagian dari dirimu. Tidak ada masalah jika kamu mengubah sedikit cara pandangmu terhadap sesuatu jika kamu betul-betul mempercayainya, namun jika kamu membenarkan semua cara pandangnya padahal kamu tidak menyetujuinya, sebaiknya jangan lakukan.

4 of 4

5. Kamu selalu mencarinya

menghubungi pasangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock

Menghabiskan waktu bersama pasangan merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun perlu kita sadari bahwa memiliki waktu untuk masing-masing sendiri merupakan waktu yang bermakna.

Banyak hal-hal yang harus dilakukan kamu dan pasanganmu masing-masing. Berikan jarak yang sehat antara dirimu dan pasanganmu, sehingga kalian berdua tidak akan cepat lelah atau bosan dalam hubungan.

Jangan pernah memikirkan hal-hal negatif mengenai dirinya. Fokus terhadap hal-hal yang menjadi tanggung jawabmu dan hal-hal yang membuatmu bahagia.

6. Kamu tidak bisa bilang tidak

Jangan selalu mengabulkan permintaan pasangnmu juika meman kamu tidak dapat melakukannya. Jangan ragu untuk menolak halus ajakannya makan malam ketika kamu tidak punya waktu untuk melakukannya. Jangan kehilangan dirimu hanya agar kamu tidak kehilangan pasanganmu.

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by