Dianggap Kekurangan, 8 Orang Ini Sukses Gebrak Standar Kecantikan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 18 Feb 2019, 17:50 WIB
standar kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Tampil cantik dan tampan tentu menjadi hal yang diinginkan bagi setiap orang. Standar cantik dan tampan pun berubah-ubah secepat tren. Namun, definisi cantik sendiri di setiap orang dan negara pun berbeda-beda.

Setiap wilayah memiliki definisi cantik ataupun tampannya masing-masing. Dan kita tidak bisa mengikuti, namun tidak bisa juga menolak apa yang sudah dikotak-kotakkan oleh masyarakat. Stereotip terhadap cantik atau tampan terkadang membuat diri seseorang yang tidak dalam kriterianya akan merasa sebagai orang asing.

Padahal tak selamanya stereotip tersebut bisa diterima selamanya. Bagi kamu yang merasa minder atau tidak percaya diri atas tubuh yang dimiliki, kali ini jangan lagi berpikir seperti itu. Berikut Liputan6.com lansir dari Brightside beberapa sosok yang dianggap memiliki kekurangan bagi orang lain, namun ternyata menjadi kelebihan bagi dirinya, Senin (18/2/2019).

Sosok-sosok ini memiliki semangat dan caranya sendiri untuk menghadapi perbedaan yang tak sesuai dengan stereotip. Bisa kamu tiru semangatnya agar tetap selalu percaya diri atas kondisi tubuh atau penampilan yang dimiliki.

2 of 5

Elvita Delmundo dan TK Quann

standar kecantikan
standar kecantikan (Sumber: brightside.me)

1. Elvita Delmundo

Elvita dilahirkan dengan banyak tahi lalat yang menutupi tubuh dan wajahnya. Hal ini membuat dirinyanya diintimidasi oleh teman-temannya dengan memanggilnya monster. Komentar jahat pun menjadi makanannya hari-hari, yang membuat dirinya patah semangat.

Namun, Elvita kembali percaya diri saat teman-temannya di SMA bisa menerima keadaannya. Pada tahun 2017, dirinya sempat mengikuti ajang Miss Universe Malaysia. Hal ini dilakukannya untuk membuktikan kepada dunia tentang stereotip cantik dan bahwa setiap orang di dunia ini cantik.

View this post on Instagram

If someone walked up to you and touched your buttocks or your breasts you would be infuriated, enraged, affronted by the assault and shocked that someone felt they had the right...the sense of entitlement to do this and in front of others. Now imagine those body parts are one’s hair. Let me say to those who feel differently...hair is part of one’s body and should not be poked or prodded at like cattle; to be inspected at the whim of those who wish to sate their curiosity. The state of natural black hair comes in many forms and the ignorance, stereotypes and racism associated with natural hair that continue to be perpetuated in schools, professional circles, the military or media is yeah a real thing and asinine. There was a time when black people were sold on auction blocks. Stripped naked to be poked and prodded by bidders. There was a time when Black people could be “inspected” without their permission. At times I think about this when people touch my hair. Am I being too deep? No. America has a history of treating people of color like cattle. We often see it in ‘Stop and Frisk’ in the way people of color have been and are treated by the police. Poked and prodded everywhere in the name of so called “suspicious hunches.” I read the powerful book Chokehold by Paul Butler about the relations between black people, the police and judicial system. A passage mentions: “For example after excessive force, sexual assault is the most common complaint against the police and African American women are most likely the victims.” I am reminded of the aforementioned slave auction block. Look not saying that curiosity has ill intentions behind it. It doesn’t matter the color of one’s skin I receive the question from all races and ethnicities. People that take it upon themselves to touch my hair without asking and I get this several times a day when I leave my abode. I think about a time when it was legal to “examine” every inch of black people without permission. Especially those who become upset when I say no. When some say, “It’s just hair,” I couldn’t agree more depending on context. However, it’s my hair and no one has the right to poke and prod. No one. 📷: @sandra.arenas

A post shared by Tk Wonder (@tk_wonder) on

 

2. TK Quann

Perempuan ini identik dengan rambutnya yang memikat. TK Quann memiliki saudara kembar yang memiliki rambut keriting yang menakjubkan, dengan tekstur afro. Dirinya sering kali menerima pertanyaan 'Apakah itu semua rambutmu?'.

Namun TK Quann tetap percaya diri dengan tampilan rambutnya seperti ini. Mereka tetap percaya diri dengan kecantikan alami yang dimilikinya dan lebih suka dengan gaya rambut tersebut.

3 of 5

Anna O'Brien dan Bashir Aziz

View this post on Instagram

“The girls who pick on you are going through their own struggles of self doubt. And it’s going to continue to happen until they learn they can’t make themselves feel better by making you feel worse. It sucks. It’s unfair. It’s not fun. But you have to realize this isn’t your issue- it’s theirs. I want you to know that you are special, unique and awesome just the way you are. I want you to know that just because some people can’t see that doesn’t mean it isn’t true. You are beautiful girl. “ This is what I wrote to a teenage girl who asked me, among other things, how to deal with bullies. I figured everyone could benefit from this reminder. #plussize #inspiration #selflove #happiness 📸 @larabellenewyork

A post shared by Glitter (@glitterandlazers) on

 

3. Anna O'Brien

Anna merupakan salah satu model bertubuh berisi yang menjadi sumber inspirasi di Instagram. Tampilannya yang penuh dengan warna, menginspirasi perempuan dari beragam ukuran untuk berani dan mengenakan warna dan bentuk yang mereka sukai.

Bukunya A Life Full of Glitter membicarakan tentang penerimaan diri, kepercayaan diri, dan sikap tubuh positif yang bisa membantu orang untuk percaya pada diri mereka sendiri dan mencintai tubuhnya.

standar kecantikan
standar kecantikan (Sumber: brightside.me)

4. Bashir Aziz

Penampilan Bashir Aziz yang sangat unik ini disebut dengan kondisi yang bernama vitiligo. Vitiligo ini sendiri merupakan bercak kulit dari menghilangnya melanin dan memutih. Kondisi kulitnya ini membuat dirinya sering dipanggil dengan julukan zebra atau sapi.

Bashir sempat tidak percaya diri, hingga dia bertemu dengan salah satu orang yang ditemuinya. Orang tersebut memberi tahu Bashir kalau dirinya bisa menjadi model. Kata-kata ini pun membuat dirinya kembali menerima penampilannya. Dan saat ini Bashir telah menjadi model sukses dan jauh lebih bahagia dan positif.

4 of 5

Kokie Childers dan Sophie Morgan

View this post on Instagram

@bradogbonna styling @marysucaet

A post shared by kōkîė (@kokeadile) on

 

5. Kokie Childers

Kokie Childers selalu membuat kagum orang-orang dengan penampilan wajah cantiknya yang dipenuhi dengan bintik-bintik dan rambutnya yang berkilau. Meskipun banyak orang-orang yang mengatakan hal buruk terhadap penampilannya, namun dirinya berhasil menerima keunikannya itu.

Kokie mengatakan bahwa dirinya tak menggunakan foundation atau concealer di wajahnya. Dirinya mengatakan bahwa dia merasa seperti memiliki sisi buruk dan sisi positif yang menjadi satu di dalam dirinya.

 

6. Sophie Morgan

Sophie mengalami lumpuh dari tulang dadanya ke bawah setelah kecelakaan mobil dan telah menggunakan kursi roda semenjak kejadian itu. Namun, dengan kondisinya seperti ini, tak membuatnya untuk menghambat segala apa yang ingin dicapai.

Sophie memulai bisnisnya sendiri, menjadi model untuk Stella McCartney, dan bekerja di BBC sebagai presenter.

5 of 5

Theresse Hansson dan Nyma Tang

 

7. Theresse Hansson

Dirinya mulai kehilangan seluruh rambutnya saat usia 14 tahun. Saat itu Theresse didiagnosis menderita alopecia. Perempuan ini telah berjuang untuk menerima kondisi yang menimpa dirinya dan menyembunyikan dengan menggunakan wig.

Sekarang Theresse menjadi model yang menginspirasi ratusan orang yang memiliki masalah kesehatan yang sama dengan dirinya. Theresse menginspirasi agar tidak takut untuk menjadi diri mereka sendiri.

 

8. Nyma Tang

Nyma diberkati dengan kulit yang gelap memikat. Sama seperti kebanyakan perempuan berkulit gelap lainnya, sulit menemukan makeup yang cocok dengan warna kulitnya. Akhirnya Nyma meluncurkan akun YouTube di mana dirinya menguji aneka produk rias.

Tujuannya adalah untuk memberdayakan perempuan agar terlihat dan merasakan yang terbaik. Selain itu, membantu industri kecantikan untuk meningkatkan produk.

Lanjutkan Membaca ↓