Miliki Kondisi Langka, 3 Orang Ini Mampu Hidup Tanpa Jantung

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 18 Feb 2019, 13:55 WIB
Orang Hidup Tanpa Jantung

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia sama seperti sebuah mesin, dirancang unik dan terdiri dari berbagai sistem biologi, yang diatur oleh organ dalam tubuh. Ada hampir 78 organ dalam tubuh manusia yang bervariasi sesuai dengan ukuran, fungsi atau tindakan.

Organ adalah kumpulan dari jutaan sel-sel yang bersama-sama untuk melakukan satu fungsi dalam tubuh. Organ vital memiliki pengaruh besar bagi kelangsungan makhluk hidup. Jika salah satu dari organ tubuh tersebut bermasalah atau tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka manusia tersebut dalam kondisi tidak sehat.

Tanpa adanya organ tubuh yang berfungsi normal, manusia tidak dapat menjalankan kegiatan dengan maksimal. Namun, beberapa manusia bisa bertahan hidup bahkan tanpa jantung atau organ tubuh lainnya. Meski terdengar mustahil, tapi ternyata kejadian tak biasa tersebut ada di dunia. Berikut 3 orang yang mampu hidup tanpa jantung yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/2/2019).

2 of 4

1. Jakub Halik

Orang Hidup Tanpa Jantung
Orang Hidup Tanpa Jantung (sumber: uamagazine)

Jakub Halik juga mematahkan pandangan orang terhadap jantung sebagai organ tubuh yang sangat vital bagi umat manusia. Berkat bantuan teknologi jantung buatan ini, Jakub Halik bisa bertahan hidup meski tanpa jantung.

Jakub Halik adalah pria asal Ceko menderita tumor ganas yang menyebabkan kerusakan jantung permanen. Mau tidak mau, terpaksa ia harus menjalani operasi pengangkatan jantung pada tahun 2012 dan dokter menggantikannya dengan transplantasi jantung.

Uniknya, Jakub merasa bisa hidup layaknya orang normal dengan bantuan peralatan. Jakub pun sempat merasakan indahnya hidup meski tanpa jantung selama 6 bulan. Kemudian takdir berkata lain, Jakub Halik dinyatakan meninggal dunia pada 13 Oktober 2012 silam.

3 of 4

2. Craig Lewis

Orang Hidup Tanpa Jantung
Orang Hidup Tanpa Jantung (sumber: ollectiveevolution)

Seperti diketahui, bahwa jantung memiliki peran penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Rasanya sulit dipercaya jika ada manusia hidup tanpa organ tubuh utama ini.

Namun pernyataan tersebut dipatahkan oleh Craig Lewis. Dia bisa bertahan hidup meski tanpa jantung. Di tahun 2014, pria yang berusia 55 tahun itu mengalami kondisi parah karena jantungnya tak bekerja normal yang menyebabkan protein abnormal terus terbentuk. Bahkan saat kondisi ini, alat pacu jantung pun tidak bisa menyelamatkan hidupnya.

Keajaiban datang, alat pompa aliran darah (jantung buatan) bisa menyelamatkan hidupnya. Walaupun dengan alat itu Lewis masih bisa bertahan hidup, dokter tetap mencarikan solusi terbaik lainnya melalui penginstalan perangkat sehingga memungkinkan darah tetap bisa sirkulasi di tubuhnya walau tanpa jantung.

Dokter mengeluarkan jantung dari tubuh Craig Lewis dan kemudian menginstal perangkat tersebut pada tubuhnya. Tak butuh waktu lama untuk membuat Lewis kembali bangun. Dia tampak sehat dan normal. Dengan ini, ia dinyatakan sebagai manusia pertama yang hidup tanpa jantung.

4 of 4

3. Stan Larkin

Orang Hidup Tanpa Jantung
Orang Hidup Tanpa Jantung (sumber: dailymail)

Stan Larkin dari Amerika Serikat mendapat transplantasi jantung pada 2016. Namun sebelumnya, dia menjalani hidup selama 16 bulan tanpa jantung. Fungsi jantungnya digantikan oleh Syncardia, sebuah jantung buatan berbentuk ransel yang harus dikenakan oleh Stan setiap saat.

Awalnya Stan tak mengetahui mengenai kerusakan pada jantungnya. Dia baru menyadarinya usai dirinya terjatuh saat bermain basket. Saat itu dia baru mengetahui bahwa dirinya mengalami penyakit genetik terkait jantungnya yang disebabkan oleh kardiomiopati familiar.

Dokter pun mengambil tindakan untuk mengangkat jantung Stan Larkin pada November 2014 silam. Setelah bertahan hidup tanpa jantung dengan waktu cukup lama, akhirnya dirinya mendapatkan transplantasi jantung pada 9 Mei 2016 lalu. Kini Stan Larkin sudah kembali hidup normal.

Lanjutkan Membaca ↓