Sukses

4 Cara Mengusir Lalat Secara Alami, Mudah dan Praktis

Ada banyak cara untuk mengusir lalat di rumah agar jauh dari penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Lalat merupakan salah satu serangga yang cukup menganggu kehadirannya di dalam rumah. Lalat sering hinggap di makanan dan minuman dan akan menyebarkan penyakit di makanan yang dihinggapinya.

Lalat merupakan serangga yang membawa kuman cukup banyak. Serangga kecil ini bisa membawa sekitar 100 kuman. Kuman-kuman tersebut termasuk antaraks, tipus, tuberkolosis, dan diare.

Lalat sering muncul pada musim hujan. Lalat akan datang saat kondisi rumah sedang kurang bersih atau terdapat makanan dan buah yang disukai lalat. Anda tak dapat menyepelekan lalat yang berkeliaran di dalam rumah. Mereka dapat membawa penyakit bagi keluarga Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lalat Sebagai Sarang Kuman

Peneliti di Penn State Eberly College of Science, Amerika Serikat telah menemukan, lalat rumah membawa salmonella, e-coli, dan bakteri yang dapat menyebabkan sakit maag dan sepsis (keracunan pada darah) yang mematikan.

Peneliti mempelajari 116 jenis lalat dari tiga benua, baik di perkotaan, pedesaan, dan alam terbuka. Dalam beberapa kasus, lalat membawa ratusan spesies bakteri yang berbeda. Pun dicatat, lalat di daerah perkotaan membawa lebih banyak bakteri daripada di pedesaan.

Seorang profesor di Universitas Cornell bernama Dr. Jeff Scott mengatakan bahwa lalat bisa membawa apapun yang keluar dari pada hewan seperti bakteri dan virus. Lalat dapat memindahkan bakteri tersebut secara cepat ke dalam makanan.

Ada banyak cara untuk mengusir lalat di rumah. Anda dapat menggunakan semprotan pembasmi serangga yang biasa dijual di toko terdekat. Anda juga bisa menggunakan lem lalat untuk menangkap dan membunuh lalat-lalat yang menganggu ketenangan Anda.

Namun cara membasmi lalat dengan bahan kimia seperti ini terkadang juga membawa dampak buruk bagi kesehatan. Partikel-partikel dari semprotan serangga dapat menganggu pernapasan dan lem lalat yang biasa digunakan untuk menangkap lalat bisa menempel kemana-mana jika tidak digunakan dengan benar.

Sebenarnya ada beberapa cara alami untuk mengusir lalat. Cara ini tergolong aman dan tidak akan menganggu kesehatan Anda dan keluarga. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah diapat. Berikut cara alami mengusir lalat di rumah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(15/2/2019).

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Lalat Secara Alami

Letakkan Tanaman Pengusir Serangga

Ada beberapa tanaman yang dibenci lalat. Tanaman ini antara lain adalah pandan, kemangi, lavender, salam, mint, tomat, marigold, dan masih banyak lagi.

Anda dapat menanamnya disekitar rumah atau membawanya masuk sebagai tanaman hias di ruang tamu. Tak hanya mengusir lalat, aroma dari tanaman-tanaman ini akan mengharumkan seluruh ruangan.

Selain itu Anda juga dapat menaruh irisan pandan atau kemangi pada mangkuk kecil untuk mengusir lalat didalam rumah. Tempatkan beberapa tangkai bunga lavender di rumah, lalat pun akan kabur dengan sendirinya.

Irisan Jeruk Lemon dan Cengkih

Seperti disebutkan sebelumnya, lalat tidak menyukai aroma wewangian. Anda dapat menggunakan kombinasi antara jeruk dan cengkih untuk mengusir lalat.

Ambil irisan jeruk lemon lalu tancapkan cengkih kering di atasnya. Taruh di tempat yang biasa dikerubungi lalat. Aroma tajam kedua bahan tersebut dipercaya bisa mengusir lalat dan serangga.

4 dari 4 halaman

Mengusir Lalat dengan Alat Sederhana

Plastik Bening dengan Air

Cara ini sudah banyak digunakan orang untuk mengusir lalat yang menganggu dan terbukti ampuh. Anda cukup menyiapkan plastik bening atau plastik es. Isi air ke dalam plastik bening lalu gantung pada area yang banyak lalat. Plastik air dapat memecah fokus penglihatan lalat.

Lalat memiliki 3000–6000 mata pada setiap bulatan matanya, plastik bening berisi air akan membuat mata lalat tak bisa fokus pada satu titik. Ketika mereka melihat kantong berisi air, mata lalat akan terkena pembiasan yang membuat lalat tidak tidak fokus dan pergi menjauh.

Namun cara ini hanya dapat digunakan pada ruang dengan pencahayaan baik. Semakin terang ruang akan membuat pembiasan lebih maksimal.

Nyalakan lilin

Lalat tidak menyukai asap dan akan cenderung menjauhi lokasi yang berasap. Mengusir lalat menggunakan lilin sudah umum dilakukan, mungkin Anda sering melihat rumah makan yang menaruh lilin didapur atau mejanya.

Kilatan api serta hawa panas dan asap lilin menyala bisa membuat lalat kabur. Taruh lilin di tempat biasanya lalat berkeliaran seperti dapur atau meja makan. Dijamin lalat tak akan berani berkeliaran disekitar tempat tersebut. Anda juga bisa memilih lilin aroma terapi agar ruangan Anda lebih nyaman dan lalat tak mau lagi berkeliaran di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini